Blog Image

Blog

Fakta-fakta tentang Swiss yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

July 1, 2019
/
Swiss , Info
Fakta-fakta tentang Swiss yang Mungkin Belum Kamu Ketahui image

Via cbsig-ama.org



Tahukah kamu Swiss-lah yang telah memperkenalkan Absinthe, muesli, dan LSD kepada dunia? Juga, tahukah kamu Swiss memiliki 208 gunung yang tingginya di atas 3000 meter? Jika kamu penasaran dengan fakta lainnya tentang Swiss, maka berikut ini terangkum beberapa di antaranya.



Ibu kota Swiss adalah Bern

Bern

Via Reddit

Tak sedikit orang yang mengira Zurich atau Jenewa adalah ibu kota Swiss. Nyatanya, kota Bern lah yang merupakan ibu kota Swiss. Bonus fakta: Swiss tidak menggunakan Euro sebagai mata uang resminya, melainkan Swiss Franc (CHF).



Swiss adalah salah satu tempat tinggal terbaik di dunia

Swiss

Via Instagram/sennarelax

Swiss memang sudah terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk ditinggali. Negara ini sudah sering masuk daftar negara-negara terbaik untuk tinggal dilihat dari keamanannya, kualitas hidup, dan pendapatan.



Mau dapat paspor harus punya hubungan harmonis dengan tetangga

Via fedpol.admin.ch

Apabila di Indonesia syarat untuk mendapatkan paspor cukup dengan membawa berkas-berkas penting dan punya kepentingan ke luar negeri, berbeda dengan di Swiss. Di sini untuk mendapatkan paspor setidaknya harus sudah 10 tahun menetap dan bekerja dan tinggal di kota yang sama setidaknya selama tiga tahun terakhir.



Pohon Natal di Stasiun Zurich berhias kristal

Zurich

Via eliaslimitless.com

Selanjutnya, bila kamu berselancar di internet atau berkesempatan datang ke Stasiun Zurich, coba tengok pohon natal yang ada di sana.

Mewah, mungkin itu yang akan kamu katakan. Bagaimana tidak, pohon natal tersebut dihiasi 6 ribu kristal Swarovski. Tentu, dekorasi mewah ini menelan biaya yang tak sedikit, kurang lebih sekitar 500 ribu dolar Amerika atau setara dengan Rp 7 miliar.



Jadwal kereta yang tepat waktu

Swiss

Via Instagram/cumacevikphoto

Di Swiss, kereta yang jadi transportasi primadona, kalah jauh dengan mobil. Bahkan para CEO perusahaan besar pun juga menggunakan kereta. Karena peminatnya begitu tinggi, jadwal kereta di Swiss sangat tepat waktu. Alhasil, berpergian kemana pun termasuk ke desa bukan lah hal yang sulit.



Kain perekat Velcro ditemukan oleh seorang Swiss

Velcro

Via annmariejohn.com

Banyak orang tak memedulikan Velcro, kain perekat yang digunakan di banyak benda yang kita gunakan sehari-hari misalnya sepatu. Biasanya sepatu anak-anak dipasang kain perekat ini karena biasanya anak-anak belum bisa mengikatkan sepatunya yang bertali.

Ternyata kain perekat ini ditemukan oleh seorang insinyur dari Swiss bernama George de Mestral. Bahkan penemuannya pun berawal dari ketidaksengajaan. Saat itu dia baru pulang berburu bersama anjingnya di gunung Alpen. Dia melihat banyak ‘biji’ (seeds) dari buah burdock yang menempel pada pakaiannya dan juga pada bulu anjingnya. Karena penasaran, dia memulai melakukan penelitian menggunakan mikroskop dan mendapati beratus-ratus kaitan pada biji ini yang bisa ‘menyangkut’ pada setiap benda yang berupa serat-seratan seperti kain, bulu atau rambut. Dari penemuan ini munculah ide dari de Mestral untuk mengembangkan alat untuk menyatukan dua benda. Dia membutuhkan waktu hampir sepuluh tahun untuk menyempurnakan ’temuannya’ ini, hingga akhirnya pada tahun 1955 dia memperoleh hak paten dari ciptaannya ini.



Sumber:

theculturetrip.com
kumparan.com
ruparupa.com