Blog Image

Blog

Fakta-fakta Menarik Tentang Inggris

August 5, 2019
/
United Kingdom
Fakta-fakta Menarik Tentang Inggris image

Via 123rf.com/Paul Maguire



Inggris, yang merupakan bagian dari Kerjaan Britania Raya (United Kingdom), memiliki banyak hal menarik untuk dibahas. Untuk mengetahuinya, berikut beberapa fakta menarik tentang Inggris untuk menambah pengetahuanmu.



Regulasi paspor yang unik

British Passport

Via thesun.co.uk

Tahukah kamu kalau paspor yang diterbitkan di Inggris, Swedia dan Finlandia merupakan paspor bebas visa travel ke daftar negara terbanyak di dunia daripada paspor dari negara manapun. Selain itu, seluruh paspor di Inggris diterbitkan oleh Ratu Elizabeth II yang ternyata nggak punya paspor pribadi. Dan lucunya, di Inggris ada peraturan bahwa semua kuda, keledai, dan kuda poni harus memiliki horse passport.



Penjajah negara terbanyak

Via Wikipedia

Inggris memang dikenal sebagai bangsa yang besar. Tercatat ada 58 negara yang merupakan negara jajahan Inggris dan juga menjadi negara federasi, misalnya seperti Australia, Malaysia, India, dan masih banyak lagi. Nah, jika seluruh daerah kekuasaan Inggris digabungkan maka akan lebih luas dari Afrika dan sebanding dengan luas permukaan bulan, lho!



Kepemimpinan Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II

Via eonline.com

Sebelum menikah, ternyata Ratu Elizabeth II telah didekati oleh Pangeran Phillip ketika usianya 13 tahun dan pangeran yang berusia 18 tahun. Mereka pun sebenarnya adalah memiliki hubungan sepupu. Pada tahun 2015, Ratu Elizabeth II merupakan ratu kerajaan Inggris dengan masa pemerintahan terlama melebihi Ratu Victoria. Dan yang tak kalah menarik, Ratu Inggris merupakan pemilik sah seperenam luas daratan di permukaan bumi.



Tradisi Minum Teh

Tea Time

Via belvoircastle.com

"Tea time" akan kerap didengar saat berada di Inggris. Minum teh di sore hari adalah bagian dari budaya orang Inggris. Mereka mengkonsumsi teh dalam jumlah paling banyak dibanding warga negara lainnnya (2,5 kali lebih banyak dari orang Jepang dan 22 kali lebih banyak dari orang Amerika atau Perancis).



Big Ben yang ikonis

Big Ben

Via sciencephoto.com

Big Ben adalah julukan bagi lonceng yang terdapat di menara jam di London. Menara ini sebenarnya secara resmi bernama Elizabeth Tower, usai perayaan Diamond Jubilee, 60 tahun tahta Ratu Inggris di tahun 2012.

Kerennya, ada tim yang dibentuk untuk membersihkan dan memperbaiki keempat jam Big Ben yang menghabiskan waktu selama 5 jam bergantung di ketinggian. Perusahaan yang mengurus Big Ben menyiapkan staf khusus yang siap sedia 24 jam setiap harinya jika ada panggilan darurat tentang Big Ben.



Bilik telepon merah

Via thespaces.com

Perancangnya adalah Sir Giles Gilbert Scott. Bilik telepon merah bisa ditemukan di jalan-jalan Inggris, Malta, Bermuda dan Gibraltar. Sejak Oktober 2014, beberapa kotak telepon yang tidak digunakan lagi dicat hijau dan dirombak menjadi tempat untuk mengisi baterai ponsel secara gratis.



Sumber:

dw.com
yukepo.com