Blog Image

Blog

Akses Internet Saat Traveling ke Jepang: Wi-fi dan SIM Card Jepang

August 16, 2018
/
Tips
Akses Internet Saat Traveling ke Jepang: Wi-fi dan SIM Card Jepang image

Jepang memang sudah terkenal akan teknologinya yang sangat maju, tak terkecuali dengan koneksi internetnya yang pastinya sangat cepat.

Mungkin beberapa di antara kamu berpikir bahwa kita dapat menikmati akses internet cepat ini - secara gratis, melalui wi-fi, dan di manapun - ketika berlibur di Jepang kan?

Nah, untuk kamu yang memang berpikiran seperti itu, siap-siap untuk hunting koneksi kesana kesini sebab ternyata, untuk mendapatkan free wi-fi di Jepang tidaklah mudah, karena memang terbatas pada area bandara, stasiun, kafe dan gedung-gedung tertentu.

hummingbird604.com

Padahal kamu ingin dapat mengakses internet di manapun ketika kamu mau saat liburan di Jepang karena, pertama, kamu mungkin ingin tetap berkomunikasi dengan orang-orang selama kamu liburan melalui aplikasi chat seperti WhatsApp, Instagram dll. (sementara, jika komunikasi dengan cara menelepon atau sms dengan sim card Indonesia akan lebih mahal). Kedua, mungkin juga kamu ingin selalu update setiap langkah perjalanan liburanmu ke Jepang di sosial media , tentunya ini mengharuskan kamu untuk mengakses internet di manapun dan kapanpun.

Ilustrasi - videohive.net

Ketiga, jika ini adalah pertama kalinya kamu ke Jepang dan tanpa tour guide ataupun teman yang berpengalaman, bisa jadi kamu membutuhkan akses internet untuk mencari berbagai informasi tentang Jepang atau mengakses Google Map. Kalau harus bertanya penduduk sekitar, mungkin kamu tidak terlalu jago bahasa lokal, sementara tidak semua orang Jepang bisa bahasa Inggris lho! Masa' harus ke wi-fi corner dulu untuk bisa akses internet? Ribet kan?

Ilustrasi - starmometer.com



Menggunakan sim card dari Indonesia? Yakin? Masih banyak orang Indonesia yang berpikir untuk menggunakan sim card dengan operator dari Indonesia untuk mengakses internet di Jepang. Padahal tarif roaming service lintas negara ini akan memakan biaya yang jauh lebih mahal, lho!

Nah, karena inilah banyak wisatawan yang menggunakan membeli Sim Card Jepang atau sewa Wi-fi untuk dapat mengakses internet lebih murah, di manapun dan kapanpun saat traveling ke Jepang. Seperti apa ya perbedaan di antara keduanya?

Satu Wi-fi untuk banyak device

Nah, wi-fi yang satu ini bisa kamu bawa kemana-mana, sehingga kita pun bisa mengakses internet dimanapun di Jepang. Ukurannya sebesar genggaman tangan, dan dapat dimasukkan ke saku.

Kelebihannya adalah dapat digunakan oleh berbagai alat sekaligus seperti smartphone, tablet, PC, dan sebagainya. Oleh karena itu, bisa juga digunakan beberapa orang sekaligus.

tokyocheapo.com



Salah satu merk pocket wi-fi yang paling terkenal dan sering disewa oleh wisatawan adalah Softbank. Dengan wi-fi ini, kita bisa mendapatkan akses internet unlimited. Kecepatannya pun dapat mencapai 187 Mbps (download). Selain itu, wi-fi ini juga mencakup seluruh daerah di Jepang, jadi tentu saja kemana pun kita melangkah, kita dapat mengakses internet. Tidak hanya satu device saja yang dapat mengakses internet dari Softbank ini, tapi bahkan bisa mencapai 10 devices! Jadi, wi-fi ini lebih cocok untuk kamu yang ingin mengakses internet di lebih dari satu device atau pun untuk kamu yang pergi rombongan.

SIM Card Jepang jauh lebih Murah

Untuk kamu yang ingin lebih murah dari wi-fi, SIM card Jepang bisa jadi alternatifnya. SIM card Jepang ini tentunya dibeli, bukan disewa seperti wi-fi tadi. Seperti wi-fi, jangkauannya juga hingga ke seluruh Jepang. untuk mereka yang memang tidak mengakses internet secara boros, SIM card benar-benar pilihan yang tepat.

Merk SIM card Jepang yang paling terkenal di kalangan wisatawan Indonesia adalah NTT Docomo dan softbank. Layanannya sudah 4G LTE, untuk seluruh wilayah Jepang. Meskipun ke daerah yang jauh dari kota besar, seperti ke pegunungan atau ke taman nasional, tetap bisa akses internet dengan lancar.

Banyak wisatawan yang lebih memilih SIM card Jepang ini ketimbang wi-fi karena beberapa alasan. Pertama, walaupun pocket wi-fi memang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, namun menggunakan SIM card tetaplah lebih mudah. Hal ini karena wi-fi menggunakan baterai dan tidak akan bertahan lebih dari 10 jam jika dinyalakan secara terus-menerus. Sehingga selain smartphone dan wi-fi itu sendiri, kita juga perlu membawa charger nya. Sementara itu, penggunaan SIM card hanya tinggal memasukkannya ke smartphone kita, yang berarti juga kita tidak perlu membawa perangkat lain untuk akses internet selain smartphone.

Kedua, tentu saja harga membeli SIM card lebih murah dari menyewa wi-fi. Harga satu kartu dengan paket data selama 14 hari bisa lebih murah dari harga menyewa wi-fi untuk 1 hari! Untuk itu, SIM card memang cocok untuk mereka yang solo traveling (atau tidak rombongan) dan hanya menggunakan perangkat smartphone. Juga cocok untuk mereka yang tidak mengakses internet secara boros, karena kuota per hari yang ditawarkan merupakan kuota umum yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang.

Pilihan ada di tangan kita masing-masing. Jika kita memang boros dalam penggunaan internet, traveling rombongan, dan menggunakan lebih dari satu perangkat untuk mengakses internet, kita bisa menyewa wi-fi.

Jika kita menggunakan internet secara wajar atau biasa-biasa saja, dan ingin jauh lebih hemat dari segi harga, maka SIM card Jepang adalah pilihan yang lebih baik. Dan perlu diketahui, SIM card sekarang tengah populer di kalangan wisatawan, dan alasannya, tentu saja, karena harganya jauh lebih murah.

Kalau masih bingung, mungkin informasi di sini dapat membantu kamu untuk memilih




Sumber:

mcha-id.com
jalan2kejepang.com
infojepang.net