google-site-verification=AOYRHgpDOntB3EvRlySAl_jg6Wg0X4N6Y_61RowWP8U

Beberapa Alasan untuk Mengunjungi Slovenia Sebagai Destinasi Eropamu!


Beberapa Alasan untuk Mengunjungi Slovenia Sebagai Destinasi Eropamu! image

Via feelfreeadventure.com



Slovenia mungkin belum banyak terdengar apalagi di kalangan wisatawan Indonesia. Padahal, banyak sekali yang ditawarkan oleh negara tempat kelahiran Melania Trump ini. Tempat-tempat berpemandangan indah bak lukisan yang tak ramai oleh turis dan beragam aktivitas seru adalah sebagian kecil dari yang tersaji di Slovenia.

Banyak sekali yang ditawarkan negara ini, hingga selanjutnya kamu akan mempertimbangkan untuk memasukkan Slovenia ke dalam daftar destinasi liburanmu nanti.

Info tentang Slovenia berikut ini adalah alasan-alasan kenapa kamu harus coba Slovenia untuk liburan nanti.



Salah satu negara paling aman di dunia

Slovenia

Via kimkim.com

Seorang pelancong berpengalaman, Michelle Rene, menceritakan pengalamannya yang merasakan langsung 'rasa aman' ketika liburan di Slovenia. Sebagai seorang solo traveler wanita, Michelle selalu merasa harus berhati-hati ketika berjalan-jalan sendirian. Namun di Slovenia, kekhawatiran tersebut hampir tak ada bahkan ketika ia berjalan sendirian pada malam hari.

Faktanya, Slovenia telah dinobatkan sebagai salah satu negara paling aman di dunia menurut data Global Peace Index tahun 2019. Dalam 15 negara yang berada di urutan pertama dalam data tersebut, Slovenia menempati urutan ke-8, sementara pada tahun 2018 Slovenia berada di urutan ke-11.

Namun begitu, bukan berarti kamu bisa meletakkan barang bawaanmu di mana saja, ya! Tetaplah berhati-hati tapi lebih santai.



Slovenia punya ibu kota terhijau di Eropa

Ljubljana

Via lonelyplanet.com

Ljubljana pernah dianugerahi European Green Capital 2016 dan hal ini tentu saja merupakan hal besar bagi para pelancong yang sadar lingkungan. Upaya ramah lingkungan diterapkan di kota ini, seperti menjadikan seluruh area pusat kota menjadi zona pejalan kaki saja, inisiatif untuk mengendarai sepeda di kota (ada program berbagi sepeda jika kamu ingin bergabung), dan bus umum berbahan bakar metana.

Slovenia memang menerapkan pariwisata yang berkelanjutan (sustainable tourism). Bahkan pada tahun 2018, National Geographic menobatkan Slovenia sebagai ‘The World’s Most Sustainable Country’ atau negara yang paling ‘berkelanjutan’ di dunia. Artinya Slovenia sebagai negara yang menerapkan pariwisata berkelanjutan sangat memperhatikan dan peduli dengan dampak terhadap lingkungan, sosial, budaya, ekonomi untuk masa kini dan masa depan bagi masyarakat lokal dan wisatawan. Keren, kan?



Relatif murah

Piran, Slovenia

Via Flickr/Jonathan Reid

Krisis zona Euro menghantam Slovenia pada akhir tahun 2000-an, yang menyebabkan harga-harga di Slovenia relatif lebih rendah, jika dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Untuk para backpacker yang selalu mencari destinasi murah, Slovenia adalah pilihan utama! Makan biasa hanya sekitar 7 Euro, bir hanya dibandrol harga sekitar 2,50 Euro, dan kita juga dapat membeli kopi lezat hanya dengan 1,30 Euro.



Pemandangan bagai negeri dongeng

Danau Bled berkabut

Via Instagram/krenn_imre

Danau Bled bisa dibilang objek wisata paling terkenal di Slovenia. Dan kalau kamu coba mencari-cari tentangnya di Google, maka yang akan tampil adalah foto-foto danau cantik yang dihiasi semacam kastil di tengahnya yang keseluruhannya seperti dalam negeri dongeng!

Tempat cantik semacam ini dapat banyak ditemui di Slovenia. Daratan Slovenia sendiri terdiri dari 60% hutan, yang menjadikannya negara berhutan paling banyak ke-3 di Eropa. Maka tak perlu ditanyakan lagi soal lanskapnya yang masih alami dan tentunya indah!



Destinasi semua musim

Lembah Soca

Via Instagram/fernwehzauber

Alam di Slovenia sangat mendukung wisatawan untuk menikmati liburannya di tiap musim. Saat musim panas, semi, atau gugur, kita bisa beraktivitas di tempat-tempat seperti hutan dan sungai, mulai dari bersepeda, hiking, memancing, atau sekadar nongkrong di tepi danau dan menikmati keindahannya. Sementara ketika musim dingin, pegunungannya di Slovenia yang berselimut salju bisa jadi destinasi yang tepat untuk bermain ski.

Seperti destinasi-destinasi lainnya di dunia, Slovenia juga akan ramai saat musim panas, namun tentunya tak seramai negara-negara lain.



Bisa mampir dari atau ke negara-negara tetangga dengan mudah

Julian Alps

Via Instagram/pr1mo_tours_bled

Venesia di Italia hanya berjarak 2 jam perjalanan dengan mobil dari perbatasan Slovenia, lho! Kamu bisa merencanakan trip Eropa dengan Slovenia, Italia, Kroasia, Austria dan Hongaria sebagai tujuannya dalam sekali tur, apalagi kalau kamu menyewa mobil di sana.

Dari Ljubljana juga mudah untuk naik kereta atau bus ke negara-negara terdekat. Dengan Eurail Global Pass, kamu bisa mengunjungi negara-negara terdekat tersebut dan mengakses tempat-tempat seperti Zagreb, Budapest dan Venesia dengan rute langsung.



Sumber:

livelikeitstheweekend.com
perjalanandunia.com


Related Post