Blog Image

Blog

Mont Saint-Michel: Kota yang Mengapung di Atas Laut Selama Pasang Tinggi

September 19, 2019
/
Objek Wisata , Prancis
Mont Saint-Michel: Kota yang Mengapung di Atas Laut Selama Pasang Tinggi image

Via nationalgeographic.com



Prancis punya pulau dengan luas sekitar 100 hektare yang, walaupun mungil, dapat menarik jutaan turis tiap tahunnya. Adalah Mont-Saint Michel, pulau di Normandia, Prancis, yang menjadi salah satu destinasi impian para turis yang ke Prancis.

Mont Saint Michel terletak di area pasang, 600 kilometer dari bibir pantai. Untuk mencapainya, turis perlu berjalan ke arah laut pada jalan setapak menuju Mont Saint-Michel. Pulau itu tampak menjulang tinggi dengan bentuk tata kotanya yang mengerucut di tengah. Uniknya, di waktu pasang tinggi, pulau ini terlihat seperti mengapung di tengah laut, menciptakan pemandangan seperti di negeri dongeng.

Mont Saint-Michel

Via askideas.com

Pulau ini juga telah dinobatkan menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1979. Di pulau berbatu tersebut, turis bisa menjelajahi bangunan-bangunan tua bergaya medieval yang dibangun antara abad ke-11 dan 16.

Mont Saint-Michel

Via smithsonianmag.com

Mont-Saint Michel hampir tak berpenghuni. Berdasarkan sensus pada 2015, populasinya hanya 50 jiwa penduduk, termasuk para biarawati dan biarawan. Turis yang datang ke tempat ini malah lebih banyak dibandingkan total populasi tersebut, yaitu sekitar 2,5 juta orang per tahun.

Sebelum jalan setapak sepanjang 3.000 kaki dibangun untuk menghubungkan Mont-Saint Michel ke pulau utama, pulau kecil itu sangat susah diakses karena dipisahkan laut yang sedang pasang.

Mont Saint-Michel

Via ripleys.com

Titik paling tinggi di Mont Saint-Michel adalah 92 meter di atas permukaan laut, yakni biara Mont St Michel. Bangunan itu merupakan daya tarik utama bagi turis karena arsitekturnya yang bergaya gotik flamboyan. Biara itu dibangun pada abad ke-11 dan konon didirikan atas wahyu malaikat Mikail yang diberikan ke uskup kota Avranches pada 708. Malaikat Mikail memerintahkannya untuk membangun biara di pulau kecil berbatu.

Mont Saint-Michel

Via mydailydriver.fr

Kecantikan biara itu bak kastil abad pertengahan. Dari menaranya, turis bisa melihat lanskap seluruh pulau, karena letaknya yang berada di ‘puncak’ pulau.

Mont Saint-Michel

Via religion.wikia.org

Selain itu, tur dengan berjalan kaki menelurusi jalan-jalan berkelok di Mont Saint-Michel juga menyenangkan. Arsitektur bersejarah menghiasi tiap sudut jalan. Kita akan merasa seperti dalam film Harry Potter karena keunikan bangunan di sekitar kita.



Sumber:

kumparan.com
obonparis.com