google-site-verification=AOYRHgpDOntB3EvRlySAl_jg6Wg0X4N6Y_61RowWP8U

Fakta-fakta Kota Praha: Ada Wisata Korupsi!


Fakta-fakta Kota Praha: Ada Wisata Korupsi! image

Via corrupttour.com



Praha adalah salah satu kota di Eropa tempat kita bisa merasakan suasana layaknya di negeri dongeng, apalagi saat musim dingin. Ibu kota Republik Ceko ini diakui sebagai kota warisan budaya dunia (World Cultural and Natural Heritage) oleh UNESCO, dank ini merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan. Bangunan dan kastil kuno berarsitektur gotik yang menjulang tinggi akan memanjakan mata ketika memasuki kawasan jantung kota Praha. Menilik tentang Kota Paha, berikut beberapa fakta yang mungkin belum kamu ketahui.



Jam Astronomi Praha adalah yang tertua di dunia yang masih berfungsi

Jam Astronomi Praha

Via praguego.com

Jam yang dipasang pertama kali pada tahun 1410 ini terletak pada komplek Old Town Square atau Alun-alun Kota Lama di Jantung Kota Praha. Dengan usianya yang kini sudah lebih dari 6 abad, Jam Astronomi Praha adalah jam tertua pertama di dunia yang masih berfungsi, dan ketiga tertua di dunia secara umum. Setiap pukul 18.00 waktu setempat, biasanya banyak orang termasuk turis berkumpul di depan jam astronomi ini untuk menyaksikan bunyi terompet yang terdengar di waktu tersebut.



Salah satu kota di Eropa yang tidak dibom Hitler

Praha

Via interregeurope.eu

Kabarnya, Praha adalah salah satu dari sekian kota di Eropa yang tidak dibom pada Perang Dunia II. Menurut cerita setempat, Adolf Hitler suka dengan kota ini dan ingin menjadikan kota ini sebagai Ibukota Budaya Eropa.



Makanan khas Praha, roti yang dipanggang memutar menggunakan sebatang besi

Trdelník

Via itinari.com

Kalau lagi jalan-jalan ke Praha, jangan lupa cicipi berbagai makanan khasnya. Di antaranya ada Trdelník dan Goulash. Trdelník adalah kue pastry yang dipanggang dengan cara dililitkan pada sebatang besi, ditaburi kayu manis atau gula halus dan disajikan hangat. Sedangkan goulash adalah sup daging yang dicampur dengan paprika dan saus tomat segar, penyajiannya biasanya ditemani dengan roti kering.



Praha adalah kota yang menyediakan jasa Wisata Korupsi!

Corrupt Tour

Via dw.com

Satu hal yang unik dari Praha adalah di kota ini terdapat Corrupt Tour atau tur korupsi. Dalam tur ini, wisatawan akan diajak pemandu setempat berkeliling bangunan-bangunan bersejarah yang terkenal akan kasus korupsi. Wisata korupsi ini disebut-sebut yang pertama di dunia, lho!



Berbagai macam patung unik ada di kota ini

Sigmund Freud Statue Prague

Via blog.radissonblu.com

Sekilas jika dilihat dari jauh, patung ini seperti orang yang akan bunuh diri. Namun ternyata patung ini adalah salah satu karya David Cerny, yang terinspirasi dari Sigmund Freud, seorang ahli psikologi terkenal dari Rep Ceko yang punya fobia akan kematiannya sendiri.



Praha memiliki banyak bangunan artistik nan bersejarah

Prague Dancing House

Dancing House Praha – SH Photographie

Salah satu kawasan yang wajib untuk dikunjungi adalah Old Town Square atau Alun-Alun Kota Lama Praha. Selain Jam Astronomi Praha, wisatawan bisa menikmati suasana dengan duduk-duduk bersantai atau memesan makanan di cafe-cafe terbuka pinggir alun-alun.

Di Praha juga ada Dancing House atau gedung meliuk yang terkenal di kota ini dan sering difoto oleh banyak wisatawan.

Kastil Praha

Kastil Praha – via praguemorning.cz

Jangan lupa juga kunjungi salah satu ikon Praha, yaitu Prague Castle atau Kastil Praha yang telah dinyatakan oleh ‘Guiness Book of Records’ sebagai kastil kuno terluas di dunia. Katanya, luas kastil ini mencapai tujuh kali lapangan sepak bola, lho!



Lennon Wall, tembok untuk mengenang John Lennon

Lennon Wall

Via kafkadesk.org

Tembok yang terkesan kotor ini rupanya menjadi objek wisata yang unik di Kota Praha. Dengan bertuliskan berbagai macam karya John Lennon dan pesan-pesan perdamaian, Lennon Wall sudah ada sejak tahun 1980-an.



Sumber: hitsbanget.com


Related Post