Blog Image

Blog

Tak Hanya Soal Musik, Inilah Beberapa Fakta Negara Austria

March 11, 2019
Tak Hanya Soal Musik, Inilah Beberapa Fakta Negara Austria image

Via austrianzimmers.blogspot.com



Nama negara Austria mungkin jarang terdengar di telinga orang Indonesia. Sering dibingungkan dengan namanya yang hampir mirip dengan Australia, banyak orang tak tahu bahwa Austria merupakan negara yang terletak di Eropa bagian tengah yang wilayahnya berbatasan dengan beberapa negara, salah satunya Jerman. Bahasa Jerman khas Austria pun digunakan oleh sebagian besar penduduk negara ini.

Ibu kota Austria, Wina, telah lama dianggap sebagai ibu kota musik di Eropa dan bahkan merupakan rumah bagi sekolah-sekolah musik kelas dunia. Austria memang terkenal karena musiknya. Komposer-komposer terkenal seperti Johann Strauss, Joseph Hayden, dan Wolfgang Amedus Mozart belajar, membuat, mengajarkan, dan bermain musik di kota Wina.

Selain hal-hal tersebut, terdapat fakta-fakta lainnya terkait Austria yang bisa bermanfaat untukmu yang ingin menambah pengetahuanmu mengenai negara Eropa yang satu ini. Berikut di antaranya.



Wina adalah kota dengan kualitas hidup tertinggi di dunia

Fakta Austria 1

Via thewordrobe.com

Selama delapan tahun berturut-turut, Wina dianugerahi predikat kota dengan kualitas hidup tertinggi di dunia. Predikat ini diperoleh dari hasil sebuah survei yang mempertimbangkan beberapa faktor seperti kestabilan politik, kesehatan, pendidikan, kriminalitas, rekreasi dan transportasi.



Salah satu negara yang paling banyak mendaur ulang sampah

Fakta Austria

Via scribapr.com

Austria, bersama tetangganya, Jerman, merupakan salah satu negara ter'hijau' dengan mendaur ulang paling banyak dari sampah yang terbuang. Sekitar 54% sampah di Austria didaur ulang, lebih banyak dari jumlah yang didaur ulang oleh kebanyakan negara-negara di dunia.



Surga bagi perokok

Fakta Austria

Via wienerzeitung.at

Meski mendapat predikat salah satu negara terhijau, Austria juga merupakan salah satu negara di Eropa yang masih mengizinkan aktivitas merokok di dalam ruangan.



Wina pernah menjadi tempat tinggal Hitler

Fakta Austria

Via becsifekete.blog.hu

Banyak yang tak tahu bahwa sang diktator terkenal, Adolf Hitler, lahir di Austria. Di usianya yang masih muda, Hitler pernah mencoba mendaftar ke Academy of Fine Arts di Wina untuk menempuh pendidikan di sana, namun tidak diterima. Ia pindah ke Wina dan hidup di kota ini. Ia bahkan pernah menjadi penjual kartu pos di jalanan-jalanan di kota ini.



Perumahan Umum dengan fasilitas mewah

Fakta Austria

Via archinect.com

Perumahan umum di Austria memiliki reputasi yang sangat baik. Sekitar 60% penduduk negara ini tinggal di perumahan umum seperti rumah susun subsidi yang disediakan oleh pemerintah. Struktur dari rumah-rumah tersebut di antaranya dirancang oleh Harry Gluck, seorang arsitek Austria yang mempunya visi untuk membangun rumah bagi mereka yang tak mampu dengan fasilitas yang biasanya dinikmati oleh orang-orang kaya.



Negara Netral

Fakta Austria

Via onebigphoto.com

Bersama dengan Finlandia, Irlandia, Malta, Swedia dan Swiss, Austria menjadi negara yang bukan anggota dari NATO (North Atlantic Treaty Organization atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara). Perjanjian Negara Austria dan undang-undangnya melarang negara ini bergabung dalam aliansi militer, serta tidak mengizinkan didirikannya pangkalan-pangkalan militer asing di wilayah teritorial Austria.



The Sound of Music

Fakta Austria

Via Flickr/cookiesound

Tiap tahunnya, sejumlah besar wisatawan mengunjungi bukit Salzburg, tempat pengambilan gambar The Sound of Music, film Hollywood terkenal tahun 1965. Namun faktanya, bagi orang-orang Austria sendiri, film ini bukanlah salah satu favorit mereka. Banyak di antaranya bahkan tak pernah mendengar tentang film ini.



Sumber:

theculturetrip.com
iexplore.com
wikipedia.org