google-site-verification=AOYRHgpDOntB3EvRlySAl_jg6Wg0X4N6Y_61RowWP8U

6 Hidangan Khas Ramadhan dari Berbagai Belahan Dunia


6 Hidangan Khas Ramadhan dari Berbagai Belahan Dunia image

Halo, sahabat Global Komunika! Bagaimana dengan puasanya? Lancar? Tidak terasa yah, sudah lebih dari satu minggu ini kita menjalani ibadah puasa.

Bulan suci Ramadhan biasanya identik dengan berbagai kegiatan berkumpul bersama keluarga besar dan teman-teman. Sayangnya, di kesempatan Ramadhan kali ini kita harus menerapkan Social Distancing untuk mengurangi penyebaran Virus Covid-19.

Namun meskipun ramadhan kali ini terasa “berbeda”, ciri khas suasana Ramadhan tidaklah menghilang begitu saja, salah satunya dengan menyediakan berbagai hidangan khas yang jarang sekali kamu temui di hari-hari biasanya~!

Nah, kira-kira hidangan apa saja sih yang menjadi khas Ramadhan di berbagai negara?

1. Samosa, Paskitan

Makan berbentuk segitiga ini, sekilas terlihat mirip seperti pastel ya? Namun meski dari luar terlihat mirip, isinya sangatlah berbeda. Samosa berisi campuran daging domba cincang, kacang polong, kentang, bawang merah, dan daun bawang.

2. Harira, Maroko

Kalau hidangan yang terlihat seperti gulai ini namanya Harira yang berasal dari Maroko. Hidangan sup kental ini berbahan irisan daging sapi atau kambing, yang di campur dengan kacang, beras, buncis, saus, dan rempah-rempah.

3. Kousa Mahshi, Mesir

Orang mesir biasanya menjadikan Kousa Mahshi sebagai hidangan utama. Kousa Mahshi terbuat dari sayuran seperti zucchini, terong, tomat, paprika, daun anggur atau kol, yang diisi dengan nasi campur. Biasanya nasi dicampur dengan daging dan berbagai rempah, seperti kayu manis, lada hitam, jinten, bawang putih, bawang merah, serta ditambah garam dan minyak.

4. Gullac, Turki

Hidangan khas yang satu ini merupakan kue tradisional yang sudah ada sejak Kekaisaran Ottoman pada tahun 1400-an. Gullac terbuat dari tepung maizena, terigu, susu, lembaran pastry, dan ditaburi buah delima di atasnya.

5. Qatayef, Yordania

Orang-orang Islam di negara Yordania pun tentunya memiliki menu khas yang dinamai Qatayef. Hidangan ini terbuat dari adogan terigu yang di goreng lalu pada bagian atasnya diletakkan berbagai kacang-kacangan berbumbu, seperti walnut, pistachio, kismis, almond, dan hazelnut. Kemudian untuk sentuhan terakhirnya akan diberikan siraman madu atau sirup panas untuk menciptakan rasa yang lebih legit.

6. Kolak, Indonesia

Nah, kalo untuk hidangan yang satu ini tentunya kita sudah tidak asing lagi bukan? Hidangan kolak sangatlah identik dengan “Ramadhan” di Indonesia. Biasanya kolak disajikan dengan irisan pisang, ubi, atau nangka yang dimasukkan ke dalam campuran santan, gula merah, dan daun pandan.

 

Itulah beberapa hidangan khas Ramadhan yang ada di berbagai belahan dunia! Hmm.. ngomongin makanan jadi makin kerasa lapernya yaah! Tapi, inget! Jangan batal puasa gara-gara bahas makanan yaah ^^

 

Jadi, sudah siapkan menu berbuka untuk hari ini?


Related Post