Blog Image

Blog

5 Tempat Bersejarah dan Cantik untuk Dikunjungi di Hongaria

March 27, 2019
/
Objek Wisata
5 Tempat Bersejarah dan Cantik untuk Dikunjungi di Hongaria image

Via travel.usnews.com



Gedung-gedung dengan arsitektur menakjubkan serta pemandangan alam yang tak kalah indahnya, mulai dari pegunungan hingga danau, semuanya merupakan pemandangan yang harus dilihat ketika mengunjungi Hongaria. Untukmu yang gemar fotografi, negara ini pun menyimpan banyak sekali spot-spot unik lainnya yang menyimpan serta akan menghasilkan hasil foto yang memuaskan pula. Berikut di antaranya.



Jembatan Rantai Széchenyi
Hongaria

Oleh Kisa Markiza

Jembatan Rantai Széchenyi merupakan jembatan yang menghubungkan Buda dengan Pest, atau bagian barat dan timur Budapest, ibukota Hongaria. Jembatan ini dirancang oleh insinyur Inggris William Terney Clark pada tahun 1839 atas inisiatif István Széchenyi pada tahun yang sama, sementara pembangunan jembatan ini diawasi oleh insinyur Skotlandia Adam Clark. Dibuka pada tahun 1849, jembatan ini merupakan jembatan pertama di ibukota Hongaria dan jembatan permanen pertama di Sungai Donau. Pada waktu itu, dengan span 202 m, jembatan ini merupakan salah satu jembatan terbesar di dunia. Sepasang singa di batas jembatan didirikan pada tahun 1852.
Hongaria

Via expedia.com

Jembatan Rantai Széchenyi terbentang di atas Sungai Danube dan berhiaskan rantai raksasa. Dari sinilah kita dapat menyaksikan betapa spektakuler Buda Castle dan indahnya kota. Ini adalah ikon wisata Hongaria dan merupakan lokasi paling populer yang wajib dikunjungi wisatawan. Jembatan ini mempunyai struktur dan desain menawan.



Danau Balaton
Hongaria

Via lux-camp.co.uk

Danau Balaton merupakan danau terbesar di Eropa Tengah. Hongaria memang tak mempunya laut, namun Danau Balaton sering disebut sebagai lautnya Hongaria. Tak heran, danau ini memang luas, dan pinggirannya sudah seperti daerah pesisir pantai. Selama musim panas, danau ini akan dikunjungi banyak pengunjung untuk menikmati matahari di pinggir 'pantai' sekaligus relaksasi.
Hongaria

Via expedia.com

Di tepian danau ini kita juga bisa mengunjungi desa cantik bernama Tihany yang berada di atas semenanjung. Ditetapkan sebagai cagar alam, bagian barat daya dari semenanjung ini ditutup untuk lalu lintas dan merupakan tempat yang luar biasa untuk dijelajahi dengan berjalan kaki di sepanjang jaringan jalan yang diberi petunjuk dengan baik. Landmark yang harus dikunjungi di kota itu sendiri adalah Biara Benediktin dari abad ke-17 yang indah, dengan pemandangan spektakuler dari danau dan daerah sekitarnya.



Makam Gul Baba
Hongaria

Via welovebudapest.com

Budapest dulu pernah menjadi kota administratif saat dikuasai Imperium Ottoman. Di bawah Imperium ini, Budapest kemudian tumbuh menjadi kota masyarakat madani yang dihuni penduduk beragama Muslim, Kristen, Yahudi, dan Gipsy.

Namun demikian, ketika Imperium Ottoman runtuh, tidak ada satu pun peninggalan Islam yang dibiarkan lepas dari gempuran. Hanya tersisa sebuah makam Gul Baba dan pesantren serta legenda Fatima di kota itu. Gul Baba adalah seorang sastrawan Ottoman yang hidup di abad ke-16.
Hongaria

Via kodeks.uni-bamberg.de

Tokoh Gul Baba meninggal pada tahun 1541, Gul Baba ini dikenal dengan sebutan Jafer. Gul Baba ini juga sering ikut serta dalam kampanye di Eropa sejak awal pemerintahan Mehmed II sampai dengan pemerintahan seterusnya. Penyebab kematian Gul Baba ini masih belum jelas dengan pasti. Sumber mengatakan jika Gul Baba meninggal akibat pertempuran di bawah tembok kota pada tanggal 21 Agustus 1541. Makam Gul Baba kini sering dijadikan sebagai tempat wisata sejarah terutama bagi yang beragama Islam. Makam ini terletak di dalam bangunan Masjid Budapest. Makam tersebut dibangun menyerupai seperti bentuk masjid dibangun oleh penguasa Ottoman pada tahun 1543 dan juga 1548.



Sinagoge Jalan Dohány
Hongaria

Via introducingbudapest.com

Yang satu ini adalah pusat ibadah umat Yahudi. Sinagoge Jalan Dohany, juga dikenal dengan nama Sinagoge Besar atau Sinagoge Tabakgasse, adalah sebuah bangunan bersejarah yang terletak di Erzsébetváros, Budapest, Hongaria. Sinagoge ini merupakan sinagoge terbesar di Eropa dan sinagoge terbesar kedua di dunia. Sinagoge ini dapat menampung 3.000 orang dan merupakan pusat Yudaisme Neolog.
Hongaria

© Yury Dmitrienko

Sinagoge ini dibangun dari tahun 1854 hingga 1859 dengan gaya Kebangkitan Moor, dan uniknya, dekorasinya didasarkan pada arsitektur Islam dari Afrika Utara dan Al-Andalus. Di lahan sinagoge ini terdapat Sinagoge Besar, Kuil Pahlawan, tempat pemakaman, serta tugu peringatan dan Museum Yahudi yang dibangun di tempat berdirinya rumah kelahiran Theodor Herzl. Jalan Dohány sendiri memiliki sejarah yang kelam pada masa Holocaust karena merupakan perbatasan Ghetto Budapest.



Bukit Gellért
Hongaria

Via gate98.com

Bukit Gellért adalah sebuah bukit setinggi 235 m yang menghadap ke Sungai Donau di Budapest. Nama bukit ini diambil dari nama Santo Gellért, seorang uskup yang konon dimasukkan ke dalam sebuah tong berduri dan didorong jatuh dari bukit ini hingga tewas oleh kaum pagan saat perang melawan agama Kristen pada tahun 1046.

Bukit Gellért adalah sebuah bukit setinggi 235 m yang menghadap ke Sungai Donau di Budapest. Nama bukit ini diambil dari nama Santo Gellért, seorang uskup yang konon dimasukkan ke dalam sebuah tong berduri dan didorong jatuh dari bukit ini hingga tewas oleh kaum pagan saat perang melawan agama Kristen pada tahun 1046.

Di puncak bukit terdapat Citadel (Citadella), sebuah benteng yang dibangun oleh Dinasti Habsburg setelah mengalahkan Hongaria pada perang tahun 1849.
Hongaria

Via undiscoveredhungary.com

Dalam tahun-tahun selanjutnya, Citadel dikenal sebagai lokasi strategis untuk menembaki wilayah Buda serta Pest saat terjadi pemberontakan. Kini, Citadel menjadi tempat menarik bagi turis untuk berfoto-foto dan mengenal sejarah Budapest.

Di tempat ini berdiri Patung Liberty (patung kebebasan) yang dibangun pada 1947 untuk menandai berakhirnya pendudukan Nazi Jerman setelah Perang Dunia II.



Sumber:

superadventure.co.id
wikipedia.org
id.tripnholidays.com
merdeka.com
traveling.bisnis.com