Blog Image

Blog

8 Jajanan Pinggir Jalan Di Jepang Yang Wajib Kamu Coba Saat Kesana!

September 7, 2018
8 Jajanan Pinggir Jalan Di Jepang Yang Wajib Kamu Coba Saat Kesana! image

Saat kita merencanakan untuk travelling ke Jepang  pasti kita sudah memikirkan matang-matang kan apa saja yang akan kita lakukan disana. Selain untuk menikmati destinasi wisata yang menarik seperti Tokyo Tower, Ueno Park, Jigokudani Monkey park, dll kita juga pasti penasaran dengan makanan-makanan khas sana yang belum pernah kita coba. Agar uang kita bisa terolah dengan baik, kita lebih berpikiran untuk mencoba jajanan pinggir jalan saja seperti Gindako, Oden, Yaki soba dan masih banyak lagi, untuk harganya murah namun rasanya tak kalah enak dengan makanan di restoran. Penasaran? Ini dia 8 jajanan pinggir jalan di Jepang yang wajib kamu coba versi Global Komunika.

Yakitori



Yakitori ini adalah jajanan semacam sate-satean BBQ yang dibakar menggunakan bumbu khas Jepang. Bukan seperti sate di Indonesia yang rata-rata menggunakan daging sapi, ayam, atau kambing, Yakitori ini mempunyai banyak variannya seperti daging ayam, seafood, bahkan daging babi yang variannya disebut Yakiton.

Korokke

Korokke ini semacam kroketnya Jepang jadi kentang yang sudah dihancurkan lalu dilapisi tepung roti dan digoreng dengan minyak yang banyak. Namun korokke ini lebih kering (tidak terlalu berminyak), lebih besar ukurannya, dan lebih gurih. Untuk isiannya juga beragam, ada daging ayam, sapi,atau babi. Biasanya korokke dibungkus menggunakan kantung kertas agar lebih memudahkan kita untuk memakannya dijalan. 

Taiyaki

Untuk kamu yang suka rasa manis kacang merah mungkin kamu cocok dengan jajanan ini. Yaps, Taiyaki ini merupakan jajanan kue berbentuk ikan yang pada umumnya diisi dengan fla kacang merah yang sudah diolah. Sisi-sisi Taiyaki diolah dengan terpisah lalu salah satu adonan diisi dengan fla kemudian setelah matang kedua sisi disatukan dan jadilah Taiyaki yang menggiurkan. Taiyaki akan lebih nikmat jika dinikmati saat masih hangat.

Oden

Mungkin kamu gak asing dengan jajanan yang satu ini. Oden merupakan olahan laut yang banyak variannya seperti olahan dari ikan, gurita, cumi, dan olahan lainnya dengan berbagai bentuk. Oden disajikan dengan kuah kaldu ikan hangat yang akan sangat cocok untuk jajanan pada musim dingin. Gak usah khawatir kamu gak akan kenyang karena ukuran Oden ini lumayan besar loh bisa bikin kamu puas.

Strawberry Mochi

Mungkin kamu terbiasa dengan rasa mochi khas Sukabumi yang diisi dengan kacang. Tapi penasaran gak sih dengan mochi khas Jepang yang diisi dengan berbagai varian rasa dan di beri satu buah stroberi diatasnya? Yaps, kamu harus coba Strawberry Mochi. Berbeda dengan  mochi pada umumnya yang berbentuk bulat, Strawberry Mochi ini disajikan dengan bentukan bulat yang dibelah tepat ditengah bulatan itu. Nah pada belahan itulah stroberi akan diletakkan. Bukan hanya mochi yang diberi stroberi, mochi ini juga diisi dengan berbagai rasa fla seperti krim custard, mangga, matcha, stroberi dan kacang merah.

Yakisoba

Mie goreng khas Jepang yang disebut Yakisoba ini mungkin terlihat biasa-biasa saja namun sebenarnya enak banget loh. Dari mulai mie sebagai bahan utama lalu dicampur daging sapi atau daging babi lalu kubis, tauge, dan diolah dengan saus yakisoba. Untuk garnishnya sendiri Yakisoba ini diberi taburan rumput laut bubuk, mayonaise, acar jahe merah, dan katsuobushi yang diserut. Untuk rasanya gak usah diragukan lagi deh.

Okonomiyaki

Okonomiyaki ini adalah pizza dari Jepang. Dengan bahan-bahan yang berbeda dengan pizza dari Italia namun bisa menciptakan rasa yang luar biasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jajanan ini antara lain adalah telur, daging, kol, dan tepung terigu. Untuk toppingnya Okonomiyaki diberi saus, mayonaise, dan taburan katsuobushi. Okonomiyaki adalah jajanan yang populer jadi jangan khawatir kamu gak akan menemukan jajanan ini yaa. . .

Mizu Shingen Mochi

Mizu Shingen Mochi atau Raindrop Cake merupakan dessert dari Kinseiken yang hanya dijual pada bulan Juni hingga September setiap tahunnya dan terbatas. Dessert kenyal dan bening seperti tetesan air ini tidak hanya menampilkan hal yang langka tapi memang sejauh ini belum ada makanan yang memiliki tekstur dan rasa seperti dessert ini. Biasanya para pelanggan mendatangi toko dessert ini ketika musim panas. Mizu Shingen Mochi ini dibuat dengan cara mencampurkan air mineral dengan agar-agar. Namun, untuk tehnik pembuatannya masih menjadi rahasia toko. Apabila kamu membeli dessert ini, kamu harus makan di tokonya langsung loh karena saking lembutnya dessert ini sangat mudah hancur jika terkena goncangan. Waaaah penasaran kan???


Itu dia beberapa jajanan pinggir jalan yang bisa kamu temukan di Jepang dan masih banyak lagi yang lainnya, hanya 8 makanan ini versi Global Komunika ya. Kapan lagi mencoba jajanan enak dan murah seperti yang ada diatas. Yuk berlibur ke Jepang!

 

SUMBER :

https://backpackeraddict.com/2017/06/09/10-top-makanan-murah-dan-enak-di-jepang/

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/alvin-surya-pratama/10-jajanan-pinggir-jalan-di-jepang-yang-wajib-dicoba/full

https://bacaterus.com/jajanan-khas-jepang/

https://travel.kompas.com/read/2018/02/19/172000827/10-jajanan-khas-jepang-yang-harus-dicoba

http://www.iamsuanlee.com/blog/2016/3/29/tsukiji-fish-market