Blog Image

Blog

Kuliner Khas Prancis Terpopuler yang Patut Dicoba

September 22, 2019
/
Kuliner , Prancis
Kuliner Khas Prancis Terpopuler yang Patut Dicoba image

Via parisinsightblog.wordpress.com



Prancis terkenal akan selera kulinernya dengan standar yang tinggi. Tak sedikit dari makanan khasnya sudah populer hingga mancanegara, di antaranya sebagai berikut.



Croissant

Croissant

Via channel3000.com

Roti dari negara Romantis ini populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tidak heran bila roti ini dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia oleh CNN. Croissant sendiri berarti bulan sabit, yang mana menggambarkan bentuk kudapan tersebut. Croissant tersedia di berbagai toko roti, supermarket sampai hotel berbintang. Cita rasanya cukup bervariasi, mulai dari keju, coklat, almond dan sandwich.

Meski banyak rasa yang dipopulerkan, di Prancis sendiri, Croissant umumnya dijual tanpa isi dan dimakan tanpa tambahan mentega. Cocok sekali dinikmati bersama segelas teh atau kopi sembari bersantai di sore hari.



Baguette

Baguette

Via theflavorbender.com

Crepes adalah makanan sejenis panekuk yang tipis dan biasanya disajikan dengan topping atau dilipat dan diisi dengan berbagai macam isian seperti selai, cokelat, buah berry, es krim, keju, ham, telur, dan sebagainya. Makanan ini berasal dari Bretagne, sebuah wilayah di Prancis bagian barat, di mana crêpe disebut sebagai kramphouezh. Di Prancis, Crepes biasanya disajikan secara tradisional pada Candlemas (La Chandeleur) yang jatuh pada tanggal 2 Februari. Makanan ini cocok untuk menjadi hidangan utama atau makanan penutup, tergantung dengan isiannya.



Escargot

Escargot

Via sbs.com.au

Dalam Bahasa Indonesia, “escargot” berarti siput atau bekicot. Makanan dari Prancis ini memang menggunakan bahan dasar hewan yang bernama latin Achatina Fulica tersebut. Mungkin bekicot bukan sajian yang lezat bagi beberapa orang, tapi apabila diolah dengan tepat justru akan menggugah selera.

Apalagi daging bekicot mengandung banyak protein, vitamin B2 serta asam amino yang baik untuk kesehatan. Berbagai negara, dua di antaranya Jepang dan Cina pun telah mengonsumsi hewan itu. Mereka biasa memasaknya dengan cuka, jahe dan kecap. Di Prancis sendiri escargot diberi campuran bawang putih dan mentega.



Confit de Canard

Confit de Canard

Via cuisine-et-mets.com

Bagi penyuka hidangan bebek, makanan khas Prancis ini sangat direkomendasikan. Bahan utamanya adalah kaki bebek yang dimatangkan selama 36 jam. Untuk memperkaya rasa, diberi campuran bawang putih, garam dan thyme yang dimarinasi selama 24 jam lebih supaya aromanya bisa terserap.

Kemudian, daging bebek bisa digoreng atau dipanggang sebelum dihidangkan bersama kentang dan bawang putih.



Soupe à l'oignon

Soupe à l'oignon

Via depositphotos.com/dar19.30

Hidangan ini terbuat dari rebusan kuah kaldu sapi kental yang dicampur dengan potongan bawang putih. Tidak sampai di situ, soupe a l’oignon juga dipresentasikan dengan suwiran daging ayam dan keju parut sebagai penambah cita rasa. Jika dilihat dari kualitas dan nilai gizi, makanan tersebut berhak menyandang gelar sebagai kuliner terenak di dunia.

Meski telah diciptakan sejak zaman Romawi, sajian yang bernama lain sup bawang Prancis itu baru dikenal dunia internasional pada tahun 1960-an. Bertepatan dengan hadirnya sejumlah investor yang memutuskan untuk membuka restoran Perancis di Amerika Serikat. Tidak membutuhkan waktu lama, soupe a l’oignon berhasil menarik hati masyarakat dunia.



Sumber:

pergikuliner.com
gotravelly.com