Blog Image

Blog

7 Kota yang Tak Boleh Kamu Lewatkan ketika ke Spanyol

May 8, 2019
/
Spanyol
7 Kota yang Tak Boleh Kamu Lewatkan ketika ke Spanyol image

Via thesefootballtimes.co



Sejarah Islam dan seni telah banyak mempengaruhi pemandangan kota-kota di Spanyol. Bangunan-bangunan peninggalan kerajaan Islam serta arsitektur karya Antoni Gaudi berpadu menciptakan pemandangan Spanyol.



1. Madrid

Spanyol

Via blog.headout.com

Bagi para penggemar sepak bola tentu tidak asing dengan kota Madrid, tempat klub terkenal Real Madrid bermarkas. Selain Real Madrid, ada juga Atletico Madrid yang bermarkas di kota ini.

Madrid sendiri merupakan ibukota negara Spanyol yang terletak di Sungai Manzanares, di bagian tengah negara Spanyol. Madrid juga merupakan kota terbesar di Spanyol. Dengan luasnya ini, kita bisa menemukan banyak tempat yang dapat dijadikan objek wisata, misalnya saja Museum Prado, yang merupakan salah satu galeri seni terbesar di dunia.

Ada juga Plaza Mayor yang akan menyenangkan dikunjungi saat malam hari ketika diterangi lampu-lampu, atau jika sedang diselenggarakan, kita bisa menonton pertandingan sepak bola di Estadio Santiago Bernabeu, yang merupakan markas Real Madrid.



2. Barcelona

Spanyol

Via exceptionalstays.com

Barcelona adalah kota terbesar kedua di Spanyol. Kota ini menjadi kawasan pariwisata terbesar di Spanyol setelah kota Madrid. Berbeda dari kota Madrid yang menyuguhkan pemandangan kota tua dan klasiknya, kita bisa mendapatkan pemandangan alam yang indah di Barcelona. Kota ini terletak di kawasan pantai Mediterania, menjadi kota pelabuhan yang cukup ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun mancanegara. Banyak wisawatan yang berkunjung ke kota Barcelona untuk menikmati keindahan pantainya.

Selain itu, kota ini juga diwarnai oleh karya-karya seni arsitektur Antoni Gaudi. Sebut saja Sagrada Familia. Gereja unik di tengah Kota Barcelona ini menjadi magnet bagi jutaan turis setiap tahunnya. Gereja yang dibangun sejak tahun 1882 ini merupakan karya Gaudi yang paling fenomenal. Selama 136 tahun berikutnya, konstruksi Sagrada Familia masih berlanjut, meski sang arsitek telah meninggal dunia pada 1926.



3. Sevilla

Spanyol

Via croisieurope.travel

Kota yang merupakan ibu kota Andalusia ini mendapat kehormatan menjadi kota yang wajib dikunjungi tahun 2017 versi Lonely Planet. Tidak tanggung-tanggung, Sevilla mendapat peringkat pertama di situs jalan-jalan legendaris tersebut.

Bagi yang menyukai serial film Game of Thrones, Sevilla harus menjadi salah satu kota yang masuk dalam bucket list kamu ketika berkunjung ke Spanyol. Hal ini karena Sevilla menjadi lokasi syuting di GOT musim kelima dan musim ketujuh.

Pada serial legendaris tersebut, Sevilla tampil lewat The Alcazar Palace and Gardensnya. Dengan keindahan bangunan dan tamannya, Sevilla memukau penonton sebagai istana milik House Martell of Sunspear di Dorne yang dinamai Water Gardens.

Istana megah yang memakan waktu pembangunan selama 100 tahun ini bergaya Mudejar. Mudejar adalah gaya arsiktektur yang merupakan perpaduan arab dengan gothic.



4. Bilbao

Spanyol

Via dosde.com

Bilbao menawarkan situasi wisata yang cukup berbeda. Wisata arsitektur menjadi daya tarik utama, dengan kombinasi antara arsitektur klasik dan kontemporer. Selain itu makanan tradisional Basque yang cukup unik tentu menggugah selera wisatawan yang berkunjung. Tak lupa wisata religi yang bisa menjadi alternatif untuk berkunjung ke wilayah ini.

Destinasi wisata wajib ke Bilbao adalah Guggenheim Bilbao Museo, yaitu sebuah museum dengan arsitektur kontemporer karya Frank Gehry. Lokasinya di tepi sungai Nervion, museum ini sekaligus menjadi ikon utama kota Bilbao saat ini.



5. Valencia

Spanyol

Via bookmundi.com

Lama berada di bawah bayang-bayang Madrid dan Barcelona yang memang lebih trendi dan populer, Valencia terus berbenah dan bersolek, dan kini telah menjelma sebagai kota tujuan wisata yang tak kalah memesona. Kota kelahiran paella, ‘nasi goreng’ tradisional Spanyol, ini adalah rumah dari banyak benda seni bersejarah dari berabad-abad lalu, serta bangunan-bangunan berarsitektur modern dan fantastis.



6. Granada

Spanyol

Via spain-internship.com

Granada merupakan sebuah kota yang terletak di Spanyol bagian selatan dan berada dalam kawasan otonomi Andalusia. Secara geografis, Granada terletak di kaki gunung Sierra Nevada, gunung tertinggi di Spanyol dan berada pada muara dari tiga sungai, yaitu Beiro, Darro, dan Genil.

Granada juga memiliki tempat ski terkenal di Spanyol, yaitu Sierra Nevada Ski Station. Tempat ski yang pernah menjadi lokasi Kejuaraan Ski Dunia Alpine pada 1996 itu memiliki jalur sepanjang 105 kilometer.

Menariknya, Granada juga hiasi berbagai bangunan klasik khas kerajaan. Hal ini karena dahulunya Granada merupakan kawasan kerajaan Muslim terlama di Spanyol.



7. Kordoba

Spanyol

Via trover.com

Kota sejarah peradaban Islam lainnya di Andalusia adalah Kordoba, didirikan sejak zaman kuno, tetapi lebih dikenal sebagai ibukota kekhalifahan Kordoba yang terkenal. Sekitar abad 10, Kordoba adalah salah satu pusat kebudayaan dan ekonomi dunia, dan mungkin kota terpadat di Eropa Barat.

Meskipun demikian, arsitektur peninggalan umat Islam terus menarik wisatawan untuk berkunjung ke Spanyol. Baru-baru ini, Kordoba dinyatakan oleh UNESCO sebagai salah satu kandidat untuk pusat kebudayaan Eropa pada tahun 2016. Tidak seperti Granada, Kordoba terasa lebih Spanyol, nuansa Islam di sana tidak begitu kental.

Di antara beberapa bangunan peninggalan Islam di Spanyol, yang paling menyentuh adalah Masjid Agung Kordoba (Grand Mosque), yang dibangun pada abad ke-8 oleh Emir Abdul Rahman. Saat ini, Masjid Agung Kordoba menjadi daya darik utama di kota tersebut, mengingatkan kamu akan kejayaan Islam pada masa lalu.



Sumber:

consorciobertiz.org
properti.kompas.com
kumparan.com
travel.detik.com
femina.co.id
his-travel.co.id