Blog Image

Blog

PANDUAN KE SWISS INFO DAN REKOMENDASI DESTINASI CANTIK

January 14, 2019
PANDUAN KE SWISS INFO DAN REKOMENDASI DESTINASI CANTIK image

Via adventurousmiriam.com



Swiss merupakan sebuah negara yang terletak di jantung Eropa antara Prancis, Jerman, Austria dan Italia. Negara ini memiliki populasi lebih dari 8 juta jiwa dan memiliki empat bahasa resmi termasuk Jerman, Prancis, Italia dan Romansh. Namun, sebagian besar warganya berbahasa Inggris, sehingga negara ini menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi dan untuk menetap. Ibu kotanya adalah Bern; kota-kota besar lain meliputi Basel, Jenewa, Lucerne, Lugano dan Zurich.

Swiss terkenal karena pemandangannya yang sangat mempesona dan peraturan negara yang tidak lazim tetapi menarik. Lebih dari 25% alam Swiss terdiri dari pegunungan. Negara ini juga terkenal karena lembaga keuangannya, keju berkualitas tinggi, cokelat, industri, pembuatan jam dan jaringan transportasi umum yang sangat baik.



Transportasi di Swiss

Panduan ke Swiss

Via adventurousmiriam.com

Bagi Swiss, sektor pariwisata adalah primadona. Tak hanya tempat tujuan wisata dengan segala daya tariknya yang dikemas sedemikian rupa, tetapi juga infrastruktur, terutama jaringan transportasi umum yang relatif ”ramah” pun dibangun dengan baik. Transportasi di Swiss dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Negara ini sangat mementingkan ketertiban dan ketepatan waktu, dan tak boleh ada wisatawan yang bermasalah dengan transportasi.

Pilihan transportasi yang paling populer untuk digunakan traveling adalah angkutan umum, terutama di area pegunungan karena wisatawan yang belum berpengalaman biasanya khawatir dengan jalanan berkelok yang terlihat curam sehingga mereka lebih memilih bus daripada menyewa mobil.

Bus beroperasi sangat tepat waktu sesuai jadwal, dan rutenya dirancang pada titik-titik yang paling sulit dijangkau di resor-resor ski. Di setiap halte, tersedia juga jadwal bus dan trem. Kita bisa menemukan trolleybus di kota-kota besar seperti Zurich dan yang lainnya. Di Swiss, sistem pemantauan tiketnya sangatlah ketat, dan penumpang gelap akan dihukum dengan denda yang sangat besar. Kita juga bisa memanggil taksi di wilayah mana pun.

Panduan ke Swiss

Trem – via expatica.com

Perjalanan dengan kereta selain kenyaman, pemandangan, kegiatan penduduk di tempat-tempat yang dilewati kereta, dan cerita yang ”dikemas” membuat sebagian penumpang merasa sayang melewatkannya.

Misalnya, sebagian meja di gerbong kereta diberi peta, gambar, dan nama kota-kota yang dilewati rangkaian kereta itu. Setiap gambar menunjukkan ”kekhasan” setiap kota, seperti kastil, gunung, dan danau. Sementara kemasan cerita antara lain muncul tentang tiga pria pembuat keju di Appenzell.

Panduan ke Swiss

Jalur kereta yang melewati pemandangan indah – via seduniatravel.com

Lepas dari semua itu, pemandangan alam menjadi sajian utama yang bisa dinikmati penumpang kereta. Dalam perjalanan selama sekitar 2 jam dari kota St Gallen ke Luzern, misalnya, rangkaian kereta melewati 11 stasiun. Selama perjalanan itu, mata kita dimanjakan, antara lain, dengan kebun-kebun jagung yang menguning, air danau yang kebiruan, dan deretan kapal yang tertambat di sekitarnya.



Kuliner Khas Swiss

Panduan ke Swiss

Via switzerland-tours.ch

Jika Indonesia dan beberapa negara di Asia mengenal nasi sebagai makanan utama, di Swiss justru kejulah yang menjadi makanan wajib. Keju dimakan hampir setiap hari, sebelum, saat, dan setelah makan. Biasanya, ditemani kopi. Menurut chef Grand Restaurant Schuh, Interlaken, Swiss, Rudolf Wittwer, Swiss memiliki lebih dari 300 jenis keju.

Panduan ke Swiss

Raclette – via fromagination.com

Salah satu cara memakan keju paling disukai adalah Raclette. Raclette sebenarnya adalah nama keju yang cukup terkenal di Swiss. Keju ini terbuat dari susu sapi dan dapat dipadukan dengan makanan lainnya seperti kentang, cahrcuteria, bawang, roti, dan sebagainya. Cukup dengan mengiris keju Raclette di atas panci dan kemudian panaskan agar keju meleleh dan kemudian padukan dengan beberapa salad atau makanan lainnya yang cocok dengan keju. Biasanya, Raclette dihidangkan pada perjamuan makan malam di Swiss.

Panduan ke Swiss

Cheese Fondue – via ghmhotels.com

Cheese Fondue juga menjadi makanan yang sangat terkenal di Swiss dan menjadi hidangan paling legendaris. Jadi, kuliner ini layak dicoba ketika berkunjng ke Swiss. Cheese Fondue adalah makanan yang juga terbuat dari keju yang dicairkan dan dikombinasikan dengan rempah-rempah lainnya seperti tepung jagung, anggur putih, bawang putih, dan kirsch. Hidangan ini biasanya ditaruh di wadah berbentuk seperti pot yang terkenal dengan sebutan Caquelon.

Untuk kue-kue kering ala Swiss, kebanyakan mengandung kayu manis dan jahe sehingga aromanya sangat wangi. Bagi penggemar cokelat, jangan lewatkan mencoba cokelat khas Swiss yang sangat terkenal di dunia. Kita bisa memilih cokelat batangan atau cokelat cair yang dipadukan dengan makanan lainnya.



Rekomendasi Tempat Wisata

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lebih dari 25% alam Swiss terdiri dari pegunungan, sehingga membuatnya berpemandangan sejuk nan cantik. Untukmu yang ingin merasakan pengalaman ini, berikut lima tempat yang paling indah yang memiliki pemandangan khas Swiss tersebut.



Zermatt

Panduan ke Swiss

Via telegraph.co.uk

Zermatt merupakan salah satu tempat resor ski dan mountaineering terbaik di Swiss. Tak heran, kota kecil ini memang terletak di kaki salah satu gunung tertinggi dan terkenal di Swiss, Gunung Matterhorn. Untuk itu, Zermatt juga bisa menjadi destinasi yang tepat bagi para penyuka kegiatan luar ruangan. Kita bisa mendaki atau pun menaikin cable car untuk mencapai ke gunung. Meski berada dekat dengan Italia, mayoritas penduduk Zermatt justru menggunakan Bahasa Jerman.



Lauterbrunnen

Panduan ke Swiss

Via adventurousmiriam.com

Lembah Lauterbrunnen terletak sekitar 70 km dari kota Bern, ibukota Swiss dan disebut-sebut sebagai lembah paling indah di Eropa. Bagaimana tidak, lembah yang memiliki lebar satu kilometer ini berisi 72 air terjun yang menyembur dengan indahnya dari puncak tebing ke dalam lembah.

Panduan ke Swiss

Via adventurousmiriam.com

Lanskap Desa di Lauterbrunnen ini juga cukup menarik, dikelilingi dinding tebing terjal dengan rata-rata tinggi 300 meter serta terdapat tiga gunung di tiga sisinya yakni gunung Eiger, Mönch dan Jungfrau. Nama Lauterbrunnen sendiri berarti “banyak mata air” hal ini didasarkan pada keberadaan 72 air terjun yang ada di sekeliling desa ini.



Grindelwald

Panduan ke Swiss

Via Instagram oleh @amir_asani13

Di Swiss, terdapat beberapa desa yang rupanya menjadi sumber inspirasi bagi JRR Tolkien menulis Trilogi Lord of The Rings. Salah satunya adalah Grindelwald. Keindahannya tampak melalui padang rumput yang luas nan hijau dan lekukan jalan menyerupai kota Shire, tempat tinggal Frodo. Grindelwald sendiri adalah salah satu kota tertua di antara kota kecil lain di kaki Pegunungan Alpen di Swiss dan menjadi tujuan wisata para turis asing. Tempat ini juga menyuguhkan tempat bermain ski.



Murren

Panduan ke Swiss

Via inghams.co.uk

Murren adalah desa tradisional di gunung Walser yang terletak di ketinggian 1650 meter di atas laut. Tempat ini sulit untuk dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus, namun kita bisa mencapainya dengan kereta atau cable car. Jika menginginkan tempat yang sunyi dan mempesona, maka kota ini adalah jawabannya.



Interlaken

Panduan ke Swiss

Oleh Demchishina Olga

Interlaken terkenal sebagai lokasi favorit olahraga luar ruangan dan aktivitas traveling. Tapi yang membuat wisatawan betah berlama-lama di sini tentu saja panoramanya yang sangat indah. Interlaken berlokasi di antara dua danau yakni Thun dan Brienz. Kota ini juga berada di bawah bayang-bayang Gunung Eiger, Monch dan Jungfrau.

Pagi hari, bukalah jendela penginapanmu dan nikmati hangatnya matahari. Usai sarapan, cobalah berjalan kaki di pesisir Danau Thun atau Danau Brienz. Jika ingin berenang, datanglah pada bulan Juli-Agustus saat suhu airnya sekitar 20 derajat Celcius. Kita juga bisa main kano dan ikut tur naik kapal keliling dua danau ini.



Sumber:

detik.com
augstudy.com
orangesmile.com
kompas.com
bomanta.com
sportourism.id
travelingyuk.com
beautynesia.id
wikipedia.org