Blog Image

Blog

10 Tempat Populer di Italia untuk Wisata Lengkap

June 14, 2019
/
Italia , Objek Wisata
10 Tempat Populer di Italia untuk Wisata Lengkap image

Via lakecomotravel.com



Italia adalah salah satu destinasi terpopuler di Eropa. Betapa tidak, di sini kita bisa mencoba beragam jenis wisata, dari wisata kulinernya yang mendunia, yakni piza, hingga wisata untuk bulan madu di kota romantis Venesia. Maka jika keliling Italia, kita akan mendapatkan wisata yang terbilang lengkap.

Berikut 10 tempat populer di Italia yang jadi rekomendasi untukmu yang ingin wisata lengkap tersebut.



1. Venesia

Venice

Via usatoday.com

Siapa tak kenal Venesia. Indiana Jones, Inferno, dan The Tourist hanyalah sedikit dari banyaknya film terkenal yang telah melakukan pengambilan gambar di kota ini.

Dikenal sebagai salah satu destinasi populer Eropa, kota di Italia yang ikonik dengan gondola dan sarana transportasi air itu mampu menghipnotis turis dalam dan luar negeri untuk menikmati suasana romantis sembari berpetualang. Tak heran banyak sutradara yang tertarik mengambil gambar di kota ini.

Venesia dibangun diatas air dan mempunyai ratusan kanal yang berliku. Hal ini membuat Venesia sering disebut Kota Air atau Kota Apung.

Arsitektur bangunan yang ada di Venesia sangat unik dan mempunyai warna khasnya tersendiri. Bangunan dengan nuansa lama menjadi ciri khas tersendiri bagi kota ini, sehingga di mana pun kita mengambil foto maka akan terlihat artistik dan indah seperti di dalam lukisan. Keindahannya menjadikan Venesia salah satu kota paling romantis di dunia. Kota Venesia berikut danau tepi lautnya ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO.



2. Firenze

Florence

Via througheternity.com

Firenze, atau yang lebih dikenal Florence, menurut sejarahnya merupakan tempat lahir Renaisans, dan dijadikan pusat budaya pada abad ke-14-16. Terbukti banyak seniman dan sastrawan berasal dari daerah ini dengan menggunakan dialek Tuscan yang di masa kini berkembang menjadi bahasa Italia modern.

Kota kecil di Italia bagian tengah ini memiliki ratusan karya seni, galeri, istana, monumen, museum, dan gereja hasil karya seniman ternama dunia seperti Michelangelo dan Filippo Bruneleschi. Salah satu yang paling menakjubkan adalah Duomo, ikon kota Florence yang selalu dibanjiri turis dari pagi hingga petang.



3. Roma

Roma

Via exclusives.webjet.com.au

Roma adalah ibu kota Italia. Kota ini berturut-turut menjadi ibu kota Kerajaan Romawi, Republik Romawi, dan Kekaisaran Romawi, serta dipandang sebagai salah satu tempat kelahiran peradaban Barat dan dipandang sebagai metropolis pertama oleh beberapa kalangan.

Roma masa kini merupakan salah satu tujuan wisata terpenting di dunia, berkat harta kekayaan arkeologis dan artistik kota ini yang sangat banyak, serta pesona tradisinya yang unik, keindahan pemandangan panoramiknya, dan kesemarakan berbagai "villa" (taman) yang megah di kota ini.

Pusat bersejarahnya dicantumkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Bebagai monumen dan museum termasuk di antara tujuan-tujuan wisata dunia yang paling banyak dikunjungi; sebagai contoh misalnya Museum Vatikan dan Koloseum, keduanya menerima kunjungan jutaan wisatawan sepanjang tahunnya.



4. Milan

Milan

Via tripsavvy.com

Kalau Prancis punya Paris, Italia punya Milan. Terkenal sebagai salah satu kota adibusana dunia, Milan berada di bagian utara Italia. Dalam bahasa Italia kota ini disebut Milano, sebuah kota indah yang layak untuk dikunjungi. Di sini lahir perusahaan-perusahaan branding yang terkenal di dunia seperti Giorgio Armani, Prada, Dolce and Gabbana, Bugatti, dan lainnya. Milan terkenal akan bangunan serta arsitektur khas Eropa yang sangat mengagumkan mulai dari gereja, museum, teater, universitas, dan stadion.



5. Pesisir Amalfi

Amalfi Coast

Via Flickr/d90fz8

Sudahkah kamu menonton film Wonder Woman yang diliris 2017 lalu? Jika kamu perhatikan, Putri Diana atau sang Wonder Woman bersama kaumnya tinggal di tempat bernama Themyscira. Nah, ternyata pengambilan gambar tempat ini salah satunya dilakukan di Italia.

Adalah sebuah pesisir di Italia yang bernama Amalfi Coast, tempat yang disulap menjadi kampung halaman Wonder Woman. Bahkan lokasi ini sering menjadi destinasi wisata bagi para pelancong.

Amalfi Coast berada dalam Provinsi Salerno yang notabene memiliki garis pantai cukup panjang. Perairannya pun berwarna biru sejernih kaca. Beberapa berada di teluk dan dikelilingi oleh bukit batu yang didominasi warna hijau dari tanaman liar. Sedangkan di pantai-pantai berpasir putih, kursi berjemur sekaligus payungnya telah tertata dengan rapi.

Pesisir Amalfi memiliki sederet pelabuhan yang aktif. Karenanya untuk menuju ke Kota Amalfi dapat diakses dengan menggunakan kapal. Namun yang paling menakjubkan adalah panorama pelabuhan ketika matahari terbit maupun tenggelam, ditambah dengan kapal-kapal yang telah menaruh sauh. Serta jingga yang memantul dari permukaan laut.



6. Pompeii

Pompeii

Via Shutterstock/ludovicabastianini

Pompeii adalah sebuah kota zaman Romawi kuno yang telah menjadi puing dekat kota Napoli dan sekarang berada di wilayah Campania, Italia. Pompeii hancur oleh letusan gunung Vesuvius pada 79 M. Debu letusan gunung Vesuvius menimbun kota Pompeii dengan segala isinya sedalam beberapa kaki.

Setelah 1.669 tahun, kota hilang itu ditemukan kembali dan digali dari kedalaman perut bumi. Di dalamnya, berserak jasad-jasad manusia yang tertimbun reruntuhan bangunan terawetkan oleh gelombang panas piroklastik.

Ekskavasi serius atas Pompeii dimulai tahun 1748 untuk memunculkan kembali kota “hantu” itu ke peradaban manusia. Semenjak itu penggalian kembali kota ini memberikan pemandangan yang luar biasa terinci mengenai kehidupan sebuah kota di puncak kejayaan Kekaisaran Romawi. Pompeii kemudian ditetapkan UNESCO menjadi salah satu situs warisan dunia karena nilai historisnya.



7. Cinque Terre

Cinque Terre

Via weinerelementary.org

Cinque Terre adalah wilayah pesisir berbukit-bukit di Riviera Italia yang merupakan bagian dari wilayah Liguria. Cinque Terre artinya ‘lima daratan’, mengacu pada 5 desa yang berada di wilayah ini, yaitu Monterosso al Mare, Vernazza, Corniglia, Manarola, dan Riomaggiore. Tak sulit menemukan daerah ini, karena akan langsung terlihat dari tampilan rumah penduduknya yang berwarna-warni.

Rumah-rumah yang berada di Cinque Terre terletak berundak-undak mengikuti kontur tanahnya. Letaknya yang berada di atas tebing juga menambah keindahan dari Cinque Terre, karena sangat kontras dengan laut yang berada di sebelahnya.

Wilayah pesisir Cinque Terre, lima desa di dalamnya, dan wilayah perbukitan di sekelilingnya merupakan bagian dari Taman Nasional Cinque Terre dan juga dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Lima desa ini saling terhubung oleh jalan, kereta dan kapal. Cinque Terre merupakan tujuan wisata yang populer.



8. Sisilia

Sicily

Via tofino.com

Sisilia adalah sebuah pulau di selatan italia yang terletak di Laut Tengah dan dikenal sebagai daerah asal kelompok mafia di Italia yang akhirnya berkembang dan menjangkau hingga daratan Eropa lainnya, bahkan hingga Amerika Serikat. Walau terkesan negatif, namun tak dapat dipungkiri bahwa Sisilia menjadi salah satu tujuan wisata menarik di Italia.

Pulau ini mudah untuk diakses melalui penerbangan sekitar satu jam perjalanan dari Bandara Leonardo da Vinci di Roma menuju Bandara Punta Raisi di Palermo, ibu kota Sisilia. Walau berada di negeri Italia dengan budaya Romawinya, namun Pulau Sisilia memiliki unsur Yunani yang kental, hal ini terlihat dari arsitektur dan desain tempat-tempat wisata yang ada di sini.



9. Napoli

Napoli

Via Reuters

Piza dengan ribuan varian dikenal di berbagai negara termasuk Indonesia. Kita sudah tahu bahwa piza berasal dari Italia, tapi dari daerah manakah itu?

Adonan tipis berbentuk bundar diberi aneka topping dikenal pertama kali oleh orang Napoli. Pada abad ke 16, piza pertama kali dibuat di kota Napoli, wilayah Italia Selatan. Pada waktu itu piza merupakan makanan para warga miskin, umumnya dijual di jalanan atau pasar dengan resep sederhana.

Awalnya piza hanya dilapisi saus putih, yang kemudian dimodifikasi dengan minyak, keju, tomat, atau ikan. Sejak tahun 1843, piza semakin digemari banyak orang Italia. Puncaknya di tahun 1889, ketika Raffaele Esposito seorang chef asal Italia menciptakan Piza Margherita. Piza dengan olesan saus tomat, keju mozzarella, dan daun basil cincang. Dibuat untuk menghormati Ratu Italia, Margherita.

Tertarik mencoba rasa piza autentik langsung dari daerah asalnya? Berkunjunglah ke Napoli!



10. Danau Como

Lake Como

Via cntraveler.com

Danau Como berada di Lombardy, daerah utara Italia yang berbatasan di antara Lembah Po dan Alpen. Daerah Lombardy juga merupakan perbatasan Italia dengan Swiss. Air di Danau Como cenderung tenang dan yang paling istimewa danau ini dikelilingi pemandangan luar biasa. Dari Danau Como dapat terlihat barisan Pegunungan Alpen yang megah. Saking indahnya, Danau Como bahkan telah menjadi tempat pelesiran sejak zaman Romawi Kuno.



Sumber:

wikipedia.org
travelingyuk.com
kumparan.com
panorama-magz.com
food.detik.com
travel.kompas.com
wanita.me
lifestyle.okezone.com
yukepo.com