Blog Image

Blog

Melancong ke Ibu Kota Swiss, Bern yang Cantik

July 25, 2019
/
Objek Wisata , Swiss
Melancong ke Ibu Kota Swiss, Bern yang Cantik image

Via tgv-lyria.com



Banyak hal yang bisa kita lihat ketika melancong ke Bern, ibu kota kanton Bern sekaligus negara Swiss. Kota ini memiliki banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur klasik yang megah. Udara di sini pun sangat sejuk, karena Sungai Aare mengalir melalui bagian tua kota ini.

Bern sendiri berasal dari kata "Bern" (bahasa Jerman) yang artinya adalah beruang. Kota ini ditemukan pada tahun 1191. Ada sebuah legenda dibalik pemberian nama kota ini. Penamaannya itu berdasarkan binatang yang pertama kali ditangkap oleh Berchtold V, Duke of Zähringen, pendiri Bern. Ternyata binatang itu adalah beruang. Oleh karenanya, simbol kota Bern adalah beruang. Sejak itu, ada sebuah tradisi untuk melestarikan beruang di Bern.

Bern

Via travelbreatherepeat.com

Landmark kota Bern adalah BarenPark, taman beruang. Di tempat ini, kita bisa melihat sejarah tentang Bern. Beberapa patung juga berdiri di taman ini. Untuk masuk ke tempat ini gratis, tapi yang perlu diperhatikan adalah jika ingin ke sini saat beruang-beruangnya beraktivitas maka perhatikan jadwal hibernasi beruang. Saat hibernasi inilah mereka akan tertidur panjang.



Ada apa saja di Bern?

Bern

Katedral Swiss dengan pemandangan Pegunungan Alpen – via swissinwales.org

Bern bisa jadi pilihan wisata sejarah di kala kita menikmati keindahannya. Kota ini memiliki banyak bangunan kuno yang dibangun antara tahun 1100-1700-an. Salah satu bangunan yang terkenal, yakni Katedral Bern, dibangun dengan desain gothic pada tahun 1400-an.

Bern

Ornamen Katedral Swiss – via Flickr/Peter Lehmann

Katedral ini memiliki menara yang menjulang tinggi hingga 328 kaki atau sekitar 100 meter yang menjadi menara tertinggi di Swiss. Dari menara ini, kita dapat melihat pegunungan Alpen yang sangat indah. Selain itu, ada gedung-gedung pemerintah Bern yang dibangun pada tahun 1902. Di dalamnya terdapat banyak gambar dan patung yang mengisahkan peristiwa-peristiwa penting di Swiss.

Bern

Kota Tua Bern – via bern.com

Pada tahun 1983, UNESCO menobatkan Bern sebagai salah satu situs warisan dunia karena banyaknya bangunan bersejarah. Sementara itu, selain kotanya sendiri, Bern memiliki beberapa warisan dunia UNESCO, salah satunya yang paling terkenal adalah Kota Tua Bern (Old Town of Bern). Kota tua Bern adalah sebuah wilayah di Bern yang harganya lebih dari sekadar warisan dunia UNESCO.

Bern

Kota Tua Bern – via Reddit

Bagi masyarakat Bern, di sinilah kehidupan mereka zaman dahulu. Hingga kini, area kota tua Bern masih hidup. Di tempat ini terdapat banyak bangunan dan monumen yang masih berfungsi seperti jembatan yang membelah sungai Aare, air mancur (minum) untuk publik, monumen, menara, hingga yang Clock Tower yang populer.

Bern

Via worldwanderingkiwi.com

Kota Tua Bern adalah salah satu tempat wisata di Swiss yang biasanya jadi destinasi wajib bagi wisatawan yang mengunjungi Bern. Meski namanya kota tua, di area ini juga terdapat berbagai fasilitas kota modern seperti pusat pertokoan, kafe, toko buku, restoran, dan apartemen.

Bern

Sungai Aare – via Flickr/Eneias Carvalho

Kendati sudah tersentuh dunia modern, kota tua Bern tetap mempertahankan nuansa kota pada zaman pertengahan atau medieval. Tidak heran, wilayah ini menjadi salah satu tempat wisata paling bagus di dunia, di mana bukti sejarah berbaur dengan mobilitas kehidupan modern.



Sumber:

travel.trubus.id
inphedia.id
alowisata.com