google-site-verification=AOYRHgpDOntB3EvRlySAl_jg6Wg0X4N6Y_61RowWP8U

Tempat Ibadah di Dunia dengan Design Mengagumkan


Kalau yang kita tahu kebanyakan bangunan tempat ibadah hanya dibangun dengan desain yang biasa-biasa aja, kali ini kita bahas tempat ibadah yang desain bangunan maupun interiornya terbilang rumit dan terlihat megah. Mau tau apa aja? Yuk kita bahas..

1. Paro Taktsang di Bhutan

Paro Taktsangini terletak di atas tebing berketinggian lebih dari 10.000 kaki di atas permukaan laut. Paro Taktsang ini juga sering disebut biara Tiger Nest. Biara ini dibangun di sekitar pintu masuk ke gua di tahun 1692 oleh penguasa Gyalse Tenzin Rabgye, tapi kemudian terbakar habis dalam kebakaran dahsyat di tahun 1998. Seluruh kompleks dibangun kembali pada tahun 2005.

 

Kompleks kuil ini dibangun pertama kali pada tahun 1692. Legenda yang melekat pada kuil ini adalah konon dahulu di sekitar gua Taktsang Senge Samdup ada seorang guru Padmasambhava yang disebut telah bermeditasi selama tiga tahun, tiga bulan, tiga minggu, tiga hari, dan tiga jam pada abad ke-8. Padmasambhava dikenal sebagai penyebar ajaran Buddha kepada masyarakat Bhutan dan dewa pelindung negeri. Saat ini, Paro Taktsang sangat dikenal karena gua tiga belas taktsang atau "sarang harimau" tempatnya bermeditasi.



2. Wat Rong Kuhn di Thailand

Wat Rong Khun adalah sebuah kuil Buddha dengan arsitektur non-konvensional yang terletak di Chiang Rai, Thailand. Kuil yang serba putih di Thailand ini adalah yang paling unik di antara kuil Buddha lainnya di dunia. Kuil ini di desain rumit serta terdapat hiasan khas yang dibuat oleh seniman Chalermchai Kositpipat. Dalam pembangunan kuil ini diperkirakan baru selesai dalam jangka waktu 90 tahun. Kuil yang terkenal karena gaya arsitekturnya yang aneh sekaligus unik ini memiliki nuansa surealis dipadukan dengan detail arsitektur tradisional Thailand. Hal tersebut yang membuat kuil ini menimbulkan kesan megah.

Wat Rong Khun dirancang pada tahun 1997, bangunan utamanya dicat serba putih untuk menggambarkan kesucian Buddha.

3. Chapel of the Holy Cross, Sedona, Arizona

Chapel of the holy cross atau kapel salib suci adalah kapel Katolik Roma yang dibangun di buttes Sedona, Arizona .

Pada 1930, pematung Marguerite Brunswig Staude terinspirasi untuk membangun sebuah katedral gedung pencakar langit di Eropa dan meminta bantuan Lloyd Wright. Gereja Katolik ini selesai pada tahun 1956, dengan bantuan dari San Francisco firma, dan dua orang arsitektur Anshen & Allen. Pada gereja ini juga terdapat salib besar di ketinggian batu merah yang terjal dan didefinisikan sebagai siluet struktur.

4. Sakirin Mosque, Istanbul

Masjid Sakirin adalah salah satu masjid yang berada di Istanbul , Turki. Memiliki luas 10.000 meter persegi. Dibangun oleh keluarga Turki sebagai penghormatan kepada orang tua mereka, yaitu Ibrahim Sakir dan Semiha Sakir. Masjid ini mulai dibuka pada tanggal 7 Mei 2009. Bangunan ini terletak di salah satu pintu masuk Pemakaman Karacaahmet di Üsküdar. Masjid ini adalah satu-satunya masjid yang dirancang oleh seorang wanita, yaitu Zeynep Fadillioglu. Zeynep Fadillioglu ini juga merupakan desainer perhotelan terkenal. Semasa perancangannya, Fadillioglu membayangkan interior dan membuat modifikasi arsitektur untuk bangunan setelah arsitek Husrev Tayla meninggalkan proyeknya sebelum selesai. Desain nya, yang meliputi lampu besar menyerupai air hujan yang jatuh, pirus mihrab cerah, dan jendela tertutup logam yang rumit, menafsirkan desain tradisional Islam melalui lensa kontemporer.

Pembangunan masjid ini memakan waktu sampai empat tahun. Masjid ini memiliki dua menara , masing-masing setinggi 35 meter, dan kubah aluminium komposit. Kaligrafi di bagian dalam kubah ditulis oleh Semih ─░rtes. Jendela-jendela besar di tiga sisi aula doa dirancang oleh Orhan Kocan.

5. Sri Ranganathaswamy Temple, Tamil Nadu, India

Kuil Ranganathaswamy ini juga dikenal sebagai Thiruvaranga Tirupati, terletak sekitar 12 kilometer dari utara kota Tiruchirappalli , sekitar 325 kilometer barat daya Chennai . Kota ini terhubung setiap hari ke kota-kota besar lainnya dengan jaringan Kereta Api India, layanan bus Tamil Nadu, dan Highway. Situs ini juga berada di dekat Bandara Internasional Tiruchirappalli, sehingga memudahkan buat kamu yang berencana mengunjungi situs ini.

Kuil Sri Ranganathaswamy atau Thiruvarangam adalah kuil Hindu yang didedikasikan untuk Ranganatha, bentuk berbaring Dewa Hindu Maha Vishnu. Kuil ini dibangun dengan gaya arsitektur Dravida. Saat ini, kuil Sri Ranganathaswamy menjadi candi hindu yang berfungsi terbesar di dunia

Sayangnya, kepastian mengenai kapan kuil ini dibuat masih belum diketahui. Namun prasasti arkeologi menyebutkan bahwa kuil ini berasal dari abad kesepuluh.

6. Las Lajas Sanctuary di Colombia

Las Lajas Sanctuary adalah basilika Gereja yang terletak di selatan Kolombia, tepatnya di kotamadya Ipiales , dan dibangun di dalam ngarai dari Sungai Guáitara .

Gereja yang dibangun dengan gaya Kebangkitan Gotik antara tahun 1916 dan 1949, memakan waktu hingga 33 tahun untuk. Nama Lajas ( lempengan ) berasal dari nama sejenis batuan sedimen datar yang mirip dengan batu serpih dan batu tulis .

Kuil Bunda Maria dari Las Lajas adalah gereja basilika Katolik Roma yang didedikasikan untuk penghormatan Bunda Maria dari Las Lajas Ipiales. Gereja ini telah menjadi tujuan wisata dan ziarah sejak abad ke-18.

Gereja ini dibangun dengan sumbangan dari pengunjung gereja setempat. Gereja ini memiliki ketinggian 100 meter dari dasar ngarai dan terhubung ke sisi berlawanan ngarai dengan jembatan setinggi 50 meter.

7. The Hassan II Mosque di Morocco

Sebagai masjid terbesar di Maroko dan terbesar ke 7 di dunia, masjid ini juga menawarkan pemandangan dari ketinggian 689 kaki. Dengan pemandangan langsung Samudera Atlantik membuat masjid ini semakin menakjubkan. Kebayang dong kalau kamu beribadah di masjid ini, atau hanya untuk menikmati pemandangan disekitarnya, pasti bikin adem!

8. Great Mosque of Djenné, Djenné, Mali

Pada wal pembangunan abad ke-13 dan mengalami rekonstruksi pada tahun 1970, Masjid Agung Djenné ini hanya terbuat dari batu bata lumpur dan jerami lalu ditutupi dengan plester lumpur dan balok kelapa-kayu. Setiap tahun selama festival yang dikenal sebagai Crepissage de La Grand Mosquée, tukang batu lumpur menambahkan lapisan baru, menggunakan balok dari façade sebagai perancah. Seiring waktu, Masjid ini sekarang telah menjadi situs Warisan Dunia oleh UNESCO.



9. Rumah Doa Bukit Rhema, Gereja Ayam, Magelang-Indonesia

Kalau tempat ibadah yang udah disebutin tadi berasal dari luar negeri, kali ini berasal dari Indonesia nih. Ya! Tempat ibadah tersebut berasal dari Magelang, Jawa Tengah.

Bangunan berbentuk seperti ayam ini disebut sebagai Rumah Doa Bukit Rhema, namun kebanyakan orang juga sering menafsirkan sebagai sebuah gereja, sehingga rumah doa ini terkenal dengan sebutan Gereja Ayam.

Namun pada kenyataannya, sang pendiri Daniel Alamsjah bertujuan membuat sebuah tempat peribadatan bersama yang bisa digunakan untuk semua pemeluk agama. Tempat ini juga sebelumnya pernah dijadikan masjid, gereja dan bahkan vihara.

Gereja ayam ini jadi hits setelah kemunculannya dalam setting film AADC2. Bentuk bangunannya yang unik menyerupai ayam membuat tempat ini tidak boleh kamu lewatkan kalau berkunjung ke Magelang.

10. Golden Temple, Amritsar, India

Golden Temple ini juga disebut Sri Harmandir Sahib atau Sri Darbar Sahib adalah kuil paling suci dalam agama Sikh. Terletak di barat laut India, dekat perbatasan Pakistan.

Kuil yang terbuat dari marmer ini dibangun pada tahun 1601 oleh Guru Arjan Sahib dan terletak ditengah kolam serta dapat dilalui oleh jembatan yang juga terbuat dari marmer sepanjang 202 kaki. Interior megah dihiasi dengan permukaan emas dan bertatahkan marmer dan dilengkapi dengan batu semimulia. Bangunan ini melewati penyepuhan eksterior tahun 1830, ketika Maharaja Ranjit Singh mensponsori beberapa perbaikan mewah.



11. Masjid Tiban, Malang

Nah, yang satu ini berasal dari Indonesia juga. Namanya Masjid Tiban yang terletak di Malang, Jawa Timur. Dari warnanya saja, bangunan Masjid Tiban ini memang sangat nyentrik. Interiornya pun sangat mewah dan detail.

Satu lagi cerita dibalik Masjid Tiban ini adalah mengenai kepercayaan warga sekitar bahwa masjid ini dibangun oleh jin karena seolah muncul tiba-tiba di tengah perkampungan penduduk. Tidak heran masjid ini pun akhirnya banyak dikunjungi para wisatawan yang penasaran. Kamu penasaran juga dengan masjid yang satu ini? Yuk berkunjung ke Malang.


Related Post