Blog Image

Blog

5 Kuliner Ikonik Italia dan Rekomendasi Tempat untuk Mencobanya

June 17, 2019
/
Italia , Kuliner
5 Kuliner Ikonik Italia dan Rekomendasi Tempat untuk Mencobanya image

Via winedharma.com



Banyak dari kuliner Italia yang disukai banyak orang dan mendunia. Namun, dari beberapa di antaranya sangat ikonik hingga ketika terbesit di benak kita, akan otomatis muncul nama Italia. Apa saja kuliner tersebut? Berikut daftarnya.



1. Pizza

Kuliner Italia

Via tpi.it

Beberapa sumber mengatakan makanan serupa pizza pertama kali ditemukan oleh bangsa Persia yang menyajikan roti pipih dengan topping keju serta kurma. Sajian ini kemudian diadopsi oleh bangsa Neapolitan yang mengganti toppingnya menggunakan buah tomat pada abad ke-16. Inilah asal-usul dari pizza yang kita kenal sekarang.

Warga di kawasan miskin dari daerah sekitar Napoli terbiasa membuat pizza dengan tomat. Zaman dulu, Napoli masih masuk ke Kerajaan Romawi, sehingga bisa dibilang pizza juga berasal dari Romawi. Meski begitu, pizza kemudian menjadi makanan rakyat yang populer di Italia dan saat ini, Napoli sering disebut sebagai ibu kota pizza.

Untuk menjajal pizza khas Napoli ini, kita bisa mengunjungi L’Antica Pizzeria da Michele, restoran pizza atau pizzeria yang berlokasi di ibu kota pizza, Napoli. Pizzeria ini punya nilai historis karena didirikan tahun 1870 oleh Salvatore Condurroin. Hingga kini, keluarga Condurroin masih memegang bisnis restoran ini. Pengunjung dapat menikmati racikan pizza sederhana nan autentik seperti pizza marinara dan Margherita di pizzeria ini. Tak hanya itu, L’Antica Pizzeria da Michele ini juga terkenal karena pernah menjadi lokasi pengambilan gambar Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Roberts, lho!



2. Pasta

Kuliner Italia

Via emotionrit.it

Sama seperti pizza, pasta punya sejarah yang belum pasti. Kebanyakan percaya bahwa awalnya adalah Marco Polo yang memperkenalkan mi sepulang perjalanannya dari Cina, dan di sinilah asal-usul spaghetti berbentuk mi yang terkenal itu. Namun banyak juga sejarawan yang tak percaya ceritanya sesederhana itu.

Banyak sumber mengatakan makanan serupa pasta sudah ada jauh sebelum adanya Marco Polo. Pasta yang terbuat dari lembaran adonan mi kering sudah ada sejak abad ke-5. Orang-orang Arab tampaknya orang pertama yang makan pasta. Ketika orang-orang Arab dari Libya menginvasi Sisilia pada abad ke-9, mereka membawa gandum. Jenis gandum ini paling sesuai untuk dijadikan pasta. Momen inilah yang mungkin terjadi, produksi pasta pertama kali dimulai di Sisilia.

Terlepas dari sejarahnya, kini pasta menjadi salah satu makanan populer di dunia dengan jenis yang beragam. Untuk mencicipi pasta istimewa di Italia, cobalah ke Ristorante Canossa Reggio Emilia yang berlokasi di Via Roma, 37b, 42121 Reggio Emilia RE, Italia. Tempatnya memang terlihat sangat sederhana, tapi hidangannya sangat spesial.



3. Lasagna

Kuliner Italia

Via culinariaitalia.wordpress.com

Sebenarnya, makanan yang satu ini juga termasuk pasta. Lasagna adalah lapisan pasta berbentuk datar yang lebar, ditumpuk menjadi beberapa lapis hingga tebal. Lasagna merupakan jenis pasta paling tua yang telah ada sejak zaman Romawi kuno. Lasagna berasal dari kota Napoli, sama dengan tempat pertama kali pizza ditemukan. Lasagna merupakan kata pengganti majemuk untuk lasagne yang berarti satu lembar lapisan pasta. Lasagna dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya.

Banyak orang yang merekomendasikan Osteria da Antonio, di mana kita dapat mencoba hidangan lasagna lezat di kota Napoli. Alamatnya di Via Agostino Depretis, 143, 80100 Napoli NA, Itala. Semakin istimewa karena kota inilah tempat lahirnya lasagne!



4. Risotto

Kuliner Italia

Via weekendpremium.it

Lagi-lagi disebabkan penaklukan Islam di Sisilia, beras menjadi dikenal di Italia. Padi tumbuh dan diekspor ke dataran Sisilia pada abad ke-10. Meski risiocultura (aktivitas menanam padi) perlahan hilang dari Sisilia, produksinya berpindah dan ber tahan ke utara, ke tempat yang lebih lembap dan subur di dataran Vercelli.

Di Vercelli, yang terletak antara Milan dan Turin, terdapat Principato di Lucedio yang merupakan daerah penghasil beras terbaik di Italia. Lalu, orang Milan telah menyempurnakan cara memasak nasi, yang merupakan risotto. Inilah asal-usul risotto yang terkenal itu.

Risotto adalah hidangan nasi campur khas Italia Utara, yaitu beras yang dimasak dengan kaldu sehingga lengket menyerupai krim. Kaldu yang digunakan dapat berasal dari daging, ikan, atau sayuran. Banyak jenis risotto mengandung mentega, keju, anggur, dan bawang. Risotto adalah cara paling lazim memasak nasi di Italia.

Untuk mencoba risotto, seorang koki bernama Andrea Oschetti merekomendasikan restoran Marchesi alla Scala oleh Gualtiero Marchesi. Menurutnya, sebagai chef pertama non kewarganegaraan Prancis yang mendapat gelar Michellin Chef bintang tiga, Marchesi membuat rissoto ala Milan menjadi naik kelas. Itulah alasan yang kuat untuk mengunjungi restoran yang beralamat di Via Filodrammatici, 20121 Milano MI, Italia ini.



5. Mozzarella

Kuliner Italia

Oleh Mario Laporta

Mozzarella pertama kali dibuat di dekat Napoli, Italia berbahan susu kerbau. Saat itu banyak terdapat kerbau di daerah pedesaan yang digunakan untuk mengangkut barang dan membajak.

Jenis keju mozzarella di bufala merupakan versi asli dari keju Mozzarella. Keju ini dibuat sepenuhnya dari susu kerbau. Kerbau-kerbau yang digunakan harus berasal dari daerah Mediterania, telah terdaftar pada pendaftaran ternak setempat serta dipelihara sesuai dengan tradisi lokal. Susu kerbau yang telah diperah harus segera dibawa ke tempat pembuatan keju dalam waktu 16 jam. Susu tersebut memiliki kandungan lemak minimal 7%.

Penasaran dengan proses pembuatan mozzarella yang istimewa tersebut? Coba ikuti tur di Tenuta Vannulo yang beralamat di Via Galileo Galilei, 101, 84047 Capaccio SA, Italia.



Sumber:

wikipedia.org
grid.id
jadiberita.com
food.detik.com
liputan6.com
travel.kompas.com
huffpost.com
dapurkejuprochiz.com
republika.co.id