Blog Image

Blog

Salju Abadi Gunung Titlis dan Indahnya Desa Para Malaikat

July 16, 2019
/
Objek Wisata , Swiss
Salju Abadi Gunung Titlis dan Indahnya Desa Para Malaikat image

Via skischule-engelberg.ch



Membicarakan tentang Swiss, tak akan lengkap tanpa membahas pegunungannya. Dengan lebih dari 200 gunungnya yang memiliki ketinggian lebih dari 3000 meter, Swiss punya banyak gunung yang terkenal sampai ke mancanegara sehingga sering dikunjungi baik untuk aktivitas menantang maupun sekadar wisata santai. Salah satu gunung yang terkenal tersebut adalah Gunung Titlis.



Salju Abadi di Gunung Titlis

Titlis

Via world-citizen-trail.net

Di bumi ini, ada beberapa tempat yang memiliki salju abadi, yaitu tempat yang saljunya tak pernah hilang sepanjang tahun pada musim apa pun. Salah satunya adalah Gunung Titlis ini. Daerah di gunung ini juga merupakan salah satu 'bintang' pariwisata di Swiss.

Sejatinya, gunung ini semula disebut Gunung Tuttlesberg sebelum akhirnya dikenal dengan nama Titlis. Dari ketinggian 3.029 meter di atas permukaan laut, kita bisa menikmati pemandangan alam dengan panorama gunung bersalju yang melapisi seluruh bagian gunung tersebut. Di sini juga lah, kita bisa merasakan sensasi salju abadi tersebut.

Diketahui, suhu di gunung ini bisa mencapai -9 hingga -15 derajat Celsius ketika akhir tahun. Meski dengan kondisi tersebut, tempat ini tak pernah sepi dari wisatawan karena keindahan alam yang disajikannya.

Titlis

Via 123rf.com/photogearch

Selain menikmati salju abadi yang menjadi ikon wisata ini, kita bisa mencoba hiking di gunung salju dengan suhu udara yang menantang, bermain scooter dari atas ketinggian, menyusuri danau dengan suasana khas gunung bersalju, hingga berpetualang di sebuah gua yang di dalamnya terbuat dari es sepanjang 150 meter dengan suhu -1,5 derajat Celsius.

Untuk mencapai puncak, kita tak perlu bersusah payah mendaki gunung dengan suhu di bawah 0 derajat celcius. Kita bisa memanfaatkan gondola udara dari Engelberg menuju Trubsee, dilanjutkan dengan naik kereta gantung (cable car) hingga puncak Titlis. Selama naik ke puncak, kita bisa sambil menikmati pemandangan gunung dan hijaunya area di sekitarnya.



Engelberg: Desa Seindah Surga Para Malaikat

Engelberg

Via Instagram/picn2k

Gunung Titlis ini terletak di Desa Engelberg. Sejak abad ke-19, Engelberg sudah dikenal secara internasional sebagai resor untuk berwisata dan bermain ski. Engelberg merupakan magnet pada musim panas dan juga musim dingin di dunia pariwisata.

Engelberg, secara harfiah, berarti 'gunung para malaikat' (engel=angel). Dengan keindahan yang dimilikinya, pantaslah Engelberg dinamai demikian.

Desa wisata Engelberg memiliki pemandangan alam yang sangat memikat. Hamparan rumput hijau bertabur bunga warna – warni, seperti yang dikisahkan dalam film atau buku tentang negeri impian. Desa yang tenang ini sangat ideal untuk bulan madu atau liburan keluarga yang ingin kedamaian. Kebun terhampar luas dengan satu atau dua rumah yang menjadi rumah penghuni tampak seperti backdrop lukisan yang nyata.

Engelberg

Via Flickr/Arlene Hsu

Meski berpenduduk tak banyak, Engelberg memiliki fasilitas lengkap untuk para wisatawan, terutama transportasi untuk mencapai daerah yang lebih tinggi. Desa ini seperti kecanduan kereta gantung. Bagi keluarga petani di Engelberg, kereta gantung bukan untuk liburan apalagi sekadar hiburan.

Hidup di wilayah Lembah Engleberg yang curam, penduduk lokal kesulitan menuntaskan segenap pekerjaannya jika hanya dengan berjalan kaki. Sementara jalan utama untuk mobil tua tak dapat diandalkan, maka kereta gantung jadi satu-satunya pilihan.

Engelberg

Via eyeem.com

Lantas, saking akrabnya dan memang telah sejak lama berkendara dengan kereta gantung, para petani di Engelberg pun mendapat julukan Buirabahnli, yang dalam bahasa Jerman berarti 'petani kereta gantung'.

Asyiknya, Buirabahnli juga memperbolehkan para pendaki untuk menaiki kereta gantung mereka dengan sedikit biaya tambahan. Pemandangan di sini memang indah dinikmati dari atas kereta gantung.



Sumber:

goldenrama.com
kumparan.com
kompasiana.com
blog.frameatrip.com