Blog Image

Blog

Jangan Dilanggar! Inilah Beberapa Larangan yang Harus Kamu Tahu Sebelum ke Prancis

September 8, 2019
/
Prancis , Tips
Jangan Dilanggar! Inilah Beberapa Larangan yang Harus Kamu Tahu Sebelum ke Prancis image

Via thoughtco.com



Prancis adalah salah satu negara di Eropa yang sangat diidam-idamkan banyak turis; kamu mungkin salah satunya. Nah, sebelum mengunjungi destinasi yang sangat kamu minati ini, ada baiknya kamu tahu tentang larangan-larangan yang berlaku di masyarakat Prancis. Kamu pasti tak mau kan liburanmu terganggu karena dicela akibat melanggar aturan-aturan di sana?!



Beranggapan semua orang bisa Bahasa Inggris

Meski banyak orang bisa Bahasa Inggris, tapi mayoritas warga Prancis tidak bisa bicara dalam Bahasa Inggris. Karena itu, sebelum mendarat di negara mode ini, kamu harus mempelajari beberapa kata dasar seperti "bonjour" yang berarti halo, atau "merci" yang berarti terima kasih.

Percaya deh, meski kamu tidak hafal banyak kata namun orang Prancis akan sangat menghargai jika kamu menyapa mereka dalam Bahasa Prancis sebelum memulai percakapan dalam Bahasa Inggris. Perlu diketahui juga, lupa mengucap salam termasuk dalam tindakan yang kejam saat berada di Prancis.



Membuat topik tentang uang

Berniat untuk mengajak ngobrol warga lokal saat berada di Prancis? Hindari topik-topik sensitif seperti uang, penghasilan, atau gaji ya! Bahasan seperti ini ternyata tabu lho untuk dibahas di sana. Jangan harap kamu bisa pamer dengan kekayaan yang kamu punya. Sebab, orang Prancis percaya tindakan ini dapat meningkatkan kecemburuan sosial di sana.



Berbicara keras di tempat atau transportasi umum

Kalau yang satu ini sih kayaknya nggak cuma di Prancis saja, ya. Tindakan lebay atau berisik tentu membuat orang merasa tak nyaman. Jadi, kalau kamu merasa bahan obrolanmu seru atau menarik, baiknya kamu ceritakan dengan intonasi yang pelan dan cukup didengar oleh lawan bicaramu saja, terutama di tengah publik yang banyak orangnya.



Memanggil pelayan restoran atau kafe sembarangan

Di Prancis, semua hal termasuk memanggil pelayan ada aturannya. Kamu tak bisa memanggil mereka dengan melambai asal-asalan apalagi sampai berteriak keras. Daripada sibuk memanggil pelayan, akan lebih baik jika kamu menunggu mereka yang mendatangi meja lebih dulu.

Jika setelah beberapa menit mereka tidak datang, kamu bisa melakukan kontak mata dengan pelayan terdekat dan mengangkat tangan sedikit sebagai kode agar pelayan segera datang.



Makan sebelum seluruh hidangan tersaji

Makan bersama penduduk lokal Prancis bisa jadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, kamu harus perhatikan makanan yang tersaji di sana. Jangan sampai kamu makan duluan padahal pesanan temanmu belum datang. Kamu tentu akan dianggap sebagai teman yang tak sopan.



Meletakkan barang bawaan di atas meja saat makan

Bagi orang Prancis, meja makan hanya digunakan untuk menyimpan makanan. Menaruh hp atau tas diatas meja terutama saat makan dianggap sebagai perbuatan yang tidak sopan bahkan dianggap sebagai perilaku kasar. Jadi sebelum kamu kena damprat pelayan restoran, lebih baik simpan semua barangmu di dalam tas dan meletakkannya di kursi.



Mengkritik makanan Prancis

Para koki atau warga Prancis sangat bangga dengan kemampuan masak atau rasa makanan Prancis. Biasanya mereka tak terima dengan kritikan dari wisatawan yang menyatakan makanan buatannya tidak enak. Nah, kalau kamu merasa makanan di sana kurang cocok sama lidahmu, baiknya diam saja deh.



Meminta makanan dimasak dengan cara yang berbeda dari menu

Para koki di restoran Prancis bekerja keras untuk menciptakan menu yang sempurna untuk tamu yang datang. Meminta makanan dimasak dengan cara yang berbeda atau meminta mereka tidak menggunakan bahan tertentu hanya akan membuat para koki merasa tidak dihargai.

Jika kamu masih nekat melakukannya, jangan kaget jika pelayan akan mendatangi kamu dan menjelaskan tentang betapa pentingnya semua bahan tersebut. Tapi jangan marah dulu ya, mereka tak bermaksud kasar, kok! Sebaliknya, para pelayan dan koki hanya ingin memberi pelayanan terbaik dengan membuatkan masakan yang sempurna untuk kamu nikmati.



Sumber:

blog.reservasi.com
idntimes.com