Blog Image

Blog

Florence, Kota Kelahiran Renaisans yang Cantik dan Elegan

June 27, 2019
/
Italia , Objek Wisata
Florence, Kota Kelahiran Renaisans yang Cantik dan Elegan image

Via hotelbaglioni.it



Bagi pecinta karya seni kelas dunia, maka ada satu kota di Italia yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur bersama pasangan ataupun keluarga yaitu Florence (Firenze).

Menjadi salah satu kota Abad Pertengahan dan Renaisans paling megah di Italia, Florence merupakan tempat bagi tokoh-tokoh besar Eropa membangun gagasan, yang akhirnya membawa perubahan besar bagi peradaban Barat. Leonardo da Vinci, Michelangelo, Sandro Botticelli, Raphael, Dante Alighieri, dan Donatello, adalah para ‘master’ Renaisans yang pernah menetap di Florence.

Florence

Pemandangan Florence dari Piazzale Michelangelo – via theromanguy.com

Florence juga dianggap sebagai kota pelopor kebangkitan seni budaya Italia. Karya sastra yang lahir dari sastrawan besar asal Firenze seperti Dante, Boccaccio, dan Petrarch, ditulis dalam dialek Toscana yang kemudian berkembang menjadi bahasa Italia modern.

Nama Florence sendiri sering disinonimkan sebagai “bunga-bunga Renaisans” karena kedudukannya yang sangat penting bagi Eropa. Kota itu dibangun oleh orang-orang Romawi sekitar abad ke-1 SM, di mana setiap blok dalam kota dihiasi oleh sebuah kuil, dan dibangun berbentuk persegi.

Pada 1421, Kota Florence dikuasai oleh Keluarga Medici, yang merupakan bankir paling berpengaruh dan kaya di Eropa. Selama berada di bawah kekuasaan keluarga Medici, Florence dibangun menjadi pusat kesenian dan kebudayaan bergaya Renaisans. Banyak bangunan yang dibuat berdasarkan arsitektur Renaisans di kota tersebut.

Selama 3 abad pemerintahan keluarga Medici, Florence dan Tuscany disatukan menjadi satu peradaban, yang dicirikan oleh selera dan gaya yang artistik. Istana keluarga Medici, Palazzo Vecchio, menjadi karya terbesar di Florence yang memperlihatkan gaya Florence dan Tuscany.

Palazzo Vecchio

Menara Palazzo Vecchio dari kejauhan – via tripsavvy.com

Hingga kini, Florence masih mempertahankan pola dari kota aslinya, sehingga tidak heran jika kota itu disebut sebagai “museum hidup”. Bangunan utama penarik minat mata untuk mengagumi arsitekturnya adalah kubah katedral, Santa Maria del Fiore, yang disebut Duomo. Kubah ini dibangun oleh Filippo Brunelleschi. Bangunan di dekatnya Campanile (sebagian didesain oleh Giotto) dan Baptistery. Kubah dan Campanile ini dibuka untuk umum.

Duomo Florence

Duomo – via cntraveler.com

Beralih ke tepian sungai Arno yang seperti sebuah museum besar dengan pekerjaan seni yang luar biasa seperti yang dituangkan oleh Lorenzo pada tahun 1469 pada tampilan seni karya Michelangelo, Leonardo da Vinci dan Botticelli.

Ponte Vecchio

Ponte Vecchio – via expedia.com

Jembatan Ponte Vecchio melintas di atas sungai Arno. Di sepanjang jembatan ini berjajar toko-toko, terutama toko-toko emas. Jembatan ini aslinya dibangun oleh Etruscans, dan tetap utuh dari hantaman peperangan dalam PD II. Di atas jembatan ini ada koridor Vasari yang menghubungkan Uffizi dengan Medici residence (Palazzo Pitti).

Uffizi Gallery

Galeri Uffizi – via mywowo.net

Masih banyak hal menarik lainnya yang dapat kita telusuri saat berjalan-jalan di Florence. Yang pasti, jangan sampai melewatkan pusat bersejarah kota Florence, karena area ini telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, lho!



Sumber:

kumparan.com
wikipedia.org
kanalwisata.com
eropa.panduanwisata.id