google-site-verification=AOYRHgpDOntB3EvRlySAl_jg6Wg0X4N6Y_61RowWP8U

5 Peraturan di Belanda Yang Wajib Kamu Ketahui!


5 Peraturan di Belanda Yang Wajib Kamu Ketahui! image

Halo, sahabat Global Komunika!

Bagi kamu yang berniat untuk pergi berlibur ke Belanda setelah Pandemi Covid-19 ini berakhir, kamu wajib banget nih buat tahu hal-hal apa aja sih, yang menjadi pantangan atau larangan di Negara Kincir Angin ini!

1. Jangan berjalan kaki di jalur sepeda

Sepeda menjadi transportasi utama bagi masyarakat Belanda. Jika kamu sedang berjalan-jalan di kota besar, kamu jangan heran jika melihat orang-orang akan mengendarai sepeda dengan kecepatan 30-50 km/jam. Oleh karena itu, setiap jalur sepeda di setiap sudut kota di Belanda tidak boleh dilewati sembarangan. Meski sekadar  berjalan kaki, namun hal itu dianggap sangatlah mengganggu bagi para pengguna sepeda. Peraturan ini juga tidak berlaku hanya untuk para pejalan kaki, pengguna kendaraan roda empat maupun roda dua seperti motor pun juga harus mematuhi peraturan ini.

 

2. Dilarang menggunakan penutup wajah di ruang publik

Terhitung sejak tanggal 1 Agustus 2018, Belanda resmi memberlakukan undang-undang yang melarang penutup wajah di ruang publik seperti sekolah, rumah sakit, gedung pemerintah, dan transportasi publik. Larangan ini berlaku untuk pemakaian masker ski, helm yang tertutup penuh, balaclavas (semacam masker ninja), nikab, dan burkak. Namun, tidak ada larangan jika penutup wajah itu digunakan di jalanan.

Selain itu, pihak berwenang diperbolehkan meminta warga maupun turis untuk membuka penutup wajah itu, dan jika warga atau turis yang bersangkutan menolak, maka akan dikenakan denda berkisar 150 euro sampai 410 yang setara dengan Rp. 6,7 juta. Akan tetapi, beberapa politisi menentang kebijakan tersebut karena dianggap menekan kebebasan beragama.

 

3. Tertib ketika menaiki eskalator

Warga Belanda dikenal sebagai orang yang sangat tertib. Hal ini pun berlaku saat mereka menaiki eskalator. Sisi kanan anak tangga selalu digunakan untuk para pengguna eskalator yang hanya ingin berdiam untuk naik ataupun turun lantai. Namun, untuk mereka yang sedang terburu-buru bisa menggunakan sisi kiri anak tangga eskalator.

Jadi, jangan harap kamu bisa seenaknya berdiri di sisi kiri eskalator kalau tidak mau ditegur oleh orang-orang di sana yaa.

 

4. Jangan menggunakan ponsel ketika sedang bersepeda

Jika kamu menerima telepon saat sedang bersepeda di Belanda, maka sebaiknya kamu segera berhenti sejenak dan menepi sejenak ke pinggiran jalan untuk menerima telepon tersebut. Namun, apabila kamu tetap ngeyel  menerima telepon saat sedang  menaiki sepeda, maka bersiaplah kamu akan dikenai denda sebesar 250 USD atau setara dengan Rp. 3,5 juta.

 

5. Menghormati esksistensi kaum LGBT

Eksistensi LGBT tentunya masih dianggap tabu bagi sebagian masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Akan tetapi hal ini tidaklah berlaku di Negara Kincir Angin ini. Belanda dikenal akan kebijakan liberalnya, dan pada umumnya penduduk Belanda mendukung toleransi dan kesetaraan hak LGBT, walaupun Kristen konservatif dan imigran Muslim cenderung menolak. Bahkan pada tahun 2001, Belanda melegalkan pernikahan sesama jenis. Oleh karena itu, baiknya kamu tetap menghormati tradisi dan budaya yang ada di sana.


Related Post