google-site-verification=AOYRHgpDOntB3EvRlySAl_jg6Wg0X4N6Y_61RowWP8U

Fakta Jam Astronomi Praha, Jam Tertua di Dunia yang Masih Berfungsi


Fakta Jam Astronomi Praha, Jam Tertua di Dunia yang Masih Berfungsi image

Via successtours.com



Dengan usianya yang lebih dari 6 abad, Jam Astronomi Praha menjadi jam astronomi tertua ke-3 di dunia sekaligus jam tertua yang masih beroperasi. Jam Astronomi Praha mungkin tak sepopuler jam menara Big Ben, namun banyak alasan untuk mengunjungi jam bersejarah ini bahkan untuk sekadar melihat-lihat.

Jadi salah satu ikon kota, jam astronomi ini hampir tak mungkin kamu lewatkan saat bertandang ke Praha. Berlokasi di Old Town Square, kerumunan tak pernah absen untuk mendongakkan kepala hendak melihat uniknya jam yang sudah ada sejak 1410 ini. Karenanya, kamu harus tahu sederet fakta tentang jam astronomi Praha berikut.



Pernah rusak parah selama pemberontakan akan Nazi di Praha

Ketika sekutu 'menjemput' kemenangan atas Perang Dunia II pada 1945, pihak Nazi mulai menyabotase berbagai peralatan, termasuk salah satu bangunan bersejarah di Praha yang jadi tempat berdirinya jam astronomi. Alhasil, jam ini tak berfungsi sampai 1948 sebelum dilakukan proses perbaikan.



Beberapa yang mendesain jam astronomi Praha ini adalah seorang pendeta Katolik dan ilmuwan

Jam Astronomi Praha

Via picfair.com/Ryhor Bruyeu

Jam ini pertama dikonstruksi pada 1410 oleh dua laki-laki, yakni Mikulas dari Kadan, seorang pendeta Katolik, dan ilmuwan Jan Sindel. Pengaruh agama terlihat gamblang di sekitar jam, dengan 12 guru, serta kerangka yang merepresentasikan kematian.



Lebih tua 2 tahun dari Joan of Arc

Sudah ada sejak 1410, jam ini sudah berfungsi dua tahun sebelum Joan of Arc lahir. Waktu itu juga menunjukkan hampir satu abad sebelum lahirnya William Shakespeare. Tak hanya itu, jam astronomi Praha juga 310 tahun lebih tua dari Amerika Serikat.



Mitosnya bahwa Jam Astronomi Praha menghindari Praha dari kemalangan

Jam Astronomi Praha

Via expats.cz

Legenda mengatakan bahwa kota Praha akan tertimpa kemalangan ketika jam tua ini rusak. Lebih tepatnya, konon kemalangan akan menimpa kota jikalau jam ini terabaikan dan tak dipelihara. Sebuah cerita mengatakan, patung kerangka manusia yang ada di jam ini akan menganggukkan kepalanya ketika jam berhenti bekerja karena tak dipelihara, dan saat itulah ia akan mengutuk kota Praha sebelum jam diperbaiki.



Sumber:

fimela.com
discoverwalks.com




Related Post