google-site-verification=AOYRHgpDOntB3EvRlySAl_jg6Wg0X4N6Y_61RowWP8U

INI DIA 7 STREET FOOD UNIK KHAS ITALIA YANG BIKIN PENASARAN!


INI DIA 7 STREET FOOD UNIK KHAS ITALIA YANG BIKIN PENASARAN! image

Kalau mendengar kata Italia, apa sih yang pertama kali ada di pikiranmu?

Yap, kebanyakan orang akan langsung teringat dengan pizza atau spaghetti. Tapi ternyata masih banyak loh street food unik khas Italia yang mungkin ingin kamu cicipi ketika berlibur ke Italia. Apa aja ya? Yuk kita simak...

1. Arancini

Bola nasi yang digoreng sampai kuning keemasan ini mempunyai tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, diisi dengan keju, kacang polong, dan bisa juga diisi dengan ayam atau sapi cincang. Hmmm pastinya akan semakin lezat kalau menyantap arancini ini selagi masih hangat yaa. Kalau di Indonesia mungkin arancini ini mirip dengan kroket.

2. Sgagliozze

Sgagliozze ini terbuat dari polenta. Polenta sendiri ialah tepung jagung yang direbus lalu dibiarkan dingin agar mengeras. Setelah polenta mengeras, lalu iris membentuk persegi panjang kemudian digoreng. Makanan gurih ini berasal dari daerah Bari.

3. Trapizzino

For your information nih, trapizzino ini sebenarnya adalah nama toko street food di Italia yang kemudian populer menjadi sebutan makanan. Didirikan pada tahun 2008 oleh Stefano Callegari. Trapizzino ini sekilas terlihat seperti pizza, namun Stefano Callegari menginovasi pizza dengan membuatnya lebih tebal berbentuk segitiga kemudian di isi dengan berbagai macam isi sesuai selera seperti buntut sapi rebus, babat, cumi-cumi, dan masih banyak lainnya. Tampilannya juga dibuat sederhana sehingga memudahkan untuk dimakan.

4. Folpetti

Jika kamu tau makanan khas Jepang yaitu chuka ikado, folpetti ini seperti kembarannya. Karena sama-sama berbahan dasar bayi gurita. Folpetti diolah dengan menggunakan perasan lemon, peterseli, lada hitam, garam, dan minyak zaitun. Sebelumnya, bayi gurita direbus terlebih dahulu dengan air dan perasan lemon, lalu ditiriskan.

5. Calzone

Calzone adalah makanan yang berbentuk seperti pastel yang memiliki ukuran yang jumbo. Calzone sendiri merupakan makanan asli dari Italia dan masih satu varian dengan pizza. Makanan ini dibuat dengan adonan roti asin yang diisi dengan ham, sayuran, ricotta, mozzarella, parmesan atau keju pecorino dan dipanggang dalam oven. Makanan ini bisa dikatakan memiliki ukuran yang besar namun para pedagang kaki lima sering menjualnya dalam ukuran lebih kecil, sehingga memudahkan untuk memakannya sambil jalan-jalan santai. Calzone ini termasuk street food terenak dan terpopuler di Italia, jika kamu berkunjung ke Italia wajib coba ya!

6. Panino Con Porchetta

Porchetta bisa dibilang merupakan street food yang paling banyak dijumpai di Italia tengah. Biasanya porchetta ini banyak dijual diatas truk-truk bercat putih. Untuk membuatnya, daging babi yang telah dihancurkan kemudian diisi, dibumbui dengan garam dan rempah-rempah, lalu digulung dan dimasak perlahan di atas tungku besar. Daging babi kemudian diiris menjadi potongan-potongan kecil. Porchetta ini bisa langsung dimakan atau disajikan di sela-sela roti kering (panino).

7. Lampredotto

Jika kamu berniat membeli makanan ini, kamu dituntut harus sabar karena panjangnya antrean. Kebayang dong enaknya makanan ini? Makanan ini terbuat dari isi perut sapi, dimasak dalam kaldu tomat, bawang, seledri, dan peterseli yang gurih, dan memiliki aroma yang sangat enak. Lampredotto dapat disajikan langsung di atas piring, atau ditambahkan dalam roti sandwich dengan roti semelle. Jika kamu memilih sandwich, disarankan memilih roti bagnato, lalu kemudian dicelupkan ke dalam kaldu. Jika kamu tidak suka makanan yang dibuat dari isian perut hewan, jangan khawatir, masih banyak rekomendasi street food lainnya di Italia yang tidak kalah lezat!

Nah gimana?

Tertarik untuk mencoba salah satu street food unik khas Italia yang sudah disebutkan tadi? Bisa dimasukkan dulu ke wish list kamu yaa!

 

Sumber :

idntimes

blogunik

cntraveler


Related Post