Blog Image

Blog

Mengunjungi 5 Sudut Bersejarah di Venesia

June 19, 2019
/
Italia , Objek Wisata
Mengunjungi 5 Sudut Bersejarah di Venesia image

Via telegraph.co.uk



Sebagai alat transportasi utama di Venesia, gondola menjadi daya tarik yang membuat penasaran para turis. Alhasil, menyusuri Venesia dengan gondola menjadi kegiatan wajib bagi mereka yang mengunjungi kota terapung di Italia ini.

Namun sebenarnya banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk menikmati keseluruhan kota. Seperti halnya setiap kota pasti memiliki sejarah dan budayanya, Venesia pun punya berbagai tempat menarik penuh sejarah untuk dikunjungi di hampir setiap sudut dengan banyaknya bangunan-bangunan kuno yang masih berdiri. Nah, kita bisa mengunjungi sudut-sudut bersejarah tersebut untuk menambah ilmu atau sekadar mengenang sejarahnya dan berfoto-foto. Di bawah ini lima di antaranya.



1. St Mark’s Basilica

Venesia

Via venice-carnival-italy.com

St Mark’s Basilica atau Basilika Santo Markus merupakan gereja paling ternama yang ada di Venesia. Tidak hanya itu saja, bisa dibilang bangunan ini merupakan salah satu bangunan terpenting dan termasyur yang ada di kota tersebut. Dibangun sejak abad ke-11, gereja ini memiliki gaya arsitektur megah dan unik yang kemudian membuatnya mendapatkan julukan ‘chiesa d'oro’ atau yang berarti ‘gereja emas’.

Setiap sudut bangunan ini diukir dengan detail bahkan arsitektur di dalamnya pun sangatlah memesona. Gak heran kalau kemudian basilika ini dijuluki sebagai salah satu destinasi wajib dikunjungi jika ke Venesia. Apalagi kita juga bisa foto-foto dengan ratusan merpati di depan gereja ini.



2. Rialto Bridge

Venesia

Via citywonders.com

Merupakan jembatan tertua yang ada di Venesia, jembatan Rialto sekaligus menjadi salah satu ikon terpenting yang ada di sini. Dalam sejarah disebutkan bahwa jembatan pertama yang dibangun di lokasi tersebut merupakan jembatan yang dibangun disekitar tahun 1181.

Beberapa kali roboh dan mengalami rekonstruksi, pemerintah pun meminta para arsitek ternama untuk merancang jembatan dari batu agar lebih kuat. Para arsitek yang mengirimkan rancangannya salah satunya adalah Michelangelo dan Palladio yang keduanya sama-sama sangat masyur.

Namun desain mereka justru ditolak karena dianggap terlalu berisiko. Pada akhirnya Antonio de Ponte menjadi sosok yang merancang jembatan Rialto yang kemudian dibangun di tahun 1588 - 1591. Meski sempat diragukan oleh para pakar akan bertahan lama, nyatanya hingga kini jembatan Rialto masih kokoh berdiri.



3. Flooded Crypt of San Zaccaria

Venesia

Via gerlo.tumblr.com

Memiliki arsitektur khas zaman renaisans dan unsur gothic di dalamnya, San Zaccaria adalah gereja tua yang dibangun di Venesia dan telah mengalami rekonstruksi ulang di sekitar tahun 1456 hingga 1515; menjadikannya sebagai salah satu bangunan tertua di sana. Ukiran indah menjadikan gereja ini menawan namun yang membuatnya lebih istimewa adalah adanya ruang bawah tanah yang terendam air dan dijuluki sebagai 'Flooded Crypt of San Zaccaria' yang artinya ruang bawah tanah San Zaccaria yang kebanjiran.

Ruang bawah tanah bisa dibilang sangat jarang ada di Venesia, sehingga lokasi ruang bawah tanah di tempat tersebut menjadi sangat spesial. Isinya sendiri berupa makam dari sosok-sosok penting di masa lalu. Terdengar menakutkan, tapi tak menghentikan rasa penasaran wisatawan untuk kerap berkunjung ke tempat ini.



4. Bridge of Sighs

Venesia

Via citywonders.com

Ada pula jembatan Bridge of Sighs atau yang dalam bahasa Italianya adalah Ponte dei Sospiri. Jembatan ini juga merupakan jembatan terpenting di Venesia bahkan disebut sebagai salah satu yang terindah di dunia. Didesain dan dibangun oleh Antonio Contino di sekitar tahin 1600an, jembatan ini menghubungkan Doge's Palace dengan penjara Prigioni Nuove yang berada di seberang sungai Rio di Palazzo.

Selain menghubungkan dua tempat tersebut, jembatan ini juga memiliki tujuan khusus lain. Para tahanan yang dibawa dari ruang interogasi menuju Priogini akan melewati jembatan ini dan konon katanya bagi mereka yang akan dieksekusi mati, di tempat inilah mereka akan berhenti sejenak dan menghela nafas ketika melihat dunia luar untuk terakhir kalinya. Oleh karena itu jembatan ini diberi nama Bridge of Sighs yang secara harfiah artinya jembatan untuk menghela nafas.

Namun, pada kenyataannya, interogasi dan hukuman mati tersebut sudah berakhir sejak jembatan tersebut dibangun. Sel yang ada lebih banyak ditempati oleh tahanan untuk kejahatan ringan. Lagipula, tidak banyak yang bisa dilihat dari jendela kecil tersebut.

Banyak mitos yang berkembang mengenai jembatan tersebut. Jika sepasang kekasih berciuman di atas gondola saat matahari terbenam dan melewati jembatan itu, hubungan mereka akan bertahan lama.



5. Doge's Palace

Venesia

Via dissolve.com

Doge's Palace ini juga merupakan salah satu bangunan terpenting yang ada di Venesia dan bisa dibilang sebagai salah satu landmark bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Bangunan yang ada sekarang dibangun pada sekitar pertengahan abad ke 14 hingga 15.

Dulunya tempat ini merupakan pusat pemerintahan berada, namun kini telah berubah menjadi museum seni. Berbagai karya-karya mengagumkan menghiasi dinding, atap dan secara keseluruhan isi bangunan tersebut. Dan karya-karya tersebut pun dibuat khusus untuk Doge's Palace ini.

Hal itu pun menjadikannya sebagai museum yang istimewa. Doge's palace juga sangat dekat dengan St Mark's Basilica serta Bridge of Sighs dan sudah pasti bahwa tempat ini wajib dikunjungi siapa pun yang berencana berlibur ke Venesia.



Sumber:

idntimes.com
viva.co.id