Blog Image

Blog

Berpelesir ke Edinburgh, Kota Kuno Kelahiran Harry Potter

January 23, 2019
/
Panduan
Berpelesir ke Edinburgh, Kota Kuno Kelahiran Harry Potter image

Via studyabroad.arcadia.edu



Edinburgh adalah kota yang paling banyak memberikan inspirasi untuk J.K. Rowling, sang penulis seri novel fantasi Harry Potter yang terkenal. Sebut saja tampilan sekolah Hogwarts yang dari luar mirip dengan Kastil Edinburgh. Empat asrama di sekolah Hogwarts pun sama dengan jumlah asrama di salah satu sekolah terkenal di Edinburgh, George Heriot’s School.

Edinburgh

George Heriot’s School – via oscarsjuniors.com

Sementara jalan Victoria menginspirasi Diagon Alley, tempat di mana Potter membeli kebutuhan-kebutuhan sihirnya. Bahkan di jalan Victoria sekarang, kita juga bisa membeli tongkat sihir.

Bukan itu saja, taman pemakaman Greyfriars Kirkyard-pun juga menjadi inspirasi bagi Rowling. Rowling yang saat itu sangat miskin dan tidak mampu menyewa pengasuh anak, sering berjalan-jalan di taman ini untuk menidurkan anaknya.

Edinburgh

Greyfriars Kirkyard – via trover.com

Di sini, ia mendapatkan nama-nama tokoh dalam Harry Potter seperti McGonagall dan Tom Riddle (nama asli Lord Voldermort) dari nama yang tertulis pada nisan-nisan yang ada di pemakaman ini.



Keistimewaan Edinburgh

Edinburgh

Via handluggageonly.co.uk

Edinburgh adalah ibu kota Skotlandia. Kona ini merupakan kota kuno sarat sejarah yang terpelihara dengan baik, sehingga tetap terlihat cantik dan menarik. Alam ibu kota negara dan kota terbesar kedua di Skotlandia ini juga sangat menawan.

Selain keindahan yang dimiliki, Edinburgh ternyata juga memiliki sejarah kelam. Sebut saja diantaranya kisah pembunuhan oleh Burke dan O’Hare, kisah para korban wabah hitam, kisah para penyihir atau penjahat yang disiksa dan dihukum mati, hingga kisah kehidupan tragis Mary, Queen of Scots di dalam tembok istana.

Kota Edinburgh sendiri terbagi atas 2 bagian, yaitu Old Town yang memiliki bangunan bergaya medieval, dan New Town yang memiliki bangunan bergaya Neo Classical – Georgian. Old Town dan New Town ini telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1995.

Edinburgh

Kastil Edinburgh – John Lawson/Getty Images

Di kota ini, kita bisa mengunjungi Kastil Edinburgh yang terkenal. Selain karena menjadi inspirasi J.K. Rownling, keindahan bangunan dan kisah penuh sejarahnya menjadikan kastil ini sebagai salah satu kastil terpopuler yang ada di Skotlandia maupun UK. Berdiri di atas tebing vulkanik yang mengeras selama ribuan tahun, kastil Edinburgh menjadi destinasi yang bisa dibilang paling wajib dikunjungi bagi siapapun yang berkunjung ke Skotlandia. Kastil ini merupakan kastil yang dulunya menjadi kediaman sekaligus tempat lahirnya seorang raja dan juga menjadi saksi bagi banyaknya pertempuran yang terjadi di jaman dahulu kala.

Edinburgh

Istana Holyrood – via getyourguide.com

Bangunan istana lainnya yang terkenal adalah Istana Holyrood. Menjadi kediaman resmi bagi Ratu Elizabeth II saat di Skotlandia, istana Holyrood merupakan istana yang sejak zaman dahulu kala menjadi tempat tinggal bagi para raja dan ratu. Di tempat inilah dulu pernikahan anggota kerajaan dilaksanakan.

Istana ini juga menjadi simbol kuat bagi kehidupan kerajaan sejak jaman dahulu kala di Skotlandia. Salah satu tokoh penting dan ternama Mary Queen of Scots, dulunya juga tinggal disini. Menjelajahi kamar mewah tempatnya dulu tinggal merupakan salah satu hal yang akan ditemukan ketika mengunjungi istana ini.

Edinburgh

Holyrood Park – via chevening.org

Selain itu, berkunjung ke istana ini juga akan membuat kita menjelajahi Holyrood park. Salah satu lokasi alam yang sangat populer di Edinburgh karena di sanalah terdapat bukit raksasa yang terbentuk dari vulkano zaman dahulu kala yang dijuluki sebagai "Arthur's seat".

Ada juga Scott Monument yang merupakan monumen tertinggi di dunia. Monumen Scott didedikasikan untuk seorang novelis sekaligus tokoh penting asal Skotlandia, Sir Waltor Scott sebagai penghormatan akan sosoknya. Bangunan bergaya gothic ini memiliki arsitektur mewah dan mengagumkan yang selalu membuat decak kagum siapapun yang melihatnya.

Edinburgh

Monumen Scott – via Instagram/topedinburghphotos

Tak heran jika kemudian monumen ini sekagius menjadi salah satu landmark terpenting di kota Edinburgh maupun di penjuru Skotlandia. Terdapat tangga putar di dalam bangunan yang menuju ke lantai teratas. Dengan berada di ketinggian tersebut, para pengunjung dapat melihat berbagai sudut pemandangan indah kota Edinburgh maupun tempat-tempat penting lainnya dari kejauhan. Arthur's seat pun juga terlihat dari jauh dengan panoramanya yang menawan.



Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Edinburgh

Edinburgh Festival Fringe – via visitbritain.com

Waktu terbaik untuk mengunjungi Edinburgh adalah pada musim panas, yaitu dari Bulan Juni hingga September. Terutama di Bulan Agustus, biasanya diselenggarakan pertunjukan seni terbesar di dunia, Edinburgh Festival Fringe.



Akses

Edinburgh

Via visitscotland.com

Tersedia beberapa pilihan untuk penerbangan langsung ke Edinburgh dari Jakarta. Sementara dari London, beberapa pilihan transportasi ke Edinburgh di antaranya bus, kereta api, dan pesawat. Menggunakan bus, durasinya sekitar 9-12 jam. Perusahaan bus di antaranya National Express (www.nationalexpress.com), Eurolines (www.eurolines.com) dan Megabus (www.megabus.com). Tiket dapat dibeli online pada web masing masing. Bus berangkat dari London Coach Station.

Menggunakan kereta, durasinya kurang lebih 5 jam. Berangkat dari London King’s Cross St. Pancras Station (East Coast www.eastcoast.co.uk dan Cross Country www.crosscountrytrains.co.uk) dan London Euston Station (National Railway www.nationalrail.co.uk), dan akan berhenti di Edinburgh Waverley Station. Tiket dapat dibeli online pada web masing masing.

Edinburgh

Menelusuri Edinburgh dengan berjalan kaki untuk dapat melihat setiap sudut kota – via Istock Editorial, Getty Images

Edinburgh lebih baik ditelusuri dengan jalan kaki. Tapi tentu kita juga bisa naik bus, tram atau taksi. Lothians Bus menyediakan all day ticket. Kita juga dapat berkeliling dengan menggunakan bus hop-on hop-off yang berlaku 24 jam sejak kita membeli.



Penginapan

Edinburgh

Area Old Town – via booking.com

Karena tempat wisata yang akan dikunjungi lebih banyak di kawasan Old Town, maka direkomendasikan mencari penginapan di kawasan ini. Baik hotel berbintang maupun guest house banyak terdapat di sini. Tinggal kita menyesuaikan dengan bujet.



Tempat Makan

Edinburgh

Via timeout.com

Di kawasan Old Town banyak restoran sehingga memudahkan kita mencari tempat makan. Ada beberapa restoran yang menyajikan menu halal, biasanya restoran India (Kebab Mahal, Tanjore, Kama Sutra, Shamoli, Royal Spice), restoran Malaysia (Nanyang), restoran Timur Tengah (Hanams, Nawros), restoran Pakistan (Aroma Mosque Kitchen & Café), restoran Mediterania (Laila’s Restauran).



Sumber:

idntimes.com
mytrip.co.id
kumparan.com
baltyra.com
wikipedia.org