Blog Image

Blog

5 Tempat di Belanda dengan Pemandangan Bak Lukisan Cantik

April 21, 2019
/
Belanda
5 Tempat di Belanda dengan Pemandangan Bak Lukisan Cantik image

Via unusualplaces.org



Belanda adalah salah satu negara di Eropa yang memiliki ciri khas yang mungkin tidak dimiliki negara manapun di dunia: kincir angin. Namun kincir angin hanyalah salah satu dari banyak hal menarik lainnya yang dapat kita lihat di Belanda. Desa-desa di Belanda yang terkenal karena keindahannya yang seperti lukisan cantik pun dapat kita coba. Berikut beberapa desa-desa berpemandangan cantik tersebut.



1. Volendam

Belanda

Via veltra.com

Tak jauh dari Kota Amsterdam, terdapat kampung nelayan sekaligus wisata yakni Volendam. Volendam adalah nama kota kecil atau kampung yang terletak di munisipalitas Edam-Volendam, provinsi Holland Utara, yang jaraknya hanya 20 km sebelah utara Amsterdam. Karena lokasinya tak jauh dari ibukota Belanda, Volendam merupakan destinasi day-trip favorit.

Memasuki Volendam, panorama perkampungan tradisional terhampar. Puluhan, bahkan ratusan sapi gemuk tersebar di padang rumput. Volendam memang tergabung dengan Edam, desa penghasil keju terbesar di Belanda sekaligus yang paling terkenal di dunia.

Belanda

Via verheesactueel.nl

Namun yang paling membuat Volendam terkenal adalah nuansa kampung nelayan-nya yang khas dan pakaian tradisional Belanda yang masih dikenakan oleh beberapa warganya.

Di pelabuhannya, kita akan dihadapkan pemandangan laut dan banyak kapal serta kapal-kapal nelayan tradisional dengan tiang-tiangnya yang tinggi sedang ditambat. Sementara di tepinya dengan sepanjang jalan-jalan masuknya, berdiri deretan toko, termasuk toko cendera mata khas Volendam, restoran, dan bar, serta rumah-rumah kayu dan batu bata yang mungil dan khas, yang semuanya cantik berwarna-warni.

Belanda

Via geenstijl.nl

Jika ke sini, jangan lewatkan berkunjung ke studio foto yang menawarkan pengunjung berfoto menggunakan pakaian tradisional khas Volendam, lengkap dengan aksesoris dan setting yang 'sangat Belanda'.



2. Edam

Belanda

Via theculturetrip.com

Di Belanda, produksi susu dan keju memang melimpah karena menjadi sumber makanan pokok warga lokal. Tak terkecuali di daerah Edam. Popularitas keju Edam bahkan sudah mendunia.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Edam tergabung dengan Volendam dalam munisipalitas Edam-Volendam. Kampung penghasil keju ini populer di kalangan wisatawan sebagai salah satu tempat indah di Belanda dengan pemandangan dan atmosfer tradisional yang khas. Agak mirip dengan Volendam, Edam akan memanjakan kita dengan pemandangan bernuansa zaman dulu yang terasa tenteram dan memikat hati. Di sepanjang tepian kanalnya, kita akan melihat bangunan-bangunan berdinding batu bata dengan gaya arsitektur tradisional yang berderet merapat, jalan-jalan sempit yang lengang, dan terkadang beberapa bangku taman.

Belanda

Via melbtrave.com

Selain itu, pusat Edam juga memiliki sejumlah bangunan tua seperti Grote Kerk (St. Nicholas Church), Town Hall, Edam Museum, Weigh House, dan juga salah satu yang menjadi daya tarik utama Edam, yaitu Cheese Market. Dan tentu saja, jika ingin mencoba keju asli Edam, kita bisa membelinya di toko-toko keju yang terdapat banyak di desa ini.



3. Marken

Belanda

Via wikimedia.org

Masih di provinsi Holland Utara, Marken juga merupakan desa yang bernuansa tenang dan damai, lengkap dengan rumah-rumah kayu yang cantik. Tepatnya desa ini berada di semenanjung danau Ijsselmeer, di wilayah Waterland dan Zaan. Desa ini terkenal dengan rumah-rumah kayunya yang khas (kebanyakan berwarna hitam dan hijau) serta halaman rumput yang bersih dan terpotong rapi yang tumbuh di tepi kanal yang hijau.

Belanda

Via iamsterdam.com

Marken terletak di daratan yang terpisah dengan daratan utama sehingga seperti pulau yang memiliki area pelabuhan seperti halnya Volendam. Selain melihat area perumahannya yang seperti lukisan cantik, kita juga bisa bersepeda keliling Marken untuk melihat lapangan terbuka dan areal pertanian, serta lebih banyak lagi area pemukiman. Kita bahkan bisa melihat kawanan domba yang sedang merumput, jika memungkinkan. Desa ini juga rumah bagi mercusuar terkenal Paard van Marken, lho!



4. Giethoorn

Belanda

Oleh Jenny Rainbow

Desa Giethoorn terletak di provinsi Overijssel. Lokasinya tak terlalu jauh dari Amsterdam, hanya 1,5 jam perjalanan. Desa ini bebas kendaraan bermotor, bahkan bisa dibilang nyaris tanpa jalan raya.

Belanda

Via unusualplaces.org

Giethoorn terkenal akan desanya yang membuat kita merasa seperti berada di negeri dongeng dengan rumah-rumah cantik, jembatan-jembatan unik. Di desa ini, akses transportasi yang utama adalah kanal sepanjang 4 kilometer. Selain perahu, terdapat satu lagi transportasi lainnya yakni sepeda. Biasanya, para penduduk akan memakai sepeda saat pergi ke beberapa tempat atau sekedar mengunjungi tetangganya.

Karena hal ini, banyak yang menyebut Giethoorn sebagai “Venice of the Netherlands” atau “Venesia dari Belanda”.



5. Kinderdijk

Belanda

Via holland.com

Belanda kerap disebut "negeri kincir angin". Tentu saja karena di negara ini memang identik dengan pemandangan kincir angin yang kerap dilihat di poster atau banner agent travel. Tapi, di mana tepatnya tempat yang menawarkan pemandangan kincir angin berikut padang rumput dengan bunga-bunga liar dan kanal tersebut?

Adalah tempat bernama Kinderdijk, sebuah desa yang terletak lebih rendah dari permukaan laut. Desa ini memiliki sebuah kawasan yang memiliki sekitar 17 kincir angin dan telah berdiri sejak abad ke-18. Pada 1997 Kinderdijk masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Belanda

Via Flickr/arthurvd

Kinderdijk terletak di provinsi Holland Selatan, sekitar 15 km arah timur dari Rotterdam. Desa ini merupakan tempat yang memiliki paling banyak kincir angin di Belanda. Total terdapat 19 kincir angin di sini, yang dibangun pada sekitar tahun 1740 untuk memompa dan membuang air sungai yang meluap sehingga daratan tetap kering.

Berbeda dengan Zaanse Schans yang telah berkembang menjadi objek wisata dengan banyak daya tarik, area kincir angin di Kinderdijk terlihat tetap otentik. Terbukti dengan tidak adanya bangunan lain di sekitarnya sehingga hanya tampak sebagai areal terbuka yang luas dengan sederetan kincir angin. Pada musim dingin saat air sungai di dekatnya membeku, Kinderdijk bisa mejadi tempat berseluncur atau bermain salju yang indah di antara alam terbuka yang luas dan kincir angin tradisional khas Belanda.



Sumber:

explorerguidebook.blogspot.com
travel.detik.com
adventuretravel.co.id
travel.kompas.com