Blog Image

Blog

Rovaniemi: Kampung Santa Claus dan Aurora Borealis

December 19, 2019
/
Finlandia , Objek Wisata
Rovaniemi: Kampung Santa Claus dan Aurora Borealis image

Via visitrovaniemi.fi



Korvatunturi (Ear Fell) di Lapland adalah kota yang diperkirakan sebagai daerah asal Santa Claus. Tidak diketahuinya lokasi tempat tinggal Santa Claus secara pasti, menyebabkan Santa Claus ‘mendirikan kantor’ pada tahun 1985 di Rovaniemi, ibukota Provinsi Lapland.



Kota Rovaniemi

Via santaclausreindeer.fi

Rovaniemi merupakan salah satu kota es yang memiliki musim dingin lebih panjang dibandingkan kota lainnya di Eropa. Rovaniemi bukanlah satu-satunya tempat di dunia ini yang disebut sebagai tempat tinggal Santa Claus. Orang Swedia meyakini bahwa Santa tinggal di Tomteland di Mora, di pinggiran Danau Siljan.

Sementara orang Amerika menganggap Santa tinggal di Kutub Utara. Namun, Rovaniemi memiliki sejarah otentik kuat sebagai tempat tinggalnya Santa Claus yang sebenarnya.

Sejarah panjang tersebut terus dilestarikan orang-orang Finlandia. Hingga akhirnya Rovaniemi dibuka umum sebagai tempat wisata, sekaligus tempat untuk mewujudkan mimpi masa kecil setiap umat Kristiani yang ingin bertemu Santa Claus. Tentunya bukanlah Santa Claus asli dari zaman dahulu.

Yang membuat kampung Santa Claus ini lebih spesial adalah letaknya berada di ujung utara garis lintang Lingkaran Arktik, berada sekitar tujuh kilometer dari Rovaniemi. Natal yang identik dengan salju tebal pun benar-benar tercipta di tempat ini.



Mengunjungi Santa Claus di 'Rumah Pribadi'nya

Via finland-holiday.com

Tujuan utama para turis mengunjungi Rovaniemi adalah untuk bertemu Santa Claus secara langsung. Datang ke Rovaniemi artinya kamu juga bisa mengunjungi Santa Claus di rumahnya yang terbuat dari kayu. Di tempat inilah ia membaca ratusan ribu surat dari anak-anak di seluruh dunia.

Meskipun sibuk dengan surat-surat tersebut, namun Santa senang hati membukakan pintu rumahnya bagi para pengunjung yang ingin menemuinya. Di musim dingin khususnya mendekati Natal, kamu harus reservasi jauh-jauh hari untuk bertemu Santa. Karena setiap harinya ada ratusan orang yang ingin bertemu dengannya.

Sebelum masuk ke rumah Santa, kamu dipersilakan memilih bahasa apa yang ingin digunakan untuk berkomunikasi dengannya. Anak-anak dipersilakan duduk di pangkuan lelaki gagah perkasa itu di atas kursi kayu sebelah perapian.

Sedangkan orang dewasa hanya diperkenankan berjabat tangan dengan Santa. Pengunjung diperbolehkan berfoto bersama Santa. Sayangnya tidak diperbolehkan mengambil foto dengan kamera pribadi, melainkan menggunakan jasa foto yang sudah dipersiapkan dan harus bayar sekitar 25-40 Euro.



Kantor Pos Besar Kampung Santa Claus

Via chinadaily.com

Di kampung Santa Claus ini dibuat kantor pos khusus untuk menampung surat-surat yang ditujukan untuk Santa Claus. Surat-surat berisi berbagai mimpi dan keinginan anak-anak tersebut disortir berdasarkan negara asalnya. Setiap tahunnya setengah juta surat mendarat di kantor pos ini.

Saat mengunjungi kantor pos ini, kamu bisa mengirimkan surat, kartu pos ataupun suvenir untuk orang-orang tercinta yang dikirimkan khusus dari sini.

Yang membuatnya berbeda dari kantor pos lainnya adalah cap pos khusus-nya. Tapi tenang saja, ongkos kirimnya tetap sama seperti pengiriman dari kantor pos lainnya.



Aurora Borealis tepat di atas kampung Santa Claus

Aurora Borealis

Via YouTube/Santatelevision

Jika kamu suka wisata museum, di sini ada Arctic Science Center and Museum. Kamu akan mendapat banyak pengetahuan tentang bagaimana hidup di daerah kutub yang dinginnya melebihi lemari es.

Tidak hanya kehidupan manusianya. Kehidupan hewan-hewan kutub juga ditunjukkan di museum ini. Dijamin kamu tidak akan rugi mengunjungi tempat yang berbeda dari museum-museum lainnya ini.

Ketika hari sudah gelap, saatnya mencari keberuntungan untuk melihat Aurora Borealis. Rovaniemi merupakan satu tempat untuk berburu Aurora Borealis dan kemunculannya di tempat ini cukup intens.

Jika tidak ingin kedinginan di luar dengan suhu yang bisa mencapai minus 30 derajat Celcius, kamu bisa memilih penginapan yang berbentuk rumah-rumah pohon, dan menunggu Aurora Borealis menari-nari di atas penginapanmu.

Tak hanya penginapan berbentuk rumah pohon. Penginapan berbentuk rumah igloo dan rumah dari kayu juga banyak disediakan di sini. Harganya mulai dari 200 Euro untuk satu malamnya.



Sumber:

idntimes.com
kumparan.com