Blog Image

Blog

Ketahui Perbedaan Belanda dan Kerajaan Belanda!

April 15, 2019
/
Belanda
Ketahui Perbedaan Belanda dan Kerajaan Belanda! image

Via mivijae.com



Tak banyak yang tahu bahwa Belanda adalah salah satu negara yang jadi bagian dari Kerajaan Belanda. Kerajaan Belanda sendiri adalah negara kerajaan konstitusional dengan wilayah di Eropa Barat dan Karibia.

Kerajaan Belanda

Bagian Karibia dari Kerajaan Belanda terdiri dari pulau-pulau Aruba, Curaçao, St Maarten, Bonaire, Saba dan St Eustatius – via netherlandsandyou.nl

Jika dilihat dari gambar tersebut, maka Kerajaan Belanda terdiri dari negara Belanda dan enam pulau lainnya di Laut Karibia. Nama resmi negara Belanda sendiri adalah Nederland yang berarti 'negara yang berada di tanah rendah', karena sebagian besar tanahnya berada atau di bawah ketinggian permukaan air.

Banyak hal lainnya yang mungkin belum kamu ketahui tentang negeri kincir angin ini. Mempelajari budaya dan masyarakat Belanda akan membantu kita mengenal negara dan penduduknya.



Holland

Provinsi di Belanda

Via vexels.com

Meskipun Holland biasanya digunakan untuk membicarakan tentang Belanda, namun ‘Holland’ sebenarnya hanya merupakan bagian dari negeri Belanda. Saat orang Belanda membicarakan Holland, yang mereka maksud adalah provinsi Holland Utara (North Holland) dan Selatan (South Holland). Sedangkan Belanda mencakup 10 provinsi lainnya. Lebih dari 17 juta penduduk tinggal di provinsi tersebut!



Masyarakat

Belanda

Via constantcontact.com

“Dunia di luar adalah sebuah tempat yang besar”, ujar warga Belanda yang menyadari betapa kecilnya negara mereka. Walaupun luasnya relatif kecil, Belanda memiliki tradisi yang kaya dan toleran terhadap aneka budaya dan agama.

Selama beberapa dekade, ikatan sejarah negara ini dengan bagian-bagian lainnya di dunia telah membawa banyak warga asing yang menetap di Belanda membawa beberapa ide dan budaya mereka sendiri. Ini membuat Belanda secara umum menjadi bangsa yang berpikiran terbuka dan toleran. Masyarakat Belanda kini menjadi rumah bagi lebih dari 190 bangsa yang berbeda.

Belanda

Oleh Andrei Bortnikau

Walaupun Belanda menjadi bahasa nasional, sebagian besar orang juga berbicara bahasa Inggris dan seringkali bahasa asing lainnya seperti Jerman atau Prancis.

Karakteristik lain dari orang Belanda adalah keterbukaan dan perilaku lugasnya. Kita dapat berbicara apa adanya, orang Belanda tidak mudah tersinggung.



Kuliner

Belanda

Via fullsuitcase.com

Sama terkenalnya karena keju kerasnya dan budaya café, Belanda menyediakan deretan bar, restoran serta pasar untuk memanjakan lidah. Masyarakat Belanda yang majemuk ini dengan sendirinya menawarkan banyak sekali tempat bersantap yang beraneka ragam. Jadi, apabila makanan Belanda bukanlah kesukaan kita, kita tetap bisa menemukan beragam jenis makanan lain yang tersedia dari seluruh penjuru dunia.



Perekonomian

Belanda

Via iamexpat.nl

Perekonomian Belanda sedang bergerak dari yang berbasis pada produksi menuju perekonomian yang bertumpu pada industri jasa. Negara ini merupakan salah satu pengekspor hasil pertanian terbesar di dunia, tetapi juga memiliki industri kreatif yang kuat.



Sumber:

nesoindonesia.or.id
hotcourses.co.id
holland.com
wikipedia.org