Blog Image

Blog

5 Destinasi Wajib di Finlandia: Rumah Santa Claus hingga Aurora Borealis

May 26, 2019
/
Finlandia
5 Destinasi Wajib di Finlandia: Rumah Santa Claus hingga Aurora Borealis image

Via snowmanworld.fi



Tahukah kamu bahwa Santa Claus secara resmi berkampung halaman di Finlandia? Di Lapland, Finlandia, kita bisa bertemu dengan Santa dan rusa yang, percaya atau tidak, mirip seperti dalam dongeng. Ingin tahu di mana tepatnya kita bisa bertemu mereka? Berikut kota yang menjadi kampung Santa Claus dan 4 kota lainnya yang jadi destinasi wajib di Finlandia.



1. Rovaniemi

Finlandia

Via YouTube/Europe Video Productions

Tidak diketahuinya lokasi tempat tinggal Santa Claus secara pasti, menyebabkan Santa Claus mendirikan kantor pada tahun 1985 di Rovaniemi, ibukota Provinsi Lapland. Namun demikian, status Rovaniemi sebagai Kampung Santa Claus diterima secara resmi pada tahun 2010. Rovaniemi juga dikenal dengan sebutan 'Kota Es' karena musim dinginnya yang panjang dan sangat dingin.

Kota Rovaniemi menawarkan bermacam kegiatan menarik khas Finlandia kepada para pengunjung yang datang ke sana, seperti mengunjungi Kampung Santa Claus, berburu Aurora Borealis, tur melihat matahari tengah malam, naik kereta luncur rusa atau husky, bermain ski, dan banyak lagi. Beragamnya kegiatan yang ditawarkan menjadikan Kota Rovaniemi sebagai salah satu daya tarik tujuan wisata di Finlandia.



2. Helsinki

Finlandia

Via Flickr/IceNineJon

Helsinki adalah ibukota Finlandia. Di sini, kita bisa mengunjungi berbagai tempat wisata seperti Museum Nasional; Museum Kota; Galeri Seni Finlandia yang memiliki tiga teater dan mengadakan berbagai pameran seni.

Kota pelabuhan ini dibangun pada tahun 1812 dengan memiliki visi arsitektur neoklasik yang bersalut emas putih dan mengkilap yang keluar dari tepian Laut Baltik. Di pusatnya kita akan menemukan Katedral Helsinki yang merupakan salah satu bangunan paling menonjol di kota ini dan Uspenski yang cantik menambah pesona dunia lama yang dipengaruhi oleh Rusia.

Saat terbaik untuk mengunjungi Helsinki adalah di saat musim panas, di mana cuaca sangat bersahabat, pemandangan alam sangat indah dengan warna-warni alami, dan banyak acara menarik yang diadakan untuk menyambut musim panas.



3. Espoo

Finlandia

Via jaumeplensa.com

Espoo adalah salah satu kota besar Finlandia dan berada di dekat Helsinki. Kota ini sangat maju budayanya, dan memiliki banyak musem-musem terkenal, seperti EMMA atau Espoo Museum ofs Modern Art yang merupakan museum terbesar di Finlandia. Taman Nasional Nuuksio merupakan tempat yang berkesan bagi menyukai alam.

Bagi penyuka pantai dan aktivitas alam terbuka, Espoo adalah surganya. Terdapat 11 pantai laut dan 10 pantai danau. Di sekelilingnya terdapat 165 pulau yang bisa dijelajahi.

Kota ini tidak hanya terkenal indah dan menyenangkan, tetapi juga merupakan kota dengan kesadaran masyarakat paling tinggi di Eropa. Tidak heran jika kota ini sangat bersih dan alamnya sangat terawat.



4. Turku

Finlandia

Via erasmusu.com

Turku adalah kota lain yang berada di sepanjang pesisir selatan Finlandia dan tetap menjadi salah satu pemukiman tertua. Di sini kamu akan menemukan Kastil Turku abad ke-13, di tepi sungai Aura dan distrik Luostarinmaki, yang jalan-jalannya terbuat dari batu dan rumah-rumah kayu berabad-abad yang lalu.

Singgahlah di Museum Kerajinan Tangan Luostarinmaki untuk melihat para pengrajin membuat barang mulai dari tembikar hingga sepatu dan pelana hanya dengan menggunakan metode tradisional.



5. Jyväskylä

Finlandia

Via aasarchitecture.com

Jyväskylä adalah kota pelajar di Finlandia yang dibangun oleh Tsar Nicholas I pada tahun 1837. Kota ini juga memegang peranan yang besar dalam hal transportasi, kepemerintahan dan industri, terutama untuk usaha kayu dan besi. Yang khas adalah kota ini dipenuhi oleh banyak rumah-rumah kayu dan rumah-rumah batu yang berdiri berdampingan.

Universitas Jyväskylä didirikan di kota ini pada tahun 1934. Kota ini sangat sayang untuk dilewatkan jika kamu adalah pecinta arsitektur. Banyak hasil karya arsitek ternama dapat ditemukan di kota ini, beberapa contohnya adalah Municipal Theater, kantor-kantor polisi, kantor-kantor pemerintah, gereja ortodoks dan neo-klasik, serta masih banyak lainnya. Pameran seni internasional juga diadakan di kota ini setiap bulan Juni.



Sumber:

hotcourses.co.id
idntimes.com
kumparan.com