google-site-verification=AOYRHgpDOntB3EvRlySAl_jg6Wg0X4N6Y_61RowWP8U

Tempat-tempat Terfavorit untuk Dikunjungi di Slovenia


Tempat-tempat Terfavorit untuk Dikunjungi di Slovenia image

dmphotography.it/Dario Martinenghi



Slovenia memang hanya negara kecil di Eropa dan belum banyak populer di kalangan wisatawan dunia. Namun justru karena masih 'sepi', kita bisa menikmati Slovenia tanpa keramaian yang bisa membuat kita tak sabar. Maka dari itu, negara ini sangat cocok bagi yang kurang suka dengan destinasi yang terlalu ramai, apalagi Slovenia tak berpenduduk banyak dan sebagian besar daratannya masih merupakan alam yang asri.

Berikut beberapa tempat di Slovenia yang biasanya jadi favorit para wisatawan yang berkunjung.



Ljubljana

Ljubljana winter

123rf.com/kasto

Ljubljana merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Slovenia yang memiliki perpaduan warisan budaya dari Jerman, Mediterania, dan Slovenia. Dalam bahasa Slovenia, 'ljubljana' berarti yang tercinta. Campuran dari bangunan arsitektur bergaya Baroque, Renaissance, dan Art Nouveau pun terlihat pada bangunan-bangunan di kota tua Slovenia.

Salah satu yang paling terkenal dari kota ini adalah Kastil Ljubljana. Kastil Ljubljana, yang dalam bahasa Slovenia disebut Ljubljanski Grad, adalah kompleks kastil yang berdiri di castle hill di atas pusat kota. Dari menara jam yang ada di kastil bersejarah ini, kita bisa menyaksikan pemandangan Kota Ljubljana yang menakjubkan dari ketinggian.



Danau Bled

Danau Bled saat musim gugur

Getty Images

Katanya, belum ke Slovenia kalau belum ke Danau Bled. Danau ini memang menjadi destinasi wajib bagi para pelancong. Danau yang telah dikenal sebagai surga selama berabad-abad karena keindahan alam dan legendanya ini memiliki warna air hijau zamrud dengan kastil abad pertengahan di tebingnya, dan dikelilingi oleh puncak tertinggi Pegunungan Alpen Julian dan Karavanke. Kastil yang bernama Kastil Bled ini merupakan spot terbaik untuk dapat menikmati keindahan Danau Bled.

Di tengah Danau Bled terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Bled. Pulau ini dapat diakses dengan menggunakan perahu kayu tradisional khas Slovenia yang disebut “pletnas”, dan dioperasikan oleh pendayung dalam posisi berdiri. Jika ingin merasakan sensasi mendayung tanpa bantuan pletnas ke pulau tersebut, kita dapat menyewa perahu kecil yang hanya dapat memuat tiga orang dewasa. Namun agar dapat mendayung dengan benar, diperlukan trik sehingga angin dapat membantu mengarahkan perahu ke arah yang tepat.



Taman Nasional Triglav

Taman Nasional Triglav

Via thekaydays.com

Sebagian besar Taman Nasional Triglav terdiri dari Pegunungan Alpen Julian, dengan puncak Gunung Triglav yang menjulang tinggi nan spektakuler. Puncak Gunung Triglav selalu berhasil membuat wisatawan terpana dengan keindahan dan pesonanya. Untuk petualangan yang lebih seru, cobalah mendaki Gunung Triglav dan dapatkan pemandangan luar biasa dari atas sana.

Masih di Taman Nasional Triglav, kita bisa mengunjungi Dataran Tinggi Pokljuka. Tempat yang berada di ketinggian 3600-4600 kaki ini merupakan starting point bagi para pendaki Julian. Pokljuka juga populer karena hutannya, padang rumput yang indah, dan terutama fasilitas-fasilitas yang dimilikinya untuk olah raga musim dingin.

Selain itu juga ada Danau Bohinj. Danau yang dijuluki ‘Danau di Ujung Dunia’ ini memiliki luas 318 hektare dengan perairan yang sangat jernih. Danau Bohinj bahkan menjadi tempat 'pelarian' novelis ternama Agatha Christie hingga filsuf seperti Jean-Paul Sartre. Katanya, Agatha Christie yang terkenal sebagai penulis novel detektif berbau misteri tersebut terpesona dengan keindahan tempat ini. Tapi tempat ini tak pernah ia jadikan 'setting' untuk cerita-ceritanya yang biasanya tentang pembunuhan. Ia bilang bahwa tempat ini 'terlalu cantik untuk dijadikan tempat pembunuhan'.



Lembah Soca

Sungai Soca di Lembah Soca

Via Flickr/Kaja Avberšek

Walaupun lembah Soca ini dulunya menjadi salah satu area perang brutal, sekarang tempat ini malah menjadi salah satu destinasi wisata paling terkenal di Eropa, dan tentu saja bentang alam yang indah adalah salah satu alasan utama para wisatawan untuk datang ke sini.

Sungai Soca adalah salah satu daya tarik di lembah ini. Banyak sungai di dunia yang airnya luar biasa jernih. Tapi sungai berwarna toska dari hulu sampai hilir, mungkin hanya di Lembah Soca. Sangat jarang sungai di dunia yang warnanya unik dan konstan seperti ini. Karena warnanya ini, Sungai Soca dijuluki 'The Emerald Beauty' atau 'Keindahan Zamrud', tak heran sungai ini dijadikan lokasi pengambilan gambar film Narnia 2.

Turis bisa menyambanginya dari Kota Gorizia, dan melakukan beberapa aktivitas seperti bersepeda gunung, rafting, kayaking, paralayang, dan lain-lain.



Gua Postojna dan Kastil Predjama

Bagian dalam Gua Postojna

Via postojnska-jama.eu

Gua Postojna merupakan jaringan gua terpanjang kedua di Slovenia. Di sini, wisatawan bisa menelusuri dalam gua dengan naik kereta sederhana. Kita pun hanya perlu duduk manis dan menikmati keindahan interior gua dari awal hingga akhir. Tentu saja kalau tak mau naik kereta, kita bisa jalan kaki saja. Uniknya, terdapat setidaknya 100 binatang yang menghuni gua ini.

Kastil Predjama

Via tripnstay.com

Tak terlalu jauh dari gua ini, kita bisa mampir ke Kastil Predjama. Keunikannya adalah kastil ini terletak di mulut gua. Ketinggiannya mencapai 123 meter dari permukaan tanah. Bagian dalamnya pun layak dieksplorasi, menawarkan petualangan di labirin terowongan bawah tanah yang menarik yang terhubung langsung ke gua karst. Kastil yang merupakan perpaduan antara gaya Gothic dan Renaissance ini dinobatkan sebagai kastil gua terbesar oleh Guiness World Record. Bayangkan saja, kastil dengan bangunan 4 lantai berada di mulut sebuah gua!



Piran

Piran

Via Flickr/Jonathan Reid

Terletak di pesisir Laut Adriatik, Piran merupakan salah satu kota tercantik di Slovenia. Cobalah berjalan-jalan di Kota Lama; di sini kamu akan melihat langsung mengapa orang-orang menjulukinya miniatur Venesia.



Kranjska Gora

Kranjska Gora

Via kongres-magazine.eu

Dengan ketinggian 806 mdpl, suhu di wilayah Kranjska Gora masih terbilang sejuk meskipun sedang musim panas di Slovenia. Kota kecil ini dikenal sebagai kota olah raga musim dingin yang selalu menyelenggarakan event tahunan yaitu Piala Dunia Ski dan Lompat Ski, yang juga dikenal sebagai Piala Vitranc.

Kranjska Gora memang populer untuk kegiatan musim dingin seperti ski lintas alam, hiking di musim dingin dan lainnya. Kota kecil ini juga punya pemandangan gunung yang memukau, akses yang sangat mudah ke Taman Nasional Triglav dan cocok juga untuk kegiatan musim panas seperti hiking, camping, bersepeda gunung dan lain-lain.



Maribor

Kebun anggur di Maribor

Via blitzcroatia.com

Maribor terletak di kaki gunung, tepatnya Gunung Pohorje, yang dipercantik oleh lembah anggur yakni Lembah Drava. Lembah inilah yang menghasilkan salah satu wine terbaik di Eropa.

Tempat pertama yang wajib dikunjungi di Maribor adalah Lent, kawasan kota tua yang penuh dengan bangunan bersejarah. Old Vine House, Water Tower, Judgement Tower, Synagogue, Jewish Square, dan Jewish Tower bisa dikunjungi satu per satu. Setelahnya, kita juga bisa bersantai di bantaran Sungai Drava yang membelah Kota Maribor.

Old Vine merupakan rumah penghasil anggur tertua di dunia, umurnya 450 tahun! Jika berkunjung pada akhir September, kita bisa menikmati Old Vine Festival untuk mencicipi beragam anggur yang nikmat. Sempatkan diri untuk mengunjungi Castle Square. Maribor Castle akan menjadi mesin waktu kembali ke abad 15, dan Maribor Regional Museum siap memperkaya khasanah sejarah dan budaya tentang Slovenia, juga Eropa.



Sumber:

republika.co.id
home.co.id
travelingyuk.com
kumparan.com
perjalanandunia.com
merdeka.com
adventuretravel.co.id
travel.detik.com


Related Post