Blog Image

Blog

Mau Liburan Hemat di Berlin? Coba Tips Ini!

October 14, 2019
/
Info , Jerman , Tips
Mau Liburan Hemat di Berlin? Coba Tips Ini! image

Via berlinpass.com



Tahun 2018 yang lalu, Berlin masuk dalam daftar 12 ibu kota negara di Eropa termurah untuk tujuan wisata. Daftar tersebut berdasarkan laporan tahunan City Costs Barometer Post Office. Tentu saja ini merupakan kabar baik bagi para pelancong yang ingin ke ibu kota Jerman tersebut, kan?

Meski begitu, jangan harap kamu bisa menikmati wisata murah di Berlin jika tanpa panduan yang baik, apalagi ini adalah pertama kalinya bagimu. Untuk itu, berikut ada beberapa tips dari Wego yang mungkin kamu butuhkan untuk menghemat pengeluaranmu saat jalan-jalan di Berlin.



Keliling Kota Naik Bus M100 dan M200

Berlin

Via berlin.de

Tak hanya murah, berkeliling kota Berlin naik bus M100 dan M200 adalah cara yang paling mudah. Bus tersebut melayani rute Alexanderplatz hingga Bahnhof Zoo dan melewati banyak tempat-tempat wisata yang paling banyak diminati oleh para turis. Bus M100 melewati atraksi wisatawan seperti Television Tower, Museum Island, Brandenburg Gate, sisi utara Tiergarten Park, Reichstag, Bellevue Palace, dan Siegessäule. Sedangkan bus M200 melaui sisi selatan Tiergarten Park dan Potsdamer Platz.



Gunakan Berlin WelcomeCard

Berlin

Via aliciamarietravels.com

Berkeliling kota dengan bus M100 dan M200 bisa lebih hemat waktu dan biaya jika menggunakan Berlin WelcomeCard. Kartu ini berfungsi sebagai tiket transportasi publik, seperti bus dan kereta, di Berlin sepuasnya. Tidak hanya berlaku bagi 1 orang dewasa saja, tapi kartu ini juga berlaku untuk satu orang tua dengan 3 orang anak-anak (6-14 tahun). Kamu bisa mendapatkan kartu ini dengan harga mulai dari 19,90 Euro (sekitar Rp335 ribu) untuk durasi 48 jam hingga 46,50 Euro (sekitar Rp784 ribu) untuk durasi 6 hari. Kerennya lagi, dengan kartu ini kamu juga bisa mendapatkan diskon hingga 50% di lebih dari 200 tempat wisata dan atraksi yang ada di Berlin, lho!



Kunjungi Tempat Wisata dan Atraksi Gratis

Berlin

East Side Gallery – via berlin.de

Berlin memiliki beraneka ragam pilihan tempat wisata dan atraksi yang bisa kamu nikmati tanpa biaya alias gratis! Sebut saja East Side Gallery. Galeri terbuka terpanjang di dunia yang merupakan bagian dari Tembok Berlin ini menampilkan lukisan karya 118 seniman dari 21 negara. Resmi dibuka pada 28 September 1990, galeri ini terbentang sepanjang 1,3 km dari Ostbahnhof dan Warschauer Straße.

Berlin

Via berlinstories.org

Di seberang East Side Gallery, terdapat Mercedes-Benz Arena yang merupakan arena indoor tempat penyelenggaraan banyak acara olahraga dan musik bertaraf internasional. Di pelataran depan Mercedes-Benz arena, kamu bisa menghabiskan waktu untuk piknik atau sekadar berjalan-jalan di River Spree.

Berlin

Reichstag – via exclusivegermany.com

Salah satu objek wisata yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Berlin adalah Reichstag. Di gedung parlemen Jerman ini kamu tak hanya bisa menikmati keindahan bangunannya saja, tapi juga sejarahnya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Berlin dari atas kubah bangunan. Reichstag buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 12 malam (waktu masuk terakhir pukul 10 malam). Meski tidak dipungut biaya, sangat disarankan untuk melakukan reservasi sebelum berkunjung.

Berlin

Via berlin.de

Atraksi dan tempat wisata lainnya yang bisa kamu nikmati secara cuma-cuma adalah Brandenburg Gate, Unter den Linden, dan Holocaust Memorial. Selain dari kubah Reichstag, untuk menikmati pemandangan indah di ibu kota Jerman ini, kamu dapat mengunjungi Nationaldenkmal (National Memorial) di Viktoria Park atau pergi ke jembatan-jembatan di sana seperti Behmstraßenbrücke, Eisenbrücke, atau Oberbaumbrücke.



Menikmati Seni dan Museum Gratis di Berlin

Berlin

Pasar Natal di depan Deutscher Dom – via myguideberlin.com

Beberapa museum membebaskan biaya masuk bagi anak-anak dan remaja hingga usia 18 tahun, contohnya The State Museum di Museum Island. Namun, banyak juga museum yang membuka pameran permanen mereka secara gratis. Salah satunya adalah Allied Museum, tempat kamu bisa mengetahui tentang masa lalu Berlin di masa Perang Dunia II. Kamu juga bisa pergi ke Haus der Wannsee-Konferemz (House of the Wannsee Conference) untuk mengingat kembali bagaimana kaum Nasional Sosialis merencakan genosida kaum Yahudi Eropa.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pameran secara gratis di Säulensaal (Hall of Columns) di Rotes Rathaus (Red Town Hall). Jika tertarik dengan sistem parlementer Jerman, kamu bisa mengunjungi Deutscher Dom (German Dome), atau pergi ke Museum der Stille (Museum of Silence) untuk bermeditasi.



Menyaksikan Parade dan Festival Jalanan

Berlin

Karneval der Kulturen – via uinnberlinhostel.com

Jika bepergian ke Berlin saat musim panas, jangan lewatkan serangkaian parade dan festival jalanan yang diselenggarakan di sana. Untuk menikmati parade dan festival tersebut tentu tidak dipungut biaya. Salah satunya adalah Karneval der Kulturen (Carnival of Cultures), festival tahunan yang diselenggarakan selama 4 hari berturut-turut. Menampilkan multikulturalisme kota Berlin yang menghadirkan lebih dari 5.000 partisipan.

Fête de la Musique juga menjadi festival favorit musim panas warga Berlin. Setiap tahunnya di tanggal 21 Juni, para musisi akan menampilkan live music di 100 panggung di jalan umum, alun-alun kota, ataupun taman terbuka. Mulai dari musik pop, rock hingga reggae dimainkan sehingga dapat menghibur berbagai masyarakat.

Berlin

Festival of Lights – via lightartblog.wordpress.com

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi pameran seni sementara Berlin Biennale di beberapa lokasi berbeda. Tak hanya itu, Festival of Lights yang merupakan agenda tahunan di Berlin sayang rasanya untuk dilewatkan. Selama 10 hari mulai dari tanggal 10 hingga 20 Oktober 2019, monumen-monumen, gedung-gedung, dan jalan akan diterangi oleh hiasan seni proyeksi dan video yang mengagumkan.



Berburu Barang dan Pakaian Murah di Flea Market

Berlin

Via visitberlin.de

Bepergian tanpa belanja rasanya kurang lengkap, ya? Saking banyaknya pilihan tempat yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja, Berlin dijuluki sebagai Capital of Flea Market atau Ibu Kota Pasar Loak. Pasar-pasar tersebut cocok entah untuk sekadar melihat-lihat atau mencari barang-barang berkualitas dengan harga murah. Barang-barang yang dijual berupa pakaian vintage, buku, piringan hitam, serta barang-barang antik lainnya. Kamu bisa pergi untuk book-haul di Antique and Book Market di Bode Museum. Kalau kamu mencari pakaian vintage, kamu bisa mengunjungi Marheinekeplatz, Mauerpark, Maybach Ufer, atau Arkonaplatz.



Jajan Kuliner Jalanan

Berlin

Via 10best.com

Kehidupan di Berlin sangat lekat dengan kuliner jalanan, tidak hanya enak tapi juga ramah di kantong. Yang wajib kamu coba adalah doner kebab di Mustafa’s Gemüse Kebap. Kedai ini merupakan doner kebab terpopuler di Jerman yang bisa kamu temukan di Mehringdamm. Hanya dengan 3,50 Euro kamu sudah bisa mendapatkan rasa original dengan daging ayam dan sayuran panggang.

Jangan lewatkan juga untuk mencicipi currywurst Berlin (sosis kari) di Curry 36. Kalau ingin mencicipi masakan Asia, kamu bisa berkunjung ke Miss Saigon di Kreuzberg. Tersedia pho segar, ayam, dan vegan spring roll, cocok untuk kamu yang ingin menyantap makanan ringan yang lezat.



Sumber: wego.co.id