Blog Image

Blog

Beberapa Fakta Menara Eiffel, Awalnya Dibenci Warga Paris

September 16, 2019
/
Prancis
Beberapa Fakta Menara Eiffel, Awalnya Dibenci Warga Paris image

Via istockphoto.com/encrier



Kamu mungkin sudah tahu apa itu Menara Eiffel. Bahkan tanpa mengetahui namanya pun, kamu mungkin pernah melihat bentuknya di foto-foto karena menara ini memang sangat terkenal di seluruh dunia. Tapi tahukah kamu bahwa menara yang sekarang ini sangat populer pernah tidak diinginkan keberadaannya oleh orang-orang kota tempat menara tersebut berdiri? Kalau belum tahu, sebaiknya lihat faktanya berikut ini, bersama fakta-fakta lainnya tentang Menara Eiffel.



Awalnya, Menara Eiffel Direncanakan Hanya Berdiri Selama 20 Tahun

Eiffel

Via unjourdeplusaparis.com

Menara Eiffel awalnya tidak dimaksudkan untuk tetap ada selamanya. Menara ini dibangun untuk menjadi pusat perhatian saat event 1889 World's Fair di Paris. Eiffel seharusnya dirubuhkan pada tahun 1909 atau 20 tahun setelah berdiri.

Namun rencana awal itu kemudian ditolak oleh Alexander Gustave Eiffel dan sebagai gantinya, Gustave Eiffel menambahkan antena radio di puncak menara sehingga militer Prancis bisa menerima dan mengirim pesan. Dan meski saat ini tidak lagi digunakan oleh militer, namun antena di atas menara ini masih digunakan untuk memancarkan siaran radio dan TV. Karena kegunaannya itulah pemerintah Paris akhirnya mengurungkan niatnya untuk membongkar Menara Eiffel.



Sempat Menjadi Bangunan Tertinggi di Dunia

Eiffel

Via thelocal.fr

Dengan ketinggian mencapai 300 meter, Menara Eiffel sempat memegang gelar bangunan tertingi di dunia selama empat dekade. Rekornya ini kemudian dipatahkan oleh Chrysler Building di New York yang pembangunannya selesai pada tahun 1930.



Alexander Gustave Eiffel Bukanlah Perancang Menara Eiffel yang Sebenarnya

Via wikipedia.org

Jika ditanya siapa yang merancang Menara Eiffel, maka semua orang termasuk kamu mungkin akan menjawab Alexander Gustave Eiffel. Memang, nama "Eiffel" diambil dari nama Gustave Eiffel, tapi sebenarnya dia tidak pernah merancang menara Eiffel. Perancang Iron Lady yang sebenarnya adalah Maurice Koechlin dan Émile Nouguier.

Keduanya bekerja di perusahaan bernama Compagnie des Établissements Eiffel milik Gustave Eiffel. Meski tidak merancangnya secara langsung, Gustave Eiffel-lah investor terbesar dalam pembangunan menara ini sehingga tidak heran jika ia mengabadikan namanya dalam menara cantik ini.



Dibenci Warga Paris

Eiffel

Via travelandleisure.com

Meski saat ini menjadi landmark kota Paris dan membawa banyak keuntungan, tapi tahukah kamu jika di awal pembangunannya, orang Paris ternyata membenci Iron Lady? Bagi warga Paris saat itu, Menara Eiffel adalah bangunan yang tidak berguna.

Bukan hanya itu, para seniman kota juga menyebut Menara Eiffel sebagai cerobong asap hitam raksasa yang akan merusak indahnya kota Paris. Bahkan pada tahun 1887, 300 seniman menandatangani petisi yang mendeskripsikan Menara Eiffel sebagai "tidak berguna dan mengerikan".



Secara Teknis, Memotret Eiffel di Malam Hari adalah Ilegal

Eiffel

Via independenttravelcats.com

Menara Eiffel memang terlihat lebih menakjubkan di malam hari. Hal ini karena berdasarkan statistik resmi, Menara Eiffel menggunakan sekitar 20.000 lampu untuk menghiasi gelapnya malam.

Selain itu, tidak sembarang orang bisa menerbitkan foto Menara Eiffel saat semua lampunya dinyalakan, karena menurut undang-undang Uni Eropa desain pencahayaan ini merupakan karya seni. Seperti karya seni lainnya, maka pencahayaan tersebut memiliki hak cipta. Untuk itu, fotografer harus mendapatkan izin dari Société Nouvelle d'Exploitation de la Tour Eiffel terlebih dahulu sebelum memotretnya pada malam hari.



Tingginya Berubah saat Musim Panas

Eiffel

Via mentalfloss.com

Tinggi Menara Eiffel bisa tumbuh sekitar 15 cm saat musim panas karena dipengaruhi oleh matahari. Tentu ini tidak mengejutkan karena menara ini seluruhnya terdiri dari metal. Selain itu, puncaknya juga bisa bergeser dari matahari hingga 18 cm karena ekspansi termal pada sisi yang menghadap matahari.



Dicat dengan Tangan

Eiffel

Via wsj.com

Sama seperti semua bangunan lain, Eiffel juga perlu perawatan agar tetap kokoh dan cantik meski usianya sudah mencapai ratusan tahun. Setiap tujuh tahun sekali, Menara Eiffel akan dicat ulang untuk mempertahankan kecantikannya.

Tak tanggung-tanggung, dibutuhkan sekitar 60 ton cat untuk mewarnai seluruh permukaannya. Yang lebih mengejutkan adalah seluruh proses pengecatan ini dilakukan dengan menggunakan tangan dan butuh waktu sekitar 18 bulan untuk menyelesaikan semuanya.



Sumber:

travel.detik.com
idntimes.com