Blog Image

Blog

5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Italia yang Wajib Dikunjungi

February 21, 2019
/
Italia
5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Italia yang Wajib Dikunjungi image

Via tripadeal.com



Italia merupakan negara yang memiliki Situs Warisan Dunia UNESCO terbanyak di dunia. Hingga saat ini, terdapat 49 situs berbasis budaya dan 5 situs berbasis alam yang terdaftar di UNESCO. Tak heran, negara piza ini memang dianugerahi alam yang cantik serta memiliki sejarah dan budaya yang masih dilestarikan.

Di bawah ini adalah daftar yang terdiri dari 5 tempat di Italia yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Kelima tempat ini memiliki pemandangan yang indah tiada duanya.



1. Pusat Bersejarah Kota Roma

Roma, Italia

Via hotelmiami.com

Roma adalah ibu kota Italia. Kota ini berturut-turut menjadi ibu kota Kerajaan Romawi, Republik Romawi, dan Kekaisaran Romawi, serta dipandang sebagai salah satu tempat kelahiran peradaban Barat dan dipandang sebagai metropolis pertama oleh beberapa kalangan.

Roma, Italia

Via exclusives.webjet.com.au

Roma masa kini merupakan salah satu tujuan wisata terpenting di dunia, berkat harta kekayaan arkeologis dan artistik kota ini yang sangat banyak, serta pesona tradisinya yang unik, keindahan pemandangan panoramiknya, dan kesemarakan berbagai "villa" (taman) yang megah di kota ini.

Roma, Italia

Via telegraph.co.uk

Pusat bersejarahnya dicantumkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Bebagai monumen dan museum termasuk di antara tujuan-tujuan wisata dunia yang paling banyak dikunjungi; sebagai contoh misalnya Museum Vatikan dan Koloseum, keduanya menerima kunjungan jutaan wisatawan sepanjang tahunnya.



2. Cinque Terre

Cinque Terre

Via telegraph.co.uk

Cinque Terre adalah wilayah pesisir berbukit-bukit di Riviera Italia yang merupakan bagian dari wilayah Liguria. Cinque Terre artinya ‘lima daratan’, mengacu pada 5 desa yang berada di wilayah ini, yaitu Monterosso al Mare, Vernazza, Corniglia, Manarola, dan Riomaggiore. Tak sulit menemukan daerah ini, karena akan langsung terlihat dari tampilan rumah penduduknya yang berwarna-warni.

Cinque Terre

Via bellaitaliatour.com

Rumah-rumah yang berada di Cinque Terre terletak berundak-undak mengikuti kontur tanahnya. Letaknya yang berada di atas tebing juga menambah keindahan dari Cinque Terre, karena sangat kontras dengan laut yang berada di sebelahnya.

Cinque Terre

Via weinerelementary.org

Wilayah pesisir Cinque Terre, lima desa di dalamnya, dan wilayah perbukitan di sekelilingnya merupakan bagian dari Taman Nasional Cinque Terre dan juga dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Lima desa ini saling terhubung oleh jalan, kereta dan kapal. Cinque Terre merupakan tujuan wisata yang populer.



3. Alberobello

Alberobello

Via booking.com

Trullo (bentuk jamaknya: Trulli) adalah rumah tradisional yang berasal dari Region Puglia, Italia bagian selatan. Ciri khas rumah ini adalah berbentuk persegi, beratap kerucut, yang terbuat dari susunan batu. Trullo umumnya dapat ditemukan tersebar di kebun-kebun zaitun dan anggur yang terhampar luas di Puglia, salah satunya di Kota Alberobello.

Alberobello

Via audleytravel.com

Alberobello adalah sebuah kota kecil yang terletak tak jauh dari Kota Bari, ibu kota Puglia. Awalnya Alberobello adalah area hutan (Albero=pohon bello=cantik/indah). Pada abad ke-14, seorang tuan tanah memindahkan para pekerjanya ke Alberobello untuk merambah hutan dan menjadikannya perkebunan.

Alberobello

Via in-italia.com

Pada umumnya, Trulli berfungsi sebagai tempat tinggal sementara pemilik tanah, para petani dan penggembala. Bangunannya memiliki struktur yang sangat baik dan ekonomis. Mereka tinggal di Trulli yang dibangun dari susunan batu-batuan tersebut demi menghindari tagihan pajak dari pemerintah. Menurut peraturan saat itu, trulli tidak dianggap sebagai pemukiman permanen, karena dibangun tanpa menggunakan semen sebagai perekatnya. Jika sewaktu-waktu ada pemeriksaan, maka rumah-rumah ini dengan sangat mudah dihancurkan.

Alberobello

Oleh Michele Piscitelli

Meskipun terlihat sederhana, trulli bisa menjadi contoh brilian dari arsitek-arsitek masa itu. Mereka menggunakan gaya arsitektur yang berbeda di zamannya. Sebuah ekspresi dan ide cemerlang dari generasi petani dan penggembala. Menggunakan kemampuan dan kreatifitas yang mereka miliki, disesuaikan dengan kebutuhan mereka saat itu.

Alberobello

Via butterfield.com

Trulli yang berada di kota Alberobello termasuk trulli tertua. Untuk melindungi keunikannya, sejak desember 1996, Trulli di kawasan ini dilindungi oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.



4. Venesia

Venesia

Via usatoday.com

Kota yang satu ini terkenal cantik dan unik. Venesia dibangun diatas air dan mempunyai ratusan kanal yang berliku. Hal ini membuat Venesia sering disebut Kota Air atau Kota Apung.

Venesia

Via tripsavvy.com

Arsitektur bangunan yang ada di Venesia sangat unik dan mempunyai warna khasnya tersendiri. Bangunan dengan nuansa lama menjadi ciri khas tersendiri bagi kota ini, sehingga di mana pun kita mengambil foto maka akan terlihat artistik dan indah seperti di dalam lukisan. Keindahannya menjadikan Venesia salah satu kota paling romantis di dunia. Kota Venesia berikut danau tepi lautnya ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO.



5. Pompeii

Pompeii

Via treehugger.com

Pompeii adalah sebuah kota zaman Romawi kuno yang telah menjadi puing dekat kota Napoli dan sekarang berada di wilayah Campania, Italia. Pompeii hancur oleh letusan gunung Vesuvius pada 79 M. Debu letusan gunung Vesuvius menimbun kota Pompeii dengan segala isinya sedalam beberapa kaki.

Setelah 1.669 tahun, kota hilang itu ditemukan kembali dan digali dari kedalaman perut bumi. Di dalamnya, berserak jasad-jasad manusia yang tertimbun reruntuhan bangunan terawetkan oleh gelombang panas piroklastik.

Pompeii

Via bostonglobe.com

Ekskavasi serius atas Pompeii dimulai tahun 1748 untuk memunculkan kembali kota “hantu” itu ke peradaban manusia. Semenjak itu penggalian kembali kota ini memberikan pemandangan yang luar biasa terinci mengenai kehidupan sebuah kota di puncak kejayaan Kekaisaran Romawi. Pompeii kemudian ditetapkan UNESCO menjadi salah satu situs warisan dunia karena nilai historisnya.



Sumber:

wikipedia.org
whc.unesco.org
kumparan.com
detik.com
iyusjournal.blogspot.com
globalcastaway.com
wanita.me