Blog Image

Blog

Bukan Hanya Inggris, Inilah 4 Negara UK Lengkap dengan Profilnya

January 21, 2019
Bukan Hanya Inggris, Inilah 4 Negara UK Lengkap dengan Profilnya image

Via rd.com



Banyak dari kita menggunakan istilah ‘United Kingdom’ untuk mengacu pada Inggris, dan sebaliknya. Bukan hanya orang Indonesia, bahkan warga dunia pun dipusingkan dengan penggunaan sebenarnya dari ‘United Kingdom’, ‘England’ atau Inggris, dan ‘Great Britain’ atau Britania Raya.

United Kingdom

Kepulauan Britania - via brilliantmaps.com

Sering disingkat ‘UK’, United Kingdom sendiri adalah istilah yang dipersingkat dari nama resminya yang lebih panjang, yaitu ‘United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland’ atau dalam Bahasa Indonesia adalah ‘Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara. United Kingdom adalah sebuah negara kesatuan yang terdiri dari 4 negara, di antaranya Skotlandia, Inggris, Wales, dan Irlandia Utara. Sementara itu, Britania Raya adalah nama pulau terbesar di British Isles atau Kepulauan Britania.

Sudah paham perbedaannya? Jika sudah, mari kita bahas masing-masing dari 4 negara di United Kingdom ini.



Skotlandia

United Kingdom

Bendera Skotlandia – via Flickr oleh James.Stringer

Pemandangan indah Skotlandia, bersama-sama dengan festival penuh warna dan sejarah yang menarik, menjadikannya tempat tujuan favorit bagi wisatawan. Orang Skotlandia adalah keturunan dari bangsa Kelt dan suku-suku lain yang bermigrasi ke daerah ini dari bagian lain di Inggris dan daratan Eropa sebelum 600 SM. Nama “Skotlandia” sendiri berasal dari Scotti, salah satu suku Keltik yang menetap di sana. Semua orang Skotlandia berbahasa Inggris tapi dengan ciri khas “burr.” Hampir 2 persen dari mereka berbicara dalam bahasa Gaelik, bahasa yang berasal dari Keltik.

Skotlandia memiliki lima bandar udara utama, yakni Glasgow, Edinburgh, Aberdeen, Prestwick, dan Inverness, yang secara keseluruhan melayani 150 tujuan internasional dengan beragam jadwal dan jasa penerbangan carteran. Jalan motor dan jalan utama di Skotlandia dikelola oleh Transport Scotland. Jalan raya yang selebihnya dikelola oleh pemerintah daerah masing-masing. Angkutan feri beroperasi melayani daratan Skotlandia dengan banyak pulau. Angkutan kereta api di Skotlandia dikelola oleh Transport Scotland. Jalur rel Pantai Timur dan Pantai Barat saling menghubungkan kota-kota besar di Skotlandia, juga dengan kota-kota di Inggris. Jasa kereta domestik di Skotlandia dioperasikan oleh First ScotRail.

United Kingdom

Kota Edinburgh – via lemondehotel.co.uk

Edinburgh, ibukota Skotlandia, adalah salah satu kota Eropa yang paling indah. Pusat kota dibagi menjadi dua bagian, kota tua dan kota baru. Old Town, yang berasal dari tahun 1000-an, kaya akan bangunan bersejarah. Kastil Edinburgh dan Universitas Edinburgh ada di antara gedung-gedung tersebut. Setiap musim panas, ribuan pengunjung menghadiri Festival Musik dan Drama Internasional Edinburgh. Kota ini juga menjadi pusat Parlemen Skotlandia.

United Kingdom

Alat music Bagpipes – via YouTube/Relax Cafe Music

Musik memang salah satu aspek penting dalam kebudayaan Skotlandia, baik musik tradisional maupun musik modern. Alat musik tradisional asal Skotlandia yang terkenal adalah Great Highland Bagpipe, alat musik tiup yang terdiri dari tiga lubang udara dan sebuah pipa melodi (disebut chanter). Kelompok musik Bagpipe yang memainkan bagpipe dengan diiringi oleh berbagai jenis drum telah menyebar ke berbagai penjuru dunia.

United Kingdom

Pemandangan kota Gasglow – via escapismmagazine.com

Kota terkenal lainnya yang bisa kita kunjungi adalah Glasgow. Glasgow adalah kota terbesar dan pelabuhan utama Skotlandia. Kota ini terletak di tepi Sungai Clyde, yang membuka jalan ke Samudera Atlantik. Glasgow pernah menjadi pusat industri galangan kapal Skotlandia dan sekarang Glasgow menjadi pusat ilmu pengetahuan, industri, dan teknik.

United Kingdom

Kuliner Haggis – via recipeblog.io

Jika mengunjungi Skotlandia, mungkin kamu ingin mencoba Haggis, kuliner khas negara ini yang dibilang ekstrem oleh banyak orang. Haggis adalah produk terpopuler ke-dua di Skotlandia setelah wiski. Makanan ini dibuat dari jantung, hati dan paru-paru sapi yang dicampur dengan oatmeal, lemak dan rempah. Semuanya dicampur dan diisi kembali ke dalam perut domba. Terdengar mengerikan, tapi makanan ini diklaim lezat. Berani mencoba?



Inggris

United Kingdom

Bendera Inggris – via gdblogs.shu.ac.uk

London adalah ibu kota dari UK, yang juga merupakan ibu kota Inggris. Inggris merupakan negara multikultur dengan residen dari berbagai negara. Jadi warga-warga lokal sangat terbuka bagi kebudayaan asing, dan mereka menyambut kedatangan para pendatang internasional dengan baik.

Warga Inggris sangat menghargai waktu. Pastikanlah selalu hadir tepat waktu untuk semua undangan dan acara. Jika diundang untuk makan malam, bawalah sebotol wine atau coklat atau bunga untuk tuan rumah. JIka diundang ke pesta, bawalah minuman untuk dinikmati beramai-ramai.

United Kingdom

English muffins – via europeancuisines.com

Muffin merupakan makanan khas Inggris yang cukup populer. Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk gulungan, budar dan tipis. Bahan dasarnya terbuat dari adonan roti yang diberi ragi. Cara makannya cukup unik, harus disobek dulu dan diberi olesan mentega kemudian dipanggang lagi. Agar cita rasanya lebih bervariasi, permukaannya diolesi dengan selai buah buatan sendiri. Di Inggris, ada tradisi afternoon tea. Muffin disajikan sebagai kudapan utama pendamping teh hangat. Itu sebabnya kue ini pun dikenal dengan ‘tea cake’.

United Kingdom

Menara jam Big Ben – via mywowo.net

Sejauh ini, Kawasan Perkotaan London Raya adalah kawasan perkotaan terbesar di Inggris, dan juga merupakan salah satu kota tersibuk di dunia. Di London, kita bisa menjumpai menara jam Big Ben. Big Ben merupakan latar belakang foto paling mainstream yang diambil para turis saat bertandang ke London, Inggris. Menara jam itu menjadi landmark ikonik yang sering muncul dalam daftar wajib destinasi wisata London. Kerennya lagi, jam empat sisi di menara itu merupakan salah satu yang paling akurat di dunia.

Di kota ini juga kita bisa mengunjungi Istana Buckingham, kediaman resmi Ratu dari United Kingdom, Elizabeth II. Selain itu, ada juga jembatan bersejarah London Bridge dan wahana London Eye yang terkenal, di mana kita bisa melihat keindahan kota London jika menaikinya.

United Kingdom

Bus ikonik Inggris – via skyticket.com

Department for Transport adalah badan pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengawasi transportasi di Inggris. Transportasi kereta api di Inggris adalah yang tertua di dunia. Kereta api penumpang berasal dari Inggris pada tahun 1825. Sementara itu, transportasi bus tersebar luas di seluruh Inggris, perusahaan-perusahaan bus besar di antaranya National Express, Arriva, dan Go-Ahead Group. Bus tingkat berwarna merah yang terdapat di London telah menjadi ikon transportasi Inggris. Terdapat juga jaringan kereta cepat di dua kota, yaitu London Underground di London, dan Tyne and Wear Metro di Newcastle, Gateshead dan Sunderland. Selain itu, juga ada beberapa jaringan trem seperti Blackpool Tramway, Manchester Metrolink, Sheffield Supertram dan Midland Metro. Sistem Tramlink ini berpusat di Croydon, London Selatan.



Wales

United Kingdom

Bendera Wales – via bbc.co.uk

Wales dikenal sebagai salah satu daerah di Eropa yang tersisa dari kebudayaan Keltik yang zaman dahulu tersebar di seluruh benua Eropa. Sebuah aspek dari budaya Wales ialah “Druid”, semacam dukun atau orang sakti Keltik.

Sudah dari dahulu kala banyak penduduk Wales yang merantau ke Inggris yang lebih makmur. Dari sana mereka merantau ke seluruh dunia, ke daerah-daerah jajahan Inggris. Tetapi pada pertengahan abad ke-19, banyak warga Wales yang mengungsi ke Patagonia, Argentina untuk menyelamatkan bahasa mereka yang terancam punah karena pengaruh Inggris. Ironisnya pada saat ini, keturunan mereka di Argentina sudah sangat sedikit yang masih bisa berbahasa Wales, sedangkan di Wales sendiri penutur bahasa Wales bertambah sejak tahun 1950. Sekarang kira-kira 50% penduduk Wales masih fasih berbahasa ini.

United Kingdom

height="549" alt="United Kingdom" title="United Kingdom" />

Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch adalah nama sebuah desa di Wales. Nama desa ini tercatat sebagai nama desa terpanjang di UK – via Flickr oleh sth475

Kita akan langsung mengetahui kapan kita telah melintasi perbatasan Inggris dan Wales, karena semua papan nama berubah menjadi bilingual Bahasa Inggris dan Welsh. Di stasiun kereta ataupun pusat perbelanjaan, pengumuman di loudspeaker pun dua bahasa. Tapi justru inilah yang membuat Wales unik dan menjadi destinasi menarik.

Sementara itu, destinasi wisata terkenal di Wales ini Taman Nasional Snowdonia. Wilayanya terletak di 2 county, yaitu Gwynedd dan Conwy. Nama Snowdonia ini diambil dari kata Snowdown (1.085), yang merupakan puncak tertinggi di Wales. Area Snowdonia dibagi menjadi 5 tetapi hanya di bagian ujung utara yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Di area inilah terdapat beberapa puncak tertinggi di Wales seperti Moel Hebog, Mynydd Mawr dan Nantile Ridge, Snowdon Massif, Glyderau, serta Carneddau. Bagi pecinta hiking, taman nasiona ini juga dilengkapi jalur setapak sepanjang 2.380 km. Untuk mencapai Snowdonia, kita bisa menggunakan kereta menuju ke Bangor atau Llandudno.

United Kingdom

Bara Brith – via naturalkitchenadventures.com

Jangan lupa juga mencicipi Bara Brith, makanan khas Wales yang sudah terkenal di dunia. Dipuji oleh banyak koki selebriti, bara brith telah membuat kebangkitan setelah penurunan popularitas lokal. Roti teh Welsh tradisional ini terbuat dari ragi, buah kering dan rempah-rempah, dan biasanya dinikmati dengan teh sore. Dalam Bahasa Welsh, 'bara' yang berarti roti dan ‘brith’ diterjemahkan sebagai berbintik-bintik.



Irlandia Utara

United Kingdom

Bendera Irlandia Utara – royal-flags.co.uk

Irlandia Utara adalah satu-satunya negara dari UK yang berada di luar pulau Britania Raya. Karena inilah, beberapa hal di negara ini sangat berbeda dari 3 negara lainnya. Salah satunya adalah transportasi. Irlandia Utara memiliki infrastruktur transportasi yang lebih terbelakang, dengan fokus utamanya berada di wilayah Belfast, Derry dan Craigavon.

United Kingdom

Pemandangan di Irlandia Utara – via easyjet.com

Irlandia Utara juga memiliki sejarah sendiri yang unik, isu simbolisme, nama dan penjelasan tentang Irlandia Utara adalah kompleks, seperti halnya isu kewarganegaraan dan identitas. Secara umum, kaum unionis memandang diri sebagai orang Britania, sedangkan kaum nasionalis memandang diri sebagai orang Irlandia, meskipun kedua-dua identitas ini tidak selalu saling eksklusif. Selain itu, banyak orang dari kedua belah komunitas memandang mereka sebagai Orang Irlandia Utara. Meski begitu, Bahasa Inggris adalah bahasa utama di negara ini.

United Kingdom

Roti Soda – via epicurious.com

Makanan khas Irlandia yang terkenal adalah Roti Soda. Roti soda adalah sebuah roti cepat saji yang mana soda kue mengantikan ragi sebagai salah satu bahannya. Bahan-bahan roti soda adalah tepung, soda kue, garam, dan susu mentega. Dan juga bisa ditambahkan kismis dan kacang.

Susu mentega mengandung asam laktik, yang kemudian bereaksi dengan soda kue dan menghasilkan karbon dioksida. Roti soda dapat mengering dengan cepat dan baik disimpan selama dua atau tiga hari; dan paling enak disajikan hangat. Di Irlandia, tepung untuk roti soda menggunakan gandum halus; sehingga roti soda dapat dibuat dari tepung kue dan tepung pastri (yang dibuat dari gandum halus), yang memiliki lebih sedikit gluten daripada tepung biasa.



Sumber:

study.com
lampukecil.com
wikipedia.org
cnnindonesia.com
kumparan.com
hotcourses.co.id
berkuliah.com
indonesiamengglobal.com