Blog Image

Blog

Berpelesir ke Pesisir: 7 Kota Cantik di Amalfi Coast, Italia

June 23, 2019
/
Italia , Objek Wisata
Berpelesir ke Pesisir: 7 Kota Cantik di Amalfi Coast, Italia image

Via Flickr/Sune Martensen



Amalfi Coast adalah daerah garis pantai yang membentang sepanjang hampir 50 kilometer di Laut Mediterania. Wilayah yang dalam bahasa Italia disebut dengan Costiera Amalfitana ini terletak di Italia bagian barat daya, tepatnya di Provinsi Salerno, Campania atau sekitar 4 jam perjalanan darat dari Roma, ibukota Italia.

Pada tahun 1997 UNESCO menobatkan wilayah ini sebagai salah satu Situs Warisan Dunia karena keberhasilannya dalam menyuguhkan lanskap Mediterania yang luar biasa dengan kekayaan akan nilai-nilai budaya, sejarah serta alam.

Di sekitar Amalfi Coast terdapat kota-kota kecil cantik dengan penataan yang unik dan diperkirakan sudah ada sejak abad pertengahan. Di antara kota-kota tersebut, di bawah ini adalah beberapa di antaranya yang paling populer.



1. Amalfi

Amalfi Coast

Via YouTube/UltramodernHome

Nama Amalfi Coast diambil dari nama kota ini. Amalfi adalah kota induk dari semua desa dan kota kecil di sekitar Amalfi Coast. Kota ini sarat dengan nilai sejarah karena telah berdiri sejak zaman Romawi dan menjadi salah satu penghubung perdagangan dengan wilayah Timur.

Amalfi memiliki beberapa alun-alun yang saling terhubung oleh jalan khusus pejalan kaki dan dipenuhi oleh hotel-hotel, restoran, kafe, toko kerajinan tangan serta toko cendera mata. Kebanyakan wisatawan Amalfi Coast menginap di kota ini dan memulai petualangan mereka ke wilayah-wilayah sekitar dari kota ini juga. Di Amalfi, kita juga bisa sekaligus berwisata kuliner Italia yang tak diragukan lagi kelezatannya, serta menelusuri pelabuhannya diiringi oleh pemandangan kapal-kapal serta angin laut. Romantis bukan?



2. Atrani

Amalfi Coast

Via gettyimages/Michele Falzone

Atrani adalah desa nelayan yang merupakan kota terkecil di wilayah selatan Italia dengan jumlah penduduk kurang dari 1.000 orang. Dari tepian laut, Atrani menyuguhkan pemandangan rumah-rumah berwarna putih dengan balkon-balkon yang penuh dengan bunga.

Menuju pusat kota, struktur bangunan dan jalanan khas abad pertengahan dengan kubah dan lengkungan di bagian atasnya pun semakin memanjakan mata. Umumnya bangunan-bangunan tua tersebut digunakan sebagai gereja.

Di bagian timur Atrani juga terdapat Gua Masaniello yang memiliki nilai sejarah penting karena pernah digunakan sebagai tempat berlindung para pemimpin revolusioner Italia abad ke-17. Tidak jauh dari gua juga terdapat rumah Masaniello yang dibuka untuk wisatawan.



3. Furore

Amalfi Coast

Via expedia.co.jp

Furore merupakan sebuah wilayah yang unik karena dikelilingi tebing-tebing tinggi. Dulunya Furore merupakan tempat orang-orang buangan sehingga dijuluki "the town that doesn't exist" alias kota yang tidak ada. Selama berabad-abad, komunitas tersebut tumbuh menjadi kaum urban yang meski hidup terisolasi tetapi mampu membangun wilayahnya melalui berbagai sektor: pertanian, perdagangan dan industri parbik kertas.

Pedesaan di Furore dikelilingi oleh kebun-kebun anggur, zaitun, dan lemon. Rumah-rumah bercat putih yang menjadi kanvas mural “en plain air” menjadikan Furore sebagai “painted village”. Di sekitar rumah-rumah tersebut ditanami beraneka macam bunga dan blackberry.

Daya tarik utama Furore adalah fjord atau Fiordo di Furore yang merupakan teluk atau celah yang terletak di antara dua tebing tinggi dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Di antara dua tebing tersebut terdapat sebuah jembatan setinggi 30 meter. Setiap minggu pertama di bulan Juli, tempat ini menjadi tuan rumah untuk MarMeeting - High Diving World Championship atau Kejuaraan Menyelam Dunia.



4. Positano

Amalfi Coast

Via smilesandwich.com

Dari tiga belas kota di Amalfi Coast, Positano merupakan kota yang paling dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan dari dalam maupun luar negara Italia. Positano juga paling fotogenik sekaligus paling elit dalam jajaran kota kecil di Amalfi Coast. Letaknya di ujung tebing menyajikan pemandangan Laut Mediterrania sepanjang mata memandang, serta berbagai jenis hotel, butik, ritel-ritel, kafe atau restoran kelas atas sepanjang jalanan Positano yang sempit, curam dan berliku-liku. Cocok untuk berbulan madu bukan?

Sementara itu meski kebanyakan bangunannya sudah cukup berumur dengan cat yang mengelupas, atap yang sudah tidak utuh, atau lukisan yang pudar, namun justru itulah yang membuat Positano menawan dengan caranya sendiri! Salah satu tujuan wisata di Positano yang layak disinggahi adalah Gereja Santa Maria Assunta, gereja yang dibangun tahun 1920 yang memiliki bentuk seperti katedral mini dan kubah berlapis marmer warna-warni. Gereja ini juga memiliki ikon dari zaman Byzantium yang bernama Madonna di Positano.

Selain bangunan bersejarah, Positano terkenal dengan sandal kulit handmade dan pakaian katun kualitas tinggi yang dikenal dengan sebutan ”Moda Positano”. Ayo beli buat dibawa pulang!



5. Ravello

Amalfi Coast

Via Flickr/d90fz8

Ravello terletak di bagian tengah Amalfi Coast. Dahulu kota ini merupakan pelabuhan maritim dan salah satu pusat perdagangan yang sangat penting. Pemandangan Laut Mediterania yang hangat dan indah bukan satu-satunya daya tarik tempat ini. Ada juga Duomo di Ravello atau Katedral Ravello yang terbuat dari batuan marmer dan berusia ratusan tahun.

Selain itu, di Ravello terdapat dua villa yang sangat terkenal dan selalu ramai pengunjung, yaitu Villa Rufolo dan Villa Cimbrone. Villa Rufolo berdiri sejak tahun 1270 yang dikelilingi perkebunan, sebuah kapel, menara Torre Maggiore setinggi 30 meter, dan menjadi tempat diselenggarakannya Festival Musik Ravello (yang tertua di Italia) setiap tahun pada musim panas.

Sedangkan Villa Cimbrone berfungsi sebagai hotel, juga memiliki kebun bunga, gazebo, dan balkon terbuka yang dijuluki Terrazzo dell'lnfinito atau the Terrace of Infinity karena posisinya menghadap ke laut. Balkon ini pernah jadi lokasi pengambilan gambar film Wonder Woman yang dibintangi Gal Gadot, lho!



6. Praiano

Amalfi Coast

Via thatsamalfi.com

Dahulu Praiano merupakan desa nelayan dan menjadi salah satu pusat kerajinan yang kemudian berkembang menjadi tempat wisata yang tak kalah indah dari wilayah lain di Amalfi Coast. Jalan-jalannya yang sempit menyerupai labirin panjang membuat siapapun penasaran untuk menelusurinya. Ditambah lagi rumah-rumah berwarna pastel yang tak boleh luput sebagai objek untuk mempercantik feed instagram kalian!

Selain itu, Praiano merupakan tempat yang strategis untuk menikmati pemandangan sebagian besar wilayah Amalfi Coast. Bagaimana tidak, cukup duduk di salah satu balkon hotel yang berada di Praiano, kalian akan dimanjakan dengan lampu-lampu Positano, Semenanjung Sorrento, dan beberapa pulau kecil di sekitarnya.

Kota ini juga memiliki panai cantik bernama La Cala of Gavitella yang merupakan satu-satunya pantai yang diterangi matahari terbenam di Amalfi Coast. Konon katanya, senja di sini merupakan senja paling romantis di dunia lho!



7. Scala

Amalfi Coast

Via expedia.com

Kota Scala terletak pada ketinggian 400 mdpl dan berusia lebih dari 1.000 tahun sehingga menjadi kota tertua di Amalfi Coast yang memiliki sejarah panjang seiring dengan perkembangan wilayah tersebut. Kota ini terkenal akan perlindungan vegetasi. Sebuah cagar alam bernama Valle delle Ferriere menjadi rumah bagi vegetasi campuran Mediterania dan tropis.

Di kota ini terdapat lebih dari 100 gereja katedral dan biara, baik yang masih tejaga atau yang sudah berupa reruntuhan. Di atas Gunung Pontone terdapat Menara Ziro dan di lembah Sungai Dragone terdapat Gua Scala dengan batu kapur dolomitik gelap. Hal ini menunjukkan bahwa Scala merupakan perpaduan yang sempurna antara bangunan, sejarah, dan alam.



Sumber:

idntimes.com
alowisata.com