Blog Image

Blog

Fakta Unik Norwegia, Salah Satu Negara Paling Bahagia di Dunia

March 18, 2019
Fakta Unik Norwegia, Salah Satu Negara Paling Bahagia di Dunia image

Via visitnorway.com



Norwegia adalah salah satu negara di Skandinavia yang sering menempati peringkat atas dalam jajaran negara-negara paling bahagia se-dunia. Pada tahun 2017, negara yang identik sebagai tempat bersalju ini bahkan berada di peringkat pertama.

Para periset menggunakan enam variabel utama yang digunakan untuk menjelaskan perbedaan kebahagiaan antara negara-negara. Keenam variabel itu adalah penghasilan, angka harapan hidup sehat, memiliki seseorang untuk diandalkan pada masa-masa sulit, kemurahan hati, kebebasan dan kepercayaan--yang diukur dengan tidak adanya korupsi dalam bisnis dan pemerintah.

Norwegia juga merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Bicara bahagia, uang sudah barang tentu merupakan salah satu faktor pendukung. Namun menurut John Helliwell, ekonom penulis laporan ini, bahagia tidak dapat disamakan dengan kekayaan.

Norwegia

Via tech2.org

Di Norwegia orang cenderung dekat dengan keluarga, dan membina hubungan yang hangat dengan sesama. Berkumpul dan bicara sudah jadi semacam kebutuhan yang berusaha mereka penuhi secara otomatis.

Banyak hal lainnya tentang Norwegia yang sering membuat iri negara-negara lain, berikut hal-hal tersebut.



Kedekatan Terhadap Alam

Norwegia

Via bentours.com.au

Budaya Norwegia secara khusus mengenal Friluftsliv. Kata ini diciptakan pada 1859 oleh penulis Henrik Ibsen.

Friluftsliv bisa diartikan sebagai "kehidupan di udara bebas". Ini menandakan pemahaman mendasar tentang efek alam yang menyembuhkan. Friluftsliv adalah bagian mengakar dari budaya Norwegia. Istilah ini mencakup pemahaman tentang hubungan esensial antara manusia dan alam.

"Sejarah kehidupan di alam terbuka di Nordik panjang dan benar-benar menyatu dengan budaya, karena kami dikaruniai tanah luas dan populasi kecil," kata narablog Vandringsbloggen, Angeliqa Mejstedt.

Psychology Today melaporkan, melalui pengamatan dalam psikoterapi kita tahu bahwa kesehatan mental dan kesejahteraan meningkat ketika orang bersinggungan dengan sesuatu yang lebih besar di luar diri mereka sendiri. Segala bentuk keterlibatan dengan alam, di luar dunia internal meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, dan merupakan dimensi penting dari kesehatan mental sejati.

Norwegia

Via relaxedpace.com

Berada di alam terbuka dan menyediakan waktu untuk menikmati momen tanpa gangguan, notifikasi ponsel, dan tekanan lain adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengatur kembali pola pikir.

Karena itulah, orang-orang Norwegia senang menghabiskan masa liburannya dengan berpiknik dengan cara berjalan kaki untuk mendaki bukit ataupun gunung-gunung di Norwegia ataupun berjalan kaki mengelilingi kota atau daerah tertentu di Norwegia baik dalam grup, keluarga, ataupun sendirian.



Kesederhanaan

Norwegia

Via skandikitchen.com

Maksudnya adalah sebuah nilai penting yang hingga saat ini masih diterapkan oleh warga Norwegia dalam hal makanan. Jika pada beberapa negara barat kebanyakan orangnya lebih memilih sandwich ataupun junk food untuk dikonsumsi atau di negara kita kebanyakan lebih sering memilih membeli makanan yang tersedia di warung-warung ataupun kafetaria tempat kita bekerja.

Maka lain halnya dengan warga Norwegia yang senang menyantap bekal makanan yang disebut matpakke (sebuah tradisi turun-temurun dalam menyiapkan bekal makanan untuk disantap pada waktu makan siang), idealnya bekal ini terdiri dari sepotong roti coklat dengan diolesi butter (mentega) di atas roti tersebut dan irisan tipis keju putih (keju tersebut di iris dengan menggunakan alat pemotong keju yang menjadi sebuah simbol dari kesederhanaan tersebut dengan tujuan untuk mengiris keju tersebut setipis mungkin) dan biasanya bekal tersebut disantap dengan meminum susu dan juga sedikit sayuran dan buah-buahan.

Norwegia

Via scandikitchen.com

Sepaket matpakke tentu saja lebih menyehatkan dan juga sangat mengenyangkan perut atau dapat kita sebut sebagai makanan empat sehat lima sempurna. Tradisi tersebut telah ada pada tahun 1930an dimana para orang tua diharuskan untuk menyiapkan bekal makanan bagi anak-anaknya untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup setiap harinya bahkan kebiasaan tersebut masih mereka terapkan ketika mereka telah menjadi dewasa. Orang Norwegia biasanya selalu menyantap matpakke selama enam hari saja dan pada akhir pekan mereka bebas memakan makanan junk food dan juga jenis makanan lainnya terutama pada hari sabtu dan minggu.



Program Buku yang Keren

Norwegia

Via pinterest.com

Di Norwegia, setiap ada rilisan satu buah buku baru, maka pemerintah akan langsung memesan sekitar 1000an kopi. Tujuannya untuk disebar ke berbagai perpustakaan dan bisa dibaca oleh siapa pun. Kriteria bukunya sendiri tidak dibatasi. Asalkan ada buku baru yang rilis, beberapa hari kemudian kita sudah bisa menemukannya di banyak perpustakaan di sana.

Tentu ini jadi hal yang sangat hebat. Bagi penyuka buku, Norwegia adalah surga karena tak harus keluar banyak uang untuk membeli buku-buku baru. Cukup meminjamnya di perpustakaan terdekat. Lalu bagaimana dengan pendapatan penulis? Tentang itu, pendapatan per kapita Norwegia sudah tinggi. Sepertinya penulis di sana takkan jatuh miskin hanya karena bukunya diborong oleh pemerintah dan digratiskan untuk dibaca.



Pendidikan Gratis

Norwegia

Via masterstudies.com

Tentang biaya pendidikan, pasti setuju kan kalau makin lama makin mahal? Tak hanya di ranah universitas, sekolah PAUD saja sudah lumayan bikin panas biayanya.

Di Norwegia tidak seperti ini. Pemerintah mereka benar-benar menggeratiskan sekolah. Di jenjang apa pun dan bagi siapa pun. Ya, termasuk kita, sangat mungkin untuk menempuh pendidikan di sana dan tanpa biaya.



Sumber:

beritagar.id
daftarnegaraterkaya.web.id
boombastis.com