Blog Image

Blog

Fakta Yunani, Negara Tempatnya Para Dewa

May 14, 2019
/
Yunani
Fakta Yunani, Negara Tempatnya Para Dewa image

Via trip2athens.com



Mitologi Yunani mengenai para dewa dan dewi sangat populer hingga mancanegara. Bahkan kisah-kisahnya pun diangkat menjadi tema di banyak film Hollywood. Tak heran, mitologi Yunani memang menarik. Negara ini sendiri mempunyai banyak daya tarik yang membuatnya dikunjungi banyak turis setiap tahunnya.

Berikut beberapa fakta tentang Yunani yang dapat menambah wawasanmu tentang rumah para dewa ini.



1. Negara asal kata 'Demokrasi'

Yunani

Via Depositpohotos/kaetana

Yunani disebut-sebut sebagai negara yang pertama kali menerapkan demokrasi, yaitu bentuk pemerintahan yang sekarang diterapkan di berbagai negara seperti Indonesia. Kata demokrasi itu sendiri berasal dari dua kata di dalam bahasa Yunani yaitu demos dan kratos. Demos yang berarti rakyat dan kratos yang bermakna pemerintahan. Bisa kita tarik kesimpulan kalau demokrasi berarti pemerintahan rakyat.



2. Salah satu negara paling cerah di dunia

Yunani

Via greece-is.com

Tahukah kamu bahwa tanah Yunani terpapar sinar matahari setidaknya 250 hari per tahun? Jika dihitung-hitung, angka tersebut sama dengan lebih dari 3000 jam paparan setiap tahunnya. Beberapa pulau di negara ini bahkan mendapatkan sinar matahari sekitar 300 hari per tahunnya!



3. Sekitar 40% dari penduduk Yunani tinggal di Athena

Yunani

Via Getty Images/Starcevic

Wisatawan yang datang ke Yunani biasanya menargetkan pulau-pulau cantiknya. Sementara itu, penduduk Yunani sendiri sebenarnya lebih memilih tinggal di Athena atau di Thessaloniki. Sekitar 40% dari total penduduk yang ada tinggal di kota Athena. Namun beberapa di antara mereka ada juga yang bekerja di daerah pulau-pulau selama musim panas.



4. Pulau Ikaria di Yunani adalah salah satu ‘Zona Biru’ dunia

Yunani

Via YouTube/Alex Safos

Zona Biru, demikian sebutan untuk kota yang memiliki penduduk sehat dan berumur panjang. Nama Zona Biru diambil dari lingkaran biru yang digambar para peneliti untuk mengidentifikasi tempat pertama dengan harapan hidup yang panjang. Ada lima tempat di dunia yang dianggap sebagai Zona Biru, salah satunya adalah Pulau Ikaria.

Rasa bangga sebagai warga pulau membuat warga Ikaria amat terikat dengan komunitas mereka. Hal itu menjadi rahasia panjang umur warga Ikaria. Selain itu, mereka juga menjalani diet khas Mediterania yang mengandalkan asupan makanan dari sayur, buah, kacang-kacangan, gandum utuh, kentang dan minyak zaitun. Kombinasi kedua hal itu membuat 1 dari 3 warga Ikaria hidup hingga 90 tahun. Sebagian besar dari mereka bahkan terbebas dari demensia dan penyakit kronis.



5. Jumlah turis di Yunani akan lebih banyak dari penduduknya ketika musim panas

Yunani

Via thesun.co.uk

Yunani tercatat dihuni oleh kurang lebih dari 10 juta warga yang diakui sebagai warga negara aslinya. Tetapi, Yunani dapat manyedot lebih 16,5 juta pengunjung setiap tahunnya. Hal tersebut tentu menjadi penghasilan andalan bagi negara ini sendiri. Karena penghasilan negara ini disokong sekitar 16% dari bidang pariwisatanya.



6. Athena adalah salah satu kota tertua di Eropa

Yunani

Oleh Mikhail Laptev

Ibu kota Yunani, Athena, merupakan salah satu kota tertua di benua Eropa. Dengan kurang lebih selama 7.000 tahun sudah Yunani berpenduduk, menjadikan Yunani menjadi tempat lahirnya demokrasi, ilmu politik, olimpiade, prinsip matematika utama, komedi, filsafat barat, dan teori barat tentang tragedi.



Sumber:

swedishnomad.com
yukepo.com
merdeka.com
merahputih.com