Blog Image

Blog

YUKK CARI TAHU TENTANG UENO PARK TOKYO!

August 31, 2018
YUKK CARI TAHU TENTANG UENO PARK TOKYO! image



Ueno Park
adalah taman umum yang berada dikawasan Ueno, Distrik Taito-ku, Tokyo, Jepang. Taman ini sangat tepat untuk melakukan Hanami bersama keluarga atau teman-teman. Hanami adalah tradisi Jepang untuk menikmati keindahan bunga sakura, bisa disebut juga piknik pesta makan-makan di bawah pohon sakura dengan menggelar tikar.



Ueno park



Taman Ueno ini memiliki 10.000 pohon, termasuk 1.200 pohon sakura. Ueno park juga menyediakan lahan khusus yang dibatasi oleh tali pembatas untuk menikmati indahnya bunga sakura sambil duduk di tikar dan tidak ada yang melewati batas tersebut sehingga sangat teratur.





Pada pukul 17.00 hingga malam hari di Ueno ini kita bisa menyaksikan yozakura. Yozakura yaitu melihat bunga sakura di malam hari.


Suasana Ueno Park Dengan Berbagai Musim



Tidak hanya menikmati musim gugur, kita bisa menikmati 4 musim disini dari musim gugur hingga musim dingin.

Pada saat musim panas, terdapat kolam luas bernama Kolam Shinobazu dan di musim panas sebagian permukaan kolam akan dipenuhi indah nya daun-daun hijau dan merah muda bunga tanaman seroja.





Pada saat musim dingin, burung-burung akan migran menggunakan kolam shinobazu sebagai tempat tinggal sementara hingga musim semi. Hujan salju yang menyelimuti pepohonan dan jalanan, serta lampu lentera  yang membuatnya begitu indah.




Pada saat musim semi disebut Ueno Park Sakura karena mekarnya bunga sakura disini adalah yang paling banyak dibandingkan dengan taman lainnya di Tokyo. Akan sangat ramai ketika bunga sakura sedang mekar-mekarnya, banyak yang datang untuk melakukan Hanami. Banyak bunga sakura di taman pinggiran kolam sehingga pohon sakura membentuk lorong, jadi orang-orang yang melewati jalan tersebut selalu melihat bunga sakura selagi jalan.





Pada musim gugur, daun daun di Ueno Park ini akan berubah menjadi warna orange, kuning, dan merah. Sehingga terlihatnya matahari bersinar langsung pada dedaunan yang membuat warnanya lebih cerah.



Museum-museum Yang Ada di Ueno Park

Ueno Park ini tidak hanya terkenal dengan bunga sakura. Selain kita bisa menikmati 4 musim disini, kita juga bisa berkeliling karena ada banyak galeri seni dan museum di taman Ueno ini.


Museum Nasional Tokyo

Museum ini merupakan museum terbesar dan tertua di Jepang. Museum ini dibuka pada pukul  09.30 hingga 18.00.  masuk kedalam museum ini dikenakan biaya.





Museum ini didirikan pada tahun 1872 dan pengelola museum ini adalah Institut Nasional Peninggalan Budaya. Koleksinya berupa benda seni dan peninggalan arkeolog asia dan jepang. Koleksinya lebih dari 110.000 buah, 87 diantaranya pusaka nasional jepang, dan 610 peninggalan budaya penting.



Museum Seni Metropolitan Tokyo



Pada saat dimuseum ini kita akan di pandu oleh komunikator seni (Tobira). Museum ini menampilkan banyak seni dan galeri. Koleksi saat ini mencakup 12 karya patung dan 36 karya kaligrafi (ditampilkan atau di simpan). Karya patung Tokyo Metropolitan Art Museum terdiri dari 11 bagian yang dikumpulkan dari tahun fiskal 1975 hingga 1975. Ke-12 karya tersebut secara permanen ditampilkan di museum. Museum ini terbuka untuk umum.
 

Museum Sains Nasional

Museum ini adalah museum yang terkenal kedua setelah Museum Nasional Tokyo. Disini kita bisa mengamati mulai dari evolusi makhluk hidup seperti Dinosaurus, flora dan fauna jepang secara general, perkembangan pertanian jepang dan juga teknologi luar angkasa dan geologi jepang.




Di dalamnya terdapat 100.000 benda seni dan bersejarah tentang awal berdirinya negara jepang. Museum ini terbuka untuk umum, buka pada pukul 09.00 sampai pukul 17.00, pada hari tertentu buka sampai pukul 20.00.
 

Museum Nasional Seni Barat

Museum ini di buka pada tahun 1959 dan koleksinya didirikan pada lukisan impresionis dan pahatan Rodin yang merupakan bagian dari koleksi Matsukata.





Museum ini khusus menampilkan seni barat. Museum ini buka pada pukul 09.30 pagi sampai 17.30 malam tanpa terkecuali. Museum ini di buka secara umum.

 

Museum Shitamachi

Museum ini menghidupkan kembali suasana Shitamachi (kota rakyat jelata). Kita bisa merasakan kehidupan penduduk Shitamachi di Tokyo. Disini terdapat banyak deretan bangunan yang membangkitkan rasa nostalgia bagi orang jepang. Museum ini didirikan untuk memperkenalkan budaya dan suasana Shitamachi Tokyo yang sudah mulai terlupakan kepada para generasi muda.




Di museum ini kita bisa melihat apa yang terjadi di jepang pada masa lalu dan apa yang hilang hingga zaman sekarang sambil mempelajari secara langsung apa yang terjadi pada jepang saat itu. Museum ini buka tiap hari dari pukul 09.30 hingga 17.30 museum ini terbuka untuk umum.
 

Monument Penanaman Pohon Presiden Grant





Ini adalah monumen kenangan presiden Amerika Serikat abad 18-19 yaitu Ulysses S. Grant ketika beliau datang ke jepang pada tahun 1987. Pada saat itu presiden Grant menanam pohon cemara Lawson dan istrinya menanam pohon Magnolia. Sebuah patung yang terdiri dari tujuh belas bangku beton berlatar mosaik warna-warni diciptakan di sekitar monumen pada awal 1970-an. Patung berjudul The Rolling Bench dirancang oleh seniman Pedro Silva dan arsitek Phillip Danzig dan dibangun dengan bantuan ratusan anak-anak lingkungan selama 3 tahun.

 

Ameya Yokocho

Ameya Yokocho atau yang disebut juga sebagai Ameyoko adalah jalan pasar yang terletak di antara Okachimachi dan Stasiun Ueno. 




Pasar tradisional ini sangat ramai sepanjang jalur Yamanote. Berbagai barang dapat dijumpai di sini seperti permen, makanan, kue tradisional, pakaian, kosmetik, dan kebutuhan rumah tangga. Bahkan barang-barang yang diimpor dari Amerika juga banyak di temukan disini.
 

 
Kebun Binatang Ueno

Kebun Binatang Ueno adalah kebun binatang tertua di Jepang. Ada ribuan jenis binatang yang ada disini. Contohnya seperti Beruang Kutub, Penguin, Flamingo, dan yang favorit adalah Panda.Banyak hewan-hewan langka lainnya juga yang bisa di temui di sini.




Kebun Binatang Ueno ini tebuka untuk umum dan jika kita masuk kesana akan dikenakan tarif masuk. Harganya pun terjangkau untuk melihat hewan hewan langka di dalamnya.

 
Cara ke Ueno Park
Stasiun terdekat adalah Ueno Station, pintu keluar Ueno Koen (Taman Ueno)
  1. Dari Shinjuku Station naik JR Yamanote Line sampai ke Ueno Station. Durasinya 26 menit.
  2. Dari Tokyo Station naik JR Yamanote line sampai ke Ueno Station Durasinya 10 menit.
  3. Dari Shibuya Station naik Tokyo Metro Ginza Line sampai Ueno Station. Durasi waktunya 27 menit.

Nah, kalian tertarik untuk Hanami sambil jalan-jalan di Ueno Park? Rasanya waktu seharian pun tak akan cukup untuk mengelilingi berbagai fasilitas yang terdapat di taman yang menakjubkan ini. Selamat jalan-jalan!
 
 


SUMBER :