google-site-verification=AOYRHgpDOntB3EvRlySAl_jg6Wg0X4N6Y_61RowWP8U

Keindahan Museum of Islamic Art di Doha, Qatar


Keindahan Museum of Islamic Art di Doha, Qatar image

Kalau kamu sedang berkunjung ke Timur Tengah, khususnya Qatar. Maka jangan lupa untuk mengunjungi museum seni Islam di Doha.

Museum of Islamic Art atau yang lebih dikenal dengan sebutan “MIA” dibangun di semenanjung buatan di Doha yang lokasinya berada di sebelah Barat Corniche Doha. Jaraknya hanya 15 menit dari Bandara Internasional Hamad ke museum dan kita juga bisa berjalan kaki dari Souq Waqif. Ada juga bus gratis dari Mathaf setiap hari Rabu hingga Minggu mulai pukul 11.00 hingga 17.00 sore.

Bangunan ini memiliki lima lantai, diatapi oleh kubah atrium yang tingginya hampir sama dengan menara pusat kota. Selain penghias, batu kapur berwarna krem ini bisa digunakan untuk menangkap perubahan cahaya dan bayangan pada siang hari.

Museum yang di resmikan pada tahun 2008 ini, merupakan karya dari Arsitek berkebangsaan Amerika Serikat kelahiran China, bernama Leoh Min Pei. Museum ini didedikasikan untuk menjadi museum seni Islam terdepan di dunia, sekaligus sebagai pusat pendidikan dan informasi di bidang seni dunia Islam.

Pembangunan museum ini juga bertujuan untuk mengabadikan koleksi karya seni Islam, menampilkan pameran, berbagi pengetahuan, menyebarkan rasa ingin tahu, pengertian, dan kegembiraan. Hal ini tentunya menjadikan museum ini sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan dan menikmati warisan seni dan budaya Islam pada masa lampau.

Di dalam museum, pengunjung bisa melihat aneka koleksi, seperti keramik, kaca, lampu, vas bunga, logam, perhiasan, kayu, manuskrip, karpet, bebatuan, senjata, gading, tembikar, dan tekstil yang diperoleh dari 3 benua serta berasal dari abad ke-7 sampai abad ke-19.

Setiap koleksi barang antik di MIA didokumentasikan dengan menggunakan sistem komputer modern. Setiap objek juga dilengkapi dengan informasi paling mutakhir.

Selain itu, tamannya pun menjadi daya tarik dari museum ini. Sebab, di area taman biasanya diadakan berbagai acara, seperti bazar, konser musik, nonton film di area terbuka bersama Institut Film Doha, PaddleFit atau pelatihan papan dayung mendayung dan teknik kayak.

Setiap hari Minggu, Selasa, dan Kamis pada pukul 18.00 hingga 19.00, di area taman diadakan kelas Bootcamp. Lalu, pada Selasa pukul 17.00, taman dikhususkan untuk perempuan beraktivitas olahraga kardio dan resistensi untuk kebugaran dan penurunan berat badan.

Menarik bukan? Buat kamu yang mencintai seni, tentunya wisata ini sangatlah cocok untuk kamu tambahkan ke dalam Bucket List kamu! ^^


Related Post