Blog Image

Blog

8 Fakta Menyenangkan tentang Finladia yang Bikin Ngiri!

May 24, 2019
/
Finlandia
8 Fakta Menyenangkan tentang Finladia yang Bikin Ngiri! image

Via theculturetrip.com



Siapa tak kenal Angry Birds atau Nokia. Keduanya ditemukan dan dikembangkan oleh perusahaan asal Finlandia, yang merupakan salah satu negara Skandinavia.

Finlandia ini juga ternyata dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik dunia, dan bahkan salah satu negara yang sering dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia.

Tidak heran memang jika melihat kehidupan keseharian rakyat Finlandia ini, mereka semperti dipenuhi hari-hari membahagiakan. Kehidupan mereka dipenuhi dengan kenyamanan. Berikut fakta-fakta yang dapat membuktikannya.



1. Setiap ibu baru akan diberi hadiah kotak bayi bernama Kela Box

Finlandia

Via realmomster.com

Menurut rating dari Save the Children, Finlandia adalah negara terbaik untuk ibu dan anak. Karena setiap calon ibu akan diberi hadiah bernama Kela Box. Isinya perlengkapan bayi mulai dari baju, handuk, mainan, sikat gigi, buku cerita, popok kain, dan lain sebagainya.

Kela Box itu bukan sekadar jadi wadah barang, tapi juga dipakai sebagai tempat tidur pertama bayi-bayi Finlandia. Menurut dokter di sana, bayi yang baru lahir menyukai tempat yang kecil dan sempit, seperti di dalam kandungan ibunya.



2. Anak-anak pulang-pergi ke sekolah diantar taksi gratis

Menurut peraturan di Finlandia, jika jarak sekolah dari rumah lebih dari 5 kilometer, anak-anak akan diberi tumpangan taksi tanpa bayar alias gratis.



3. Budaya antre yang tidak sampai berjejal-jejal

Finlandia

Via resetera.com

Di Finlandia, tidak ada budaya antre berjejal-jejal di supermarket atau di halte bus. Orang Finlandia tidak suka berada terlalu dekat satu sama lain saat mengantre. Orang asing tidak boleh lebih dekat dari jangkauan lengan. Ruang pribadi merupakan hal yang dihormati setiap orang di Finlandia.



4. Tempat parkir dilengkapi mesin pemanas khusus

Finlandia

Via alamy.com/RJH_IMAGES

Karena berada dekat dekat kutub, Finlandia hampir selalu diselimuti salju. Karena itulah tempat parkir di sana dilengkapi mesin pemanas khusus yang akan bekerja dalam waktu tertentu.



5. Resep dokter bisa dilihat di sistem elektronik yang terpasang di semua apotek

Ketika dokter meresepkan obat kepada pasien, maka tulisannya akan muncul di sistem elektronik yang terpasang di apotek-apotek di seluruh negeri. Jadi pasien bisa menebus obat tanpa perlu membawa-bawa lembaran resep dari dokter.



6. Bahkan kota kecil pun menyediakan segala kebutuhan yang diperlukan

Finlandia

Via edunation.co

Setiap kota di Finlandia, bahkan jika populasinya hanya ada beberapa ribu jiwa, memiliki pusat olahraga, kolam renang, dan, tentu saja, sauna. Sekolah di kota kecil sama bagusnya dengan yang ada di ibu kota.



7. Masyarakat Finlandia sangat peduli dengan lingkungannya

Finlandia

Via liveinternet.ru

Sarang burung ini dalam foto ini tidak dipaku pada pohon, tapi cukup diikat menggunakan kawat. Orang Finlandia mencintai alam dan selalu menjaganya. Kawasan hijau berdiri berdampingan dengan daerah pemukiman. Kita bisa melihat tupai, kelinci, dan landak hidup di tengah kota.



8. Jalan-jalan di Finlandia terawat dan sangat mulus

Finlandia

Via wikimedia.org

Jalan-jalan di Finlandia dibangun dengan baik. Jalan raya dibangun dengan lapisan batu granit setinggi 2 meter dan aspal tahan beku setebal 3-4 lapisan. Setiap 1 km jalan raya, pemerintah menghabiskan 500.000 - 1.000.000 Euro. Tapi baru diperbaiki lagi setelah 10-12 tahun.

Hampir setiap jalan di Finlandia dipasang Webcam, yang memungkinkan petugas untuk mengetahui jalan-jalan yang tertutup salju dan segera membersihkannya jika diperlukan.



Sumber: dream.co.id