google-site-verification=AOYRHgpDOntB3EvRlySAl_jg6Wg0X4N6Y_61RowWP8U

Pantai Suluban: Destinasi Unik dengan Tebing Batu Cantik untuk Para Peselancar


Pantai Suluban: Destinasi Unik dengan Tebing Batu Cantik untuk Para Peselancar image

Via hideawayresidencebali.com



Kamu pasti sudah tahu bahwa Bali sangat terkenal akan pantai-pantainya, bahkan hingga ke mancanegara. Objek wisata yang satu ini pun jadi destinasi bagi para bule-bule, terutama yang ingin berselancar atau surfing dan menikmati tebing-tebing di sekelilingnya, yaitu Pantai Suluban di Uluwatu, Bali.



Apa yang menarik di Pantai Suluban?

Pantai Suluban

Via pesona.travel

Pantai yang bernama lain Blue Point Beach ini mungkin tidak ideal untuk yang mau berjemur, namun sangat cocok untuk berselancar dan mengendarai kapal. Air di pantai ini juga sangat jernih dan terbagi dalam dua warna, bagian yang paling dalam akan berwarna biru tua dan bagian yang paling dangkal berwarna kehijauan serta dasar lautnya juga tampak sangat cantik sekali. Juga ada lubang-lubang besar di pantai ini yang akan terisi air jernih dari laut ketika ombak pasang. Lalu ketika ombaknya surut, kita bisa berendam di genangan-genangan air jernih tersebut, layaknya kolam namun alami. Dan yang paling menjadi ciri khas pantai ini adalah tebing-tebingnya.

Sebelum sampai ke pantai, kita akan melewati beragam kafe yang menawarkan pemandangan ke pantai. Memang, sebelum mencapai bibir pantai, terlebih dahulu kita harus berjalan kaki kurang lebih 200 meter dari areal parkir kendaraan dengan menuruni anak tangga. Setelah melewati anak tangga sekitar 50 meter, kita juga harus melewati lagi tangga yang lebih sempit dan kecil yang diapit oleh tebing batu karang putih, dan tak jarang kita harus antre untuk dapat melewati tangga ini.

Begitu sampai di ujung anak tangga yang paling bawah, mata kita akan disuguhkan pemandangan di dalam gua karang. Jika air laut sedang pasang, air laut akan memasuki gua tersebut. Ruangan gua lumayan luas, dan ada jalur untuk pejalan kakinya. Lantai gua juga dari pasir nan lembut. Jadi ramai sekali turis yang bertelanjang kaki melewati gua ini setelah berenang di pantai.

Blue Point Beach

Via binginbeach.com

Begitu ke luar dari celah tebing karang, pemandangan pantai yang indah disertai dengan deburan ombaknya akan menyambut kita dengan bahagia di Pantai Suluban ini. Karena ombaknya inilah Pantai Suluban sering dijadikan tempat berselancar.

Karena untuk mencapai pantai harus melalui lorong kecil di bawah bukit, maka tak heran jika pantai di sini dinamakan Pantai Suluban. Pantai Suluban berasal dari kata “mesulub” yang dalam Bahasa Bali berarti “lewat dalam sesuatu”.



Fasilitas

Pantai Suluban

Via mantai.id

Di sekitar pantai, kita bisa mampir ke berbagai kafe dan restoran yang terletak di atas tebing. Dari sini kita bisa lihat pemandangan yang memesona sambil icip-icip kuliner yang seru. Kalau mau belanja, ada toko-toko kecil di sekitar Pantai Suluban yang menjual aneka suvenir. Tak hanya itu, ada juga peralatan berselancar yang bisa dibeli bagi yang ingin berselancar.



Cara terbaik menuju Pantai Suluban

Pantai Suluban

Via mba-sensational.com

Karena lokasi pantai lumayan jauh dari pusat tempat wisata di Bali, seperti tempat wisata Jimbaran, atau tempat wisata Kuta, maka mencari sarana transportasi umum menuju pantai ini agak sulit.

Cara terbaik untuk transportasi ke sini adalah menggunakan jasa sewa mobil dengan sopir atau tanpa supir. Bagi yang suka mengendari sepeda motor, menyewa sepeda motor juga cara terbaik untuk transportasi menuju lokasi Suluban Beach Uluwatu.

Kalau tanpa sopir, maka coba ambil rute berikut: dari Bandara Ngurah Rai – Jalan By Pass Ngurah Rai – Jalan Raya Uluwatu – Jalan Raya Uluwatu Pecatu – Jalan Pantai Suluban – Pantai Suluban.



Sumber:

travel.detik.com
kintamani.id
pantainesia.com
pegipegi.com
trivindo.com
water-sport-bali.com
jejakpiknik.com


Related Post